Kritik Sosial Adalah ? Pengertian, Jenis, Bentuk dan Tujuan Dari Kritik Sosial

  • Whatsapp
kritik sosial adalah

Kritik Sosial Adalah | Pengertian Kritik Sosial | Jenis Kritik Sosial | Bentuk Kritik Sosial | Tujuan Kritik Sosial |

Pengertian Kritik Sosial Menurut Para Ahli

Menurut Hantisa Oksinata, Kritik Sosial Adalah salah satu bentuk komunikasi di dalam masyarakat yang berfungsi sebagai kontrol terhadap jalannya sebuah sistem sosial atau proses bermasyarakat

Menurut Abar, Kritik Sosial Adalah suatu bentuk komunikasi dalam masyarakat yang bertujuan atau berfungsi sebagai kontrol terhadap jalannya sebuah sistem sosial atau proses bermasyarakat.

Jenis Jenis Kritik Sosial

Kritik sosial dapat dikelompokkan menjadi dua jenis , yakni :

Baca Juga :   Nilai Sosial : Pengertian, Ciri, Tolak Ukur, Sumber, Jenis, Macam dan Fungsi

Kritik yang Dilakukan Secara Terbuka

Kritik sosial secara terbuka berarti kegiatan penilaian, analisis atau kajian terhadap keadaan suatu masyarakat tertentu yang dilakukan secara langsung.

Kritik yang Dilakukan Secara Tertutup

Dapat berupa tindakan-tindakan simbolis yang menyiratkan penilaian maupun terhadap keadaan sosial suatu masyarakat secara tidak langsung.

Dalam Kasus Khusus (Karya Sastra), Retnasih Membagi Kritik Sosial Menjadi Sembilan Jenis:

1. Politik yaitu kritik yang muncul seiring dengan terjadinya ketimpangan dan aspek-aspek politik di antaranya meliputi pengaruh, kekuasaan, dan kewenangan.

2. Ekonomi yaitu kritik yang muncul akibat adanya ketimpangan ekonomi di masyarakat, misalnya pengangguran, tingginya harga bahan pokok, kelaparan, dan kurangnya lapangan pekerjaan.

3. Pendidikan yaitu kritik yang disebabkan adanya masalah yang disebabkan oleh faktor pendidik dan peserta didik itu sendiri.

Baca Juga :   Komunikasi Adalah ? Pengertian, Jenis, Bentuk, Komponen, dan Tekniknya

4. Kebudayaan yaitu kritik yang muncul akibat adanya masalah-masalah yang terjadi akibat penyimpangan terhadap unsur-unsur kebudayaan.

5. Moral yaitu kritik yang bertujuan untuk menyampaikan nilai-nilai kebenaran dan mengkritik nilai-nilai moral yang tidak memperhatikan segi kemanusiaan, serta norma-norma yang ada dalam suatu masyarakat.

6. Keluarga yaitu kritik yang muncul akibat adanya disorganisasi dalam keluarga. Disorganisasi dalam keluarga muncul akibat adanya konflik sosial adanya perbedaan pandangan atau faktor ekonomi.

7. Agama yaitu kritik yang muncul akibat lemahnya pondasi iman manusia, sehingga manusia tidak mampu untuk menjalankan perintah Tuhan. Ketidakmampuan tersebut menimbulkan penyelewengan yang mengakibatkan masalah-masalah sosial.

8. Gender yaitu kritik yang muncul akibat adanya subordinasi terhadap wanita, yakni wanita dianggap lemah dan tidak bisa memimpin, serta wanita diposisikan di bawah laki-laki.

Baca Juga :   Pengertian Gaya Komunikasi Adalah : Macam, Jenis dan Tipe

9. Teknologi yaitu kritik yang muncul akibat sikap manusia yang terlalu bergantung pada teknologi dan kurang memberdayagunakan diri sendiri

Bentuk Kritik Sosial

Kritik sosial memiliki beberapa bentuk :

Secara Langsung

Beberapa bentuk kritikan langsung yaitu dapat berupa aksi sosial, aksi unjuk rasa, dan demonstrasi.

Tidak Langsung

Bentuk kritikan secara tidak langsung antara lain kritik melalui lagu, kritik melalui puisi, kritik melalui film, aksi teatrikal dan lain sebagainya. Berbagai bentuk kritik sosial memiliki pengaruh dan dampak sosial yang penting didalam kehidupan masyarakat.

Tujuan Kritik Sosial

Menurut al-Jilani,  Tujuan Kritik Sosial Adalah untuk meningkatkan moral spiritual.

Menurut al-‘Ilaq, Tujuan Kritik Sosial adalah :

1. Untuk melampiaskan kemarahan dari kondisi tertekan dan kesusahan.

2. Untuk mengungkapkan kebobrokan yang memalukan.

Related posts