Surah Ali Imran Ayat 190 : Bacaan, Mufradat, Terjemah dan Isi kandungan

Surah Ali Imran Ayat 190 : Bacaan, Mufradat, Terjemah dan Isi kandungan

Wislahcom / Referensi / : Cari bahan referensi tentang materi surah Ali Imran Ayat 190Apa isi kandungan surah Ali Imran Ayat 190?

Simak penjelasan singkat tentang : Bacaan Surah Ali Imran Ayat 190, Mufradat Surah Ali Imran Ayat 190, Terjemah Surah Ali Imran Ayat 190, dan Isi Kandungan Surah Ali Imran Ayat 190.

Bacaan Surah Ali Imran Ayat 190

اِنَّ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَاخْتِلَافِ الَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَاٰيٰتٍ لِّاُولِى الْاَلْبَابِۙ


“Inna fii khalqis samaawati wal ardi wakhtilaafil laili wannahaari la Aayaatil liulil albaab”


Mufradat Surah Ali Imran Ayat 190

sesungguhnya dalam penciptaanاِنَّ فِيْ خَلْقِ
langitالسَّمٰوٰتِ
dan bumiوَالْاَرْضِ
dan pergantian malamوَاخْتِلَافِ الَّيْلِ
dan siangوَالنَّهَارِ
terdapat tandatanda (kebesaran Allah)لَاٰيٰتٍ
bagi orang yang berakalلِّاُولِى الْاَلْبَابِۙ

Terjemah Surah Ali Imran Ayat 190

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tandatanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal.”

Isi Kandungan Surah Ali Imran Ayat 190

Sesungguhnya di dalam penciptaan langit dan bumi, dari tidak ada menjadi ada serta tanpa ada contoh sebelumnya, dan di dalam pergantian malam dan siang serta perbedaan panjang dan pendeknya waktu, benar-benar terdapat bukti-bukti nyata bagi orang-orang yang berakal sehat yang menunjukkan mereka kepada Sang Maha Pencipta alam semesta, hanya Dia yang berhak disembah.

Buya Hamka dalam Tafsir Al Azhar menjelaskan, melalui Surat Ali Imran ayat 190, Allah mengarahkan hamba-Nya untuk merenungkan alam, langit dan bumi. Dia mengarahkan agar hamba-Nya mempergunakan pikirannya dan memperhatikan pergantian antara siang dan malam. Semuanya itu penuh dengan tanda-tanda kebesaran Allah Swt.

Orang yang mampu memahami bahwa penciptaan langit dan bumi serta pergantian siang dan malam merupakan tanda-tanda kekuasaan Allah Swt, mereka itulah ulul albab. Yang menurut Ibnu Kasir, mereka adalah orang yang memiliki akal sempurna lagi memiliki kecerdasan.

Related posts