Administrasi Kurikulum : Pengertian, Ruang Lingkup, Komponen, dan Fungsinya

  • Whatsapp
Administrasi Kurikulum

Pengertian Administrasi Kurikulum  Adalah | Ruang Lingkup Administrasi Kurikulum  | Komponen | Fungsi | Kegiatan | Contoh Administrasi Kurikulum

Pengertian Administrasi Kurikulum Menurut Para Ahli

Berikut adalah pengertian administrasi kurikulum menurut para ahli, yang telah kami kumpulkan dari berbagai sumber referensi :



  • Menurut Suharsimi Arikunto , Administrasi Kurikulum Adalah administrasi yang di tunjukkan untuk keberhasilan kegiatan belajar mengajar secara maksimal, dengan titik berat pada usaha meningkatkan kualitas interaksi belajar mengajar tersebut.
  • Menurut Dr. H. Hasbiyallah, M.Ag dan Mahlil Nurul Ihsan, M.Pd , Administrasi Kurikulum Adalah segenap rangkaian proses usaha bersama yang sadar yang bertujuan untuk mengatur penyelenggaraan kurikulum dalam rangka memperlancar tercapainya tujuan pembelajaran dengan memusatkan upaya untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar peserta didik.

Baca Juga : Konsep Kinerja Guru dan Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesannya



Ruang Lingkup / Komponen Administrasi Kurikulum  

Berikut adalah penjelasan tentang ruang lingkup / komponen administrasi kurikulum yang kami dapatkan dari berbagai sumber :  

Perencanaan Kurikulum

Pada ruang lingkup pertama, administrasi kurikulum pendidikan menempatkan perencanaan sebagai posisi yang pertama, karena merencanakan serta mengatur kurikulum, serta bagaimana perencanaan kurikulum direncanakan harus dilakukan secara profesional.

Perencanaan kurikulum berfungsi sebagai pedoman dan alat pengaturan dalam manajemen pendidikan yang terdiri dari petunjuk berupa jenis serta sumber yang dibutuhkan oleh peserta serta perlengkapan media pembelajaran dan tindakan yang harus dikerjakan, merencanakan berbagai sumber biaya, tenaga, sarana yang dibutuhkan, sistem kontrol dan evaluasi, peran unsur-unsur ketenagaan untuk mencapai tujuan manajemen organisasi.

Perencanaan kurikulum dijadikan sebagai peningkatan motivasi untuk menyelenggarakan sistem pendidikan sekolah dan madrasah sehingga tercapainya pendidikan yang optimal.

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Tentang Evaluasi Pembelelajaran

Pengorganisasian Kurikulum

Di dalam administrasi kurikulum, organisasi adalah merupakan desain bahan-bahan kurikulum yang memiliki tujuan untuk mempermudah peserta didik untuk mendalami serta menguasai bahan pelajaran serta mempermudah jalan belajar sehingga tujuan pembelajaran peserta didik dapat dicapai secara efektif.

Organisasi kurikulum terdiri dari dengan ruang lingkup dan sistematis bahan pelajaran, kontinuitas kurikulum yang berkaitan dengan pengalaman belajar yang wajib dipelajari siswa, serta kesimbangan bahan ajar, dan pengelolaan alokasi waktu yang dibutuhkan.

Pada tahap pengorganisasian, koordinasi menjadi hal yang perlu diperhatikan secara sungguh-sungguh oleh kepala madrasah. Kepala madrasah berkewajiban untuk mengelola dan mengatur penyusunan kalender akademik, jadwal pelajaran, tugas dan kewajiban guru, serta program kegiatan madrasah

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Tentang Supervisi Pendidikan



Pelaksanaan Kurikulum

Pelaksanaan kurikulum adalah proses yang memberikan kepastian bahwa proses belajar mengajar telah memiliki sumber daya manusia dan sarana serta prasarana yang diperlukan sehingga dapat mencapai tujuan yang diinginkan.

Mengimplementasikan kurikulum sesuai dengan rancangan, dibutuhkan beberapa kesiapan, terutama kesiapan pelaksanaan. Sebagus apapun desain kurikulum yang dibuat semua tergantung kepada guru. Guru adalah kunci utama keberhasilan implementasi kurikulum

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Tentang Media Pembelajaran

Evaluasi Kurikulum

Evaluasi kurikulum merupakan kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan karena bertujuan untuk mengetahui apakah tujuan pembelajaran yang dilakukan berjalan atau tidak sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan.

evaluasi kurikulum adalah proses penerapan prosedur ilmiah untuk mengumpulkan data yang valid dan reliable untuk membuat keputusan tentang kurikulum yang sedang berjalan atau telah dijalankan.

Baca Juga : Penjelasan Lengkap Tentang Kurikulum Secara Umum

Fungsi Administrasi Kurikulum

Berikut adalah penjelasan tentang fungsi administrasi kurikulum yang kami dapatkan dari berbagai sumber :  

Fungsi Penyesuaian

Fungsi penyesuaian adalah kemampuan pendidik untuk menyesuaikan bahan ajar, terjadinya perubahan kurikulum karena adanya perubahan zaman yang semakin berkembang, maka kurikulum menyesuaikan pada kebutuhan dan perkembangan zaman.

Baca Juga : Penjelasan Singkat Tentang Desain Pembelajaran

Fungsi Integrasi

Kurikulum berfungsi sebagai kesatuan proses dalam mengintegrasikan potensi-potensi peserta didik agar peserta didik menjadi pribadi yang unggul.

Fungsi Diferensiasi

Kurikulum berfungsi sebagai diferensiansi adalah sebagai alat yang memberikan pelayanan prima dari berbagai jenis perbedaan di setiap siswa yang harus dihargai dan dilayani.

Baca Juga : Penjelasan Tentang Iklim Kelas Lengkap

Fungsi Persiapan

Kurikulum berfungsi sebagai persiapan yang mengandung makna bahwa kurikulum sebagai alat pendidikan dapat mempersiapkan siswa ke jenjang pendidikan selanjutnya serta juga dapat mempersiapkan diri agar memiliki persiapan hidup di masyarakat.

Baca Juga : Referensi Lengkap Tentang Bahan Ajar

Fungsi Pemilihan

Kurikulum berfungsi sebagai pemilihan adalah memberikan peluang bagi siswa untuk memilih program belajar yang sesuai dengan minat dan bakatnya.

Fungsi Diagnostik

Kurikulum sebagai diagnostik mengandung makna bahwa kurikulum adalah alat pendidikan yang mampu mengarahkan dan memahami perbaikan-perbaikan potensi siswa serta kelemahan dalam dirinya. Jika telah memahami potensi dan mengetahui kelemahannya, maka diharapkan siswa dapat mengembangkan potensi dan memperbaiki kelemahannya.



Related posts