Surah Al-Anbiya Ayat 30 : Bacaan, Terjemah, Mufradat dan Isi Kandungan

  • Whatsapp
Surah Al-Anbiya Ayat 30 : Bacaan, Terjemah, Mufradat dan Isi Kandungan


Surah Al-Isra Ayat 12 | Bacaan Surah Al-Isra Ayat 12 | Terjemah Surah Al-Isra Ayat 12  | Mufradat Surah Al-Isra Ayat 12 | Isi Kandungan Surah Al-Isra Ayat 12 | Wislahcom | Referensi |

Bacaan Surah Al-Isra Ayat 12

اَوَلَمْ يَرَ الَّذِيْنَ كَفَرُوْٓا اَنَّ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَ كَانَتَا رَتْقًا فَفَتَقْنٰهُمَاۗ وَجَعَلْنَا مِنَ الْمَاۤءِ كُلَّ شَيْءٍ حَيٍّۗ اَفَلَا يُؤْمِنُوْنَ

Terjemah Surah Al-Isra Ayat 12  

Dan Apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka Mengapakah mereka tiada juga beriman.



Mufradat Surah Al-Isra Ayat 12

dan apakah tidak mengetahuiاَوَلَمْ يَرَ
orang-orangالَّذِيْنَ
yang kafirكَفَرُوْٓا
bahwasanya langitاَنَّ السَّمٰوٰتِ
dan bumiوَالْاَرْضَ
itu keduanyaكَانَتَا
dahuluرَتْقًا
dari airمِنَ الْمَاۤءِ
yang hidupحَيٍّۗ

Isi Kandungan Surah Al-Isra Ayat 12

Dalam ayat ini, Allah Swt mengawalinya dengan mempertanyakan sikap orang-orang mengingkari ketuhanan-Nya dan menyembah selain Dia. Sikap ini dibuktikan dengan tidak adanya perhatian mereka terhadap ciptaan Allah Swt berupa asal mulanya langit dan bumi yang saling menyatu dalam kesatuan. Lalu keduanya dipisahkan menjadi tujuh lapis langit dan tujuh lapis bumi. Dia pula yang memisahkan antara langit terdekat dengan bumi yang mengandung sehingga langit itu dapat menurunkan air hujan yang dapat menjadikan bumi menjadi subur.

Rekayasa alam yang menjadi bukti kekuasaan Allah Swt ini bukanlah fenomena alam biasa yang bisa diabaikan. Sebagai orang yang beriman, hendaknya manusia menjadikan fenomena luar biasa itu untuk menambah voltase kehambaan diri kepada Allah Swt sebagai Sang Pencipta dan Perekayasa alam semesta beserta isinya. Di sinilah, akan tampak jelas fungsi dari anugerah akal yang telah Dia sematkan kepada manusia dapat tergambar, apakah digunakan untuk meningkatkan kesyukuran atas nikmat Allah kepadanya atau justru tidak peduli dengan kejadian-kejadian tersebut. Selain itu, jika manusia benar-benar beriman, maka dia pasti akan bersyukur terutama atas nikmat air yang berlimpah sehingga dapat melangsungkan kehidupan di dunia yang lebih baik dan berkah.

Related posts