Motivasi Belajar adalah : Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Faktor yang Mempengaruhi

  • Whatsapp
Motivasi Belajar adalah : Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Faktor yang Mempengaruhi

Wislah.com : Motivasi Belajar Adalah daya penggerak dari dalam diri siswa untuk melalukan kegiatan belajar, untuk menambah pengetahuan dan keterampilan serta pengalaman.

Definisi motivasi belajar di atas adalah salah satu pengertian dari motivasi belajar yang kami sajikan, kamu bisa baca selengkapnya di bawah ini.

Sebelum lanjut membaca, pada postingan kali ini, kami menyajikan berbagai informasi tentang “Motivasi Belajar”, mulai dari pengertian, fungsi, jenis, sampai faktor yang mempengaruhinya.

Motivasi Belajar Siswa

Pengertian Motivasi Belajar

Motivasi belajar adalah suatu keseluruhan daya penggerak yang berasal dari diri seseorang kemudian dihubungkan dengan aktivitas belajar yang akan menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan akan menunjukkan kemana arah aktivitas belajarnya untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkannya.

Menurut Mc. Donald, Motivasi belajar adalah perubahan energi dalam diri (pribadi) seseorang yang ditandai dengan timbulnya perasaan dan reaksi untuk mencapai tujuan.

Menurut Winkels, Motivasi belajar merupakan motivasi yang diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar dengan keseluruhan penggerak psikis dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, menjamin kelangsungan belajar dalam mencapai satu tujuan.

Baca Juga :   Metode Introspeksi dalam Psikologi

Menurut Hamzah B. Uno, Motivasi belajar adalah dorongan internal dan eksternal pada siswa-siswa yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku pada umumnya dengan beberapa indikator atau unsur yang mendukung.

Menurut Suhana, motivasi belajar merupakan kekuatan (power motivation), daya pendorong (driving force), atau alat pembangun kesediaan dan keinginan yang kuat dalam diri peserta didik untuk belajar secara aktif, kreatif, efektif, inovatif, dan menyenangkan dalam rangka perubahan perilaku baik dalam aspek kognitif, afektif, dan psikomotor.

Menurut Dimyati dan Mudjiono, motivasi belajar adalah kekuatan mental yang mendorong terjadinya proses belajar, karena tanpa motivasi belajar siswa dapat menjadi lemah.

Baca Juga : Teori Motivasi

Fungsi Motivasi Belajar

Fungsi motivasi belajar, di antaranya:

1) Motivasi merupakan alat pendorong terjadinya perilaku belajar peserta didik

2) Motivasi merupakan alat untuk mempengaruhi prestasi belajar peserta didik

3) Motivasi merupakan alat untuk memberikan direksi terhadap pencapaian tujuan pembelajaran

4) Motivasi merupakan alat untuk membangun sistem pembelajaran lebih bermakna

Baca Juga : Struktur Kepribadian Psikologi Islam

Jenis-Jenis Motivasi Belajar

Motivasi Intrinsik

Motivasi intrinsik adalah motivasi yang tercangkup di dalam situasi belajar dan memenuhi kebutuhan dan tujuan-tujuan murid, motivasi ini sering disebut juga dengan motivasi murni.

Baca Juga :   Kebudayaan Suku Bangsa Minangkabau : Kepercayaan, Kekerabatan, Politik, Ekonomi dan Kesenian

Motivasi Ekstrinsik

Motivasi ekstrinsik adalah motivasi yang disebabkan oleh faktor-faktor dari luar situasi belajar, seperti angka kredit, ijazah, tingkatan hadiah, medali, dan sebagainya.

Baca Juga : Paradigma Psikologi Islam

Faktor Motivasi Belajar   

Menurut Slameto, motivasi belajar dipengaruhi oleh tiga komponen, yaitu:

1) Dorongan kognitif, yaitu kebutuhan untuk mengetahuhi, mengerti, dan memecahkan masalah. Dorongan ini timbul di dalam proses interaksi antara siswa dengan tugas/ masalah.

2) Harga diri, yaitu ada siswa tertentu yang tekun belajar dan melaksanakan tugas-tugas bukan terutama untuk memperoleh pengetahuan atau kecakapan, tetapi untuk memperoleh status danharga diri.

3) Kebutuhan berafiliasi, yaitu kebutuhan untuk menguasai bahan pelajaran/ belajar dengan niat guna mendapatkan pembenaran dari orang lain/ teman-teman. Kebutuhan ini sukar dipisahkan dengan harga diri.

 

Menurut Arden N. Frandsen, motivasi belajar dipengaruhi oleh enam faktor, yaitu:

1) Adanya sifat ingin tahu untuk belajar dan menyelidiki dunia yang lebih luas.

2) Adanya sifat yang kreatif pada manusia dan berkeinginan untuk terus maju.

3) Adanya keinginan untuk mendapatkan simpati dari orang tua, guru, dan teman-teman.

4) Adanya keinginan untuk memperbaiki kegagalan yang lalu dengan usaha yang baik melalui kooperasi maupun dengan kompetisi.

Baca Juga :   Teori Motivasi : Pengertian, Macam, Fungsi dan Komponen Motivasi

5) Adanya keinginan untuk mendapatkan kenyamanan bila menguasai pelajaran.

6) Adanya ganjaran atau hukuman sebagai akhir kegiatan pembelajaran.

 

Sedangkan menurut Syamsu Yusuf, faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar yaitu:

Faktor Internal, meliputi:

a) Faktor Fisik

Faktor fisik meliputi nutrisi (gisi), kesehatan, dan fungsi-fungsi fisik (terutama panca indera).

b) Faktor Psikologis

Faktor psikologis berhubungan dengan aspek-aspek yang mendorong atau menghambat aktivitas belajar pada siswa.

Faktor Eksternal (yang berasal dari lingkungan)

a) Faktor Non-Sosial

Faktor non-sosial meliputi keadaan udara (cuaca panas atau dingin), waktu (pagi, siang, malam), tempat (sepi, bising, atau kualitas sekolah tempat belajar), sarana dan prasarana atau fasilitas belajar.

b) Faktor Sosial

Faktor sosial adalah faktor manusia (guru, konselor, dan orang tua), baik yang hadir secara langsung maupun tidak langsung (foto atau suara). Proses belajar akan berlangsung dengan baik,

apabila guru mengajar dengan cara menyenangkan, seperti bersikap ramah, memberi perhatian pada semua siswa, serta selalu membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar. Pada saat di rumah siswa tetap mendapat perhatian orang tua, baik material dengan menyediakan sarana dan prasarana belajar guna membantu dan mempermudah siswa belajar di rumah.

Related posts