Bahan Ajar Adalah ? Membahas Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis, Karakter dan Unsur-Unsur Di Dalamnya

  • Whatsapp
Bahan Ajar

Bahan Ajar Adalah | Pengertian Bahan Ajar Adalah | Tujuan Bahan Ajar | Fungsi Bahan Ajar | Jenis Bahan Ajar | Karakteristik Bahan Ajar | Unsur Unsur Bahan Ajar | Referensi Kuliah | Wislah.com |

Berikut ini adalah kumpulan informasi lengkap tentang Bahan Ajar, bisa kamu jadikan referensi tugas dan diskusi dalam perkuliahan.



Selamat membaca, semoga bermanfaat.



Pengertian Bahan Ajar

Di bawah ini adalah kumpulan definisi dari bahan ajar. Masing-masing ahli mempunyai pandangannya sendiri. Kamu sebagai calon pengutip dari pemikiran mereka, bisa merujuk salah satu, atau sebagaiannya saja,  tentunya sesuai dengan kebutuhan diskusi atau makalah yang sedang dibuat.

Atau yang kamus bisa lakukan adalah mengelaborasikannya, sehinga kamu bisa membuat pengertian bahan ajar secara mandiri.

Menurut Depdiknas, Bahan Ajar Adalah seperangkat materi yang disusun secara sistematis yang memungkinkan siswa untuk belajar dan disesuaikan dengan kurikulum yang ada.

Menurut Sungkono, dkk, Bahan Ajar Adalah suatu perangkat bahan yang memuat materi atau isi pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Menurut  Ika Lestari,  Bahan Ajar Adalah seperangkat materi pelajaran yang mengacu pada kurikulum yang digunakan dalam rangka mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah ditentukan.

Menurut Ali Mudlofar, Bahan Ajar Adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/instruktur dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Bahan yang dimaksud bisa berupa bahan tertulis maupun tidak tertulis.

Menurut National Centre for Competency Based Training, Bahan Ajar Adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru atau instruktur dalam melaksanakan proses pembelajaran di kelas.

Menurut Majid, Bahan ajar adalah segala bentuk bahan yang digunakan untuk membantu guru/ instruktur dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar.

Menurut Joni, bahan ajar adalah bahan yang berfungsi untuk setiap kegiatan pembelajaran yang memberikan petunjuk yang jelas sebagai media penghubung antara guru dan siswa dalam mencapai kemampuan yang telah ditetapkan.

Baca Juga : Konsep Model Pembelajaran

Tujuan Bahan Ajar

Selain definsi yang telah dikupas di atas, keberadaan bahan ajar tentu memiliki tujuan. Secara umum tujuan dari bahan ajar, antara lain:

1.) Menyediakan bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan kurikulum dengan mempertimbangkan kebutuhan peserta didik, yakni bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik dan setting atau lingkungan sosial peserta didik.

2.) Membantu peserta didik dalam memperoleh alternatif bahan ajar di samping buku-buku teks yang terkadang sulit diperoleh.

3.) Memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran.

Baca Juga : Konsep Motivasi Belajar

Fungsi Bahan Ajar

Fungsi bahan ajar dibedakan menjadi dua yaitu fungsi bahan ajar bagi guru atau pengajar dan bagi siswa.

Fungsi Bahan Ajar Bagi Guru

1) Menghemat waktu guru dalam mengajar;

2) Mengubah guru dan seorang pengajar menjadi fasilitator;

3) Meningkatkan proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan interaktif;

4) Pedoman bagi guru yang akan mengerahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran dan merupakan substansi kompetensi yang semestinya diajarkan kepada siswa;

5) Alat evaluasi pencapaian atau penguasaan hasil pembelajaran.

Baca Juga : Konsep Metode Pembelajaran

Fungsi Bahan Ajar Bagi Peserta Didik

1) Peserta didik atau peserta didik dapat belajar tanpa harus ada guru (pengajar) atau teman siswa lain;

2) Peserta didik dapat belajar kapan saja dan di mana saja ia kehendaki;



3) Peserta didik dapat belajar sesuai dengan kecepatannya masing-masing;

4) Peserta didik dapat belajar berdasarkan urutan yang dipilih oleh sendiri;

5) Membantu potensi speserta didik menjadi pelajar yang mandiri;

6) Pedoman bagi peserta didik yang akan mengarahkan semua aktivitasnya dalam proses pembelajaran dan merupakan substansi kompetensi yang seharusnya dipelajarinya dan dikuasainya.

Jenis-Jenis Bahan Ajar

Jenis  jenis bahan ajara secara umum, adalah :

1) Bahan ajar cetak (printed), yaitu sejumlah bahan/materi yang disiapkan dalam kriteria dan berfungsi untuk keperluan pembelajaran. Contoh bahan ajr cetak antara lain: handout, modul, labsheet, dan lembar kerja siswa (worksheet).

2) Bahan ajar dengar (audio), yaitu semua sistem yang dapat dimainkan atau didengar oleh sesorag atau sekolompok orang. Contoh: kaset, radio, dan compact disc.

3) Bahan ajar panjang dengar (audio visual), yaitu segala sesuatu yang memungkinkan sinyal audio dapat dikombinasikan dengan gambar bergaerak secara sekuensial. Contoh: video, compact disc, dan film.

4) Bahan ajar interaktif (interactive teaching materials), yaitu kombinasi dari dua atau lebih media (audio, teks, grafik, gambar, animasi, dan video) yang oleh penggunanya dimanipulasi atau diberi perlakuan untuk mengandalkan suatu perintah dan atau perilaku alami dari presentasi. Contoh: compact disc interaktif.

Unsur-Unsur Bahan Ajar

Unsur-unsur bahan ajar yang selalu harus kita ingat, antara lain :

1) Petunjuk belajar

Petunjuk belajar meliputi petunjuk bagi guru maupun siswa. Didalamnya dijelaskan tentang bagaimana guru sebaiknya mengajarkan materi kepada siswa dan bagaimana pula guru sebaiknya mempelajari materi yang ada didalam bahan ajar tersebut.

2) Kompetensi yang akan dicapai

Bahan ajar diharuskan untuk menjelaskan dan mencantumkan standar kompetensi maupun kompetensi dasar sehingga tujuan yang harus dicapai oleh peserta didik menjadi jelas.

3) Informasi pendukung

Informasi pendukung merupakan berbagai informasi pendukung yang dapat mempermudah siswa dalam memahami materi yang disampaikan didalam bahan ajar.

4) Latihan-latihan

Latihan-latihan merupakan suatu bentuk tugas yang diberikan kepada siswa untuk melatih kemampuan mereka setelah mempelajari bahan ajar.  

5) Petunjuk kerja atau lembar kerja

Lembar kerja adalah satu atau lebih lembar kertas yang berisi sejumlah prosedur pelaksanaan aktifitas atau kegiatan tertentu yang harus dilakukan oleh siswa berkaitan dengan praktik dan lain sebagainya.

6) Evaluasi

Evaluasi merupakan salah satu bagian dari proses penilaian, di dalam evaluasi terdapat sejumlah pertanyaan yang ditujukan kepada siswa untuk mengukur seberapa jauh penguasaan kompetensi yang berhasi mereka kuasai setelah melalui proses pembelajaran.

Karakter Bahan Ajar

Bahan ajar memiliki lima karakter sebagai berikut:

1) Self instructional yaitu bahan ajar dapat membuat siswa mampu membelajarkan diri sendiri dengan bahan ajar yang dikembangkan. Dalam rangka untuk memenuhi karakter tersebut, maka didalam bahan ajar harus terdapat tujuan yang dirumuskan dengan jelas. Selain itu, dengan bahan ajar akan memudahkan siswa belajar secara tuntas dengan memberikan pembelajaran yang dikemas kedalam unit-unit atau kegiatan yang lebih spesifik.

2) Self contained, yaitu seluruh materi pelajaran dari saru unit kompetensi atau subkompetensi yang dipelajari terdapat didalam satu bahan ajar secara utuh.

3) Stand alone, yaitu bahan ajar yang dikembangkan tidak bergantung pada bahan ajar lain atau tidak harus digunakan bersama-sama dengan bahan ajar lain.

4) Adaptive, yaitu bahan ajar hendaknya memiliki daya adaptif yang tinggi terhadap perkembangan ilmu dan teknologi.

5) User friendly, yaitu setiap instruksi dan paparan informasi yang tampil bersifat membantu dan bersahabat dengan pemakainya.

Semoga apa yang kami kupas dalam postingan tentang bahan ajar, bisa bermanfaat. Khususnya, bagi kamu yang membutuhkan informasi untuk diskusi dan pembuatan makalah / tugas kuliah.



Related posts