Surah Az-Zumar Ayat 53 : Bacaan, Mufradat, Terjemah dan Isi kandungan

Surah Az-Zumar Ayat 53 : Bacaan, Mufradat, Terjemah dan Isi kandungan

Wislahcom / Referensi / : Siapa sajakah yang akan mendapat pengampunan Allah Swt? Bagaimana Allah Swt mengampuni dosa atau kesalahan manusia? Mengapa Allah Swt mengampuni manusia? Dalam uraian pembahasan berikut akan didapatkan jawabannya, dengan cara membaca materi surah Az-Zumar Ayat 53 dan isi kandungan surah Az-Zumar Ayat 53.

Simak penjelasan singkat tentang : Bacaan Surah Az-Zumar Ayat 53, Mufradat Surah Az-Zumar Ayat 53, Terjemah Surah Az-Zumar Ayat 53, dan Isi Kandungan Surah Az-Zumar Ayat 53.

Bacaan Surah Az-Zumar Ayat 53

قُلْ يٰعِبَادِيَ الَّذِيْنَ اَسْرَفُوْا عَلٰٓى اَنْفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوْا مِنْ رَّحْمَةِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ جَمِيْعًا ۗاِنَّهٗ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ


“Qul yaa’ibaadiyal laziina asrafuu ‘alaaa anfusihim laa taqnatuu mirrahmatil laah; innal laaha yaghfiruz zunuuba jamii’aa; innahuu Huwal Ghafuurur Rahiim”


Mufradat Surah Az-Zumar Ayat 53

katakanlah, “Hai hamba-hambaKuقُلْ يٰعِبَادِيَ
yang melampaui batasالَّذِيْنَ اَسْرَفُوْا
terhadap diri mereka sendiriعَلٰٓى اَنْفُسِهِمْ
janganlah kamu berputus asaلَا تَقْنَطُوْا
dari rahmat Allahمِنْ رَّحْمَةِ اللّٰهِ
sesungguhnya Allahاِنَّ اللّٰهَ
mengampuni dosa-dosaيَغْفِرُ الذُّنُوْبَ
semuanyaجَمِيْعًا
sesungguhnya Dia-lahاِنَّهٗ
yang Maha Pengampunهُوَ الْغَفُوْرُ
lagi Maha Penyayangالرَّحِيْمُ

Terjemah Surah Az-Zumar Ayat 53

Katakanlah, “Hai hamba-hambaKu yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Isi Kandungan Surah Az-Zumar Ayat 53

Ayat ini merupakan seruan kepada segenap para pendurhaka dari kalangan orang-orang kafir dan lain-lainnya agar bertaubat dan kembali kepada-Nya. Juga sebagai pemberitahuan bahwa Allah Swt mengampuni semua dosa bagi orang yang mau bertobat kepada-Nya dan meninggalkan perbuatan-perbuatan dosanya, betapapun banyaknya dosa yang telah dilakukan dan sekalipun banyaknya seperti buih laut. Kecuali dosa karena syirik karena dosa syirik tidak mendapatkan ampunan selama pelakunya tidak bertobat dari kemusyrikannya.

Makna yang dimaksud oleh ayat tersebut, sesuai dengan firman-Nya: “kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh; maka mereka itu kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. al-Furqan (25):70).

Related posts