Kecerdasan Spiritual Adalah ? Pengertian, Manfaat, Ciri dan Cara Meningkatkannya

  • Whatsapp
Kecerdasan Spiritual (SQ)

Kecerdasan Spiritual Adalah | Pengertian Kecerdasan Spiritual | Makalah Kecerdasan Spiritual | Manfaat Kecerdasan Spiritual | Contoh Kecerdasan Spiritual | SQ | Cara Meningkatkan SQ |    

Kecerdasan spiritual adalah kecerdasan untuk menghadapi dan memecahkan perilaku dan hidup kita dalam konteks makna yang lebih luas dan kaya, kecerdasan untuk menilai bahwa tindakan atau jalan hidup seseorang lebih bermakna dibanding yang lain.

Pengertian kecerdasan spiritual di atas adalah salah satu definisi dari beberapa definisi kecerdasan spiritual yang kami kutip.

Selain pengertian kecerdasan spiritual, kami juga menampilkan berbagai pembahasan kecerdasan spiritual lainnya.

Pengertian Kecerdasan Spiritual Menurut Para Ahli

Menurut Sunar Dwi P,  Kecerdasan Spiritual Adalah kecerdasan jiwa yang dapat membantu seseorang membangun dirinya secara utuh. Kecerdasan spiritual tidak bergantung pada budaya atau nilai. Tidak mengikuti nilai-nilai yang ada, tetapi menciptakan kemungkinan untuk memiliki nilai-nilai sendiri.

Menurut Danah Zohar dan Ian Marshal, Kecerdasan Spiritual Adalah kecerdasan untuk menyelesaikan masalah makna dan nilai, kecerdasan untuk memposisikan perilaku dan hidup kita dalam konteks makna yang lebih luas dan kaya, kecerdasan untuk menaksir bahwa suatu tindakan atau jalan hidup tertentu lebih bermakna dari pada yang lain. SQ adalah fondasi yang diperlukan untuk memfungsikan IQ dan EQ secara efektif. Bahkan SQ adalah kecerdasan tertinggi kita.

Menurut Toto Tasmara, Kecerdasan Spiritual Adalah kemampuan seseorang untuk mendengar hati nuraninya atau bisikan yang mengilhami dalam dirinya dan beradaptasi, untuk itu kecerdasan spiritual sangat ditentukan oleh upaya membersihkan dan memberikan pencerah qalbu sehingga mampu memberikan nasihat dana rah tindakan serta cara mengambil keputusan.

Baca Juga :   Metode Kuesioner atau Angket dalam Penelitian Psikologi

Menurut Ary Ginanjar,  Kecerdasan Spiritual Adalah kemampuan untuk memberi makna spiritual terhadap pemikiran, prilaku, dan kegiatan, serta mampu menyinergikan IQ, EQ, dan SQ secara konperhesif.

Menurut Abdul Wahid, Kecerdasan Spiritual Adalah kecerdasan yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan hidup yang dihadapi manusia, dituntut untuk kreatif mengubah penderitaan menjadi semangat hidup yang tinggi sehingga penderitaan berubah menjadi kebahagian hidup, manusia harus mampu menemukan makna hidup.

Menurut Khalil Khavari, Kecerdasan Spiritual Adalah kecekapan dalam dimensi non materi dan jiwa. Kecerdasan ini pula bisa memberikan kekuatan untuk merasa bahagia dalam keadaan apapun, dan bukan disebabkan oleh sesuatu.

Menurut Mujib Dan Muzakir, Kecerdasan Spiritual merupakan sebuah konsep yang berhubungan dengan bagaimana seseorang yang cerdas dalam mengelola dan mendayagunakan makna-makna, nilai-nilai, dan kualitas-kualitas kehidupan spiritualnya. Kehidupan spiritual meliputi hasrat untuk bermakna (the will to meaning) yang memotivasi kehidupan seseorang untuk senantiasa mencari makna hidup (the meaning to life) dan mendambakan hidup bermakna (the meaningful life).

Menurut Mas Udik Abdullah, Kecerdasan Spiritual Adalah kecerdasan yang membuat seseorang menjadi utuh, sehingga dapat mengintegrasikan berbagai fragmen kehidupan, aktifitas dan keberadaannya. Kecerdasan spiritual memungkinkan seseorang dapat mengetahui apa sesungguhnya dirinya dan organisasinya. Kecerdasan spiritual memungkinkan lahirnya wawasan dan pemahaman untuk beralih dari sisi dalam ke permukaan keberadaan seseorang, tempat seseorang bertindak, berpikir dan merasa. Kecerdasan spiritual juga menolong seseorang untuk berkembang.

Baca Juga :   Apa Itu Rasisme ? Pengertian dan Macam-Macam Tindakan Rasisme

Menurut Yosi Novlan dan N. Faqih Syarif H, Kecerdasan Spiritual Adalah kemampuan untuk memberi makna spiritual terhadap pemikiran, perilaku untuk mendapat kemuliaan dari tuhan.

Manfaat Kecerdasan Spiritual

Inilah beberapa manfaatnya menurut David, sebagai berikut:

a. Membantu Anda melihat hal-hal dari sudut pandang yang lebih luas dan kompleks.

b. Membantu berpikir lebih jernih.

c. Membuat pikiran lebih tenang.

d. Membuka wawasan dan motivasi Anda tentang bagaimana cara memaknai hidup.

e. Menurunkan sifat egoisme dalam diri Anda.

f. Memunculkan sikap menghargai orang lain dengan menempatkan orang lain diposisi yang lebih tinggi dari pada diri sendiri.

g. Menyadari pentingnya nilai-nilai kehidupan seperti keadilan, kejujuran, kebenaran dan kehormatan.

h. Memunculkan sikap belas kasih terhadap orang lain.

i. Memunculkan sikap selalu bersyukur dengan apa yang dimiliki.

j. Memunculkan rasa cinta kasih terhadap diri sendiri, orang lain maupun pada alam semesta.

k. Mampu berfikir positif untuk mejadi orang yang lebih baik

l. Mampu menjadi pribadi yang utuh.

m. Mampu bangkit dari kegagalan.

n. Tidak terpuruk dalam penderitaan dan mampu menjadi motivator bagi diri sendiri dan orang lain.

o. Mampu menjadi orang yang bijaksana dalam menjalani dan menyikapi kehidupan.

Ciri Ciri Kecerdasan Spiritual

Menurut Uhar Suparsaputra, untuk melihat apakah seseorang memiliki kecerdasan spiritual yang tinggi, bisa dilakukan dengan melihat cirri cirinya di bawah ini :

1. Kemampuan bersikap fleksibel

2).Tingkat kesadaran yang dimiliki tinggi

3. Kemampuan untuk menghadapi dan memanfaatkan penderitaan

Baca Juga :   Metode Interview atau Wawancara dalam Penelitian Psikologi

4. Menjadikan hidup bermakna dan memiliki Kualitas hidup yang diilhami oleh visi dan nilai-nilai

5. Memiliki rasa tanggung jawab dan Keengganan untuk menyebabkan kerugian yang tidak perlu

6. Berkaitan dengan keimanan

7. Berzikir dan berdoa

8. Memiliki kualitas sabar

9. Memiliki empati yang kuat

Menurut Toto Tasmara, ada beberapa ciri seseorang memiliki kecerdasan spiritual yaitu:

1. Merasakan kehadiran Allah SWT.  

2. Berzikir dan berdoa

3. Memiliki kualitas sabar

4. Cenderung pada kebaikan

5. Memiliki empati yang kuat

6. Berjiwa besar memiliki visi

7. Bagaimana melayani.

Cara Meningkatkan Kecerdasan Spiritual

Berikut adalah cara meningkatkan kecerdasan spiritual menurut, Danah Zohar dan Ian Marshall:

1. Seseorang harus menyadari dimana dirinya sekarang. Langkah ini menuntut seseorang menggali kesadaran diri yang pada gilirannya menuntut menggali kebiasaan merenungkan pengalaman.

2. Merasakan dengan kuat bahwa dia ingin berubah. Setelah renungan mendorong untuk merasakan bahwa perilaku, hubungan, kehidupan, atau hasil kerja dapat lebih baik maka harus ingin berubah.

3. Merenungkan apakah pusatnya sendiri dan apakah memotivasinya yang paling dalam.

4. Menemukan dan mengatasi rintangan.

5. Menggali banyak kemungkinan untuk melangkah maju. Langkah ini seseorang harus mencurahkan usaha mental dan spiritual untuk menggali potensinya, membiarkan bermain dalam imajinasi, menemukan tuntutan praktis yang dibutuhkan dan memutuskan kelayakan setiap tuntutan tersebut.

6. Menetapkan hati pada sebuah jalan.

7. Menetapkan hati pada sebuah jalan dipilih sendiri, harus tetap sadar bahwa masih ada jalan-jalan yang lain.

Related posts