Lingkungan Hidup Adalah ? Pengertian dan Jenis Lingkungan Hidup

Lingkungan Hidup Adalah

Apa Itu Lingkungan Hidup ? | Lingkungan Hidup Adalah | Pengertian Lingkungan Hidup | Jenis Lingkungan Hidup |

Pengertian Lingkungan Hidup Menurut Para Ahli

Menurut UU PPLH No. 32/2009, Lingkungan Hidup Adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya, keadaan, dan mahluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi alam itu sendiri, kelangsungan perikehidupan, dan kesejahteraan manusia serta mahluk hidup lain.

Menurut Henry Campbell Black, Lingkungan Hidup Adalah Keseluruhan lingkungan fisik, ekonomi, budaya, kesenian dan lingkugan sosial serta beberapa faktor di sekeliling yang memengaruhi niliai kepemilikan dan kualitas kehidupan masyarakat.


Menurut Emil Salim, Lingkungan Hidup Adalah benda, kondisi, keadaan dan pengaruh yang berada dalam suatu ruang dan mempengaruhi kehidupan termasuk manusia. Definisi ini mengandung arti luas. Jika disederhanakan dengan batasan dan faktor yang bisa dijankgau manusia maka faktor tersebut diantaranya alam, politik, ekonomi, keadaan sosial.

Menurut Otto Soemarwoto , Lingkungan Hidup Ialah jumlah semua benda kondisi yang berada dalam suatu dan saling mempengaruhi. Secara teoritis ruang tidak dibatasi oleh jumlah. Seperti terdapat matahari dan bintang.

Menurut Munadjat Danusaputro, Lingkungan Hidup Adalah  semua benda dan kondisi temasuk manusia dan tingkah laku didalam suatu ruang, dan mempengaruhi kelangsungan makluk hidup dan kesejahteraan manusia.

Menurut Soedjono, mengartikan Lingkungan Hidup sebagai lingkungan fisik atau jasmani yang terdapat di alam semesta.

Menurut S.J. McNaughton dan Larry L. Wolf, Lingkungan Hidup Adalah semua faktor eksternal yang bersifat biologis dan fisika yang langsung mempengaruhi kehidupan, pertumbuhan, perkembangan, dan reproduksi organisme. Jika diartikan lingkungan hidup adalah suatu proses kehidupan yang dipengaruhi baik pengaruh dari luar ataupun pengaruh dari dalam yang satu sama lain saling membutuhkan.


Jenis Jenis Lingkungan Hidup

Menurut L.L. Bernard, lingkungan hidup terbagi atas empat macam bagian, di antaranya:

1. Lingkungan fisik atau anorganik, yaitu lingkungan yang terdiri dari gaya kosmik dan fisiogeografis seperti tanah, udara, laut, radiasi, gaya tarik, ombak, dan sebagainya.

2. Lingkungan biologi atau organik, yaitu segala sesuatu yang bersifat biotis berupa mikroorgnisme, parasite, hewan, tumbuhtumbuhan. Termasuk juga disini, lingkungan prenatal dan prosesproses bilogi seperti reproduksi, pertumbuhan, dan sebagainya.

3. Lingkungan sosial, ini dapat dibagi kedalam tiga bagian yaitu:

a. Lingkungan fisiosial, yaitu yang meliputi kebudayaan materil: peralatan, senjata, mesin, gedung-gedung dan lain-lain.

b. Lingkungan biososial manusia dan bukan manusia, yaitu manusia dan interaksinya terhadap sesamanya dan tumbuhan beserta hewan domestik dan semua bahan yang digunakan manusia yang berasal dari sumber organik.

c. Lingkungan psikososial, yaitu yang berhubungan dengan tabiat batin manusi seperti sikap, pandangan, keinginan, keyakinan. Hal ini terlihat melalui kebiasaan, agama, ideologi, bahasa dan lain-lain.

4. Lingkungan komposit, yaitu lingkungan yang diatur secara institusional, berupa lembaga-lembaga masyarakat, baik yang terdapat di daerah kota ataupun desa.

Menurut Fuad Amsyari, lingkungan hidup terbagi atas tiga bagian, adalah:

1. Lingkungan fisik (physical environment), yaitu segala sesuatu di sekitar kita yang bersifat benda mati seperti gedung, sinar, air, dan lain sebagainya.

2. Lingkungan biologis (biological environment), yaitu segala sesuatu yang berada disekitar kita yang bersifat organis, seperti manusia, binatang, jasad renik, tumbuh-tumbuhan dan sebagainya.

3. Lingkungan sosial (social environment), yaitu manusia-manusia lain yang berada di sekitar atau kepada siapa kita mengadakan hubungan pergaulan.

Menurut N. H. T. Siahaan, lingkungan hidup terbagi atas dua bagian, adalah:

1. Lingkungan hidup fisik berupa gedung, danau, gunung, cahaya dan sebagainya.

2. Lingkungan hidup biologis/organis, yaitu manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan dan makhluk-mkhluk mikroorganis.  

Related posts