Metode Dakwah Adalah? Pengertian dan Macam-Macam Metode Dakwah

  • Whatsapp
Metode Dakwah Adalah

Metode Dakwah Adalah | Pengertian Metode Dakwah | Macam Macam Metode Dakwah |

Metode Dakwah Adalah cara-cara tertentu yang dilakukan oleh seorang da’i (komunikator) kepada mad’u untuk mencapai suatu tujuan atas dasar hikmah dan kasih sayang.

Pengertian Metode Dakwah adalah definisi Metode Dakwah yangdiungkap oleh M. Munir dalam bukunya “Metode Dakwah”.

Untuk pengertian Metode Dakwah dari ahli lainnya, seberta pembahasan lain tentang Metode Dakwah lainnya ada di bawah ini.

Pengertian Metode Dakwah Menurut Para Ahli

Menurut Moh. Ali Aziz, Metode Dakwah Adalah cara-cara sistematis yang menjelaskan arah strategi dakwah yang telah ditetapkan.

Baca Juga :   Judisial Review Adalah ? Definis / Pengertian Judisial Review Menurut Para Ahli

Pengertian Dakwah Menurut Para Ahli

Menurut Abd Karim Zaidan, Dakwah Adalah menagjak kepada agama Allah, yaitu Islam

Menurut  Toha Yahya Omar, dakwah Islam adalah mengajak manusia dengan cara bijaksana kepada jalan yang benar sesuai dengan perintah Tuhan untuk kemaslahatan dan kebahagiaan mereka di dunia dan di akhirat.

Menurut Aboebakar Atjeh, Dakwah Adalah perintah mengadakan seruan kepada sesama manusia untuk kembali dan hidup sepanjang ajaran Allah yang benar dengn penuh bijaksanaan dan nasihat yang baik

Menurut Masdar Helmy, Dakwah Adalah mengajak dan menggerakkan manusia agar menaati ajaran-ajaran Allah (Islam), termasuk melakukan amar ma’ruf nahi munkar untuk bisa memperoleh kebahagiaan di dunia dan di akhirat

Menurut Nasaruddin Razak, dakwah adalah  suatu usaha memanggil manusia ke jalan Illahi menjadi muslim.

Menurut Prof. H.M. Arifin M.Ed, Dakwah Adalah suatu kegiatan ajakan baik dalam bentuk lisan, tulisan, tingkah laku, dan sebagainya yang dilakukan secara sadar dan berencana dalam usaha mempengaruhi orang lain baik secara individual maupun secara kelompok agar timbul dalam dirinya suatu pengertian, kesadaran, sikap, penghayatan serta pengamalan terhadap agama sebagai message yang disampaikan kepadanya dengan tanpa adanya unsur-unsur pemaksaan.

Baca Juga :   Dakwah : Pengertian, Pentingnya, dan Ketentuan

Macam-Macam Metode Dakwah

Macam macam metode dakwah yang biasa dipakai dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

Metode Ceramah

Metode ceramah adalah metode yang dilakukan dengan maksud untuk menyampaikan keterangan, petunjuk, pengertian, dan penjelasan tentang suatu masalah di hadapan orang banyak.

Metode Diskusi

Penyampaian materi dakwah dengan cara mendorong sasarannya untuk menyatakan suatu masalah yang dirasa belum dimengerti dan da‟inya sebagai penjawabnya.

Metode propagandahttps://wislah.com/t/dakwah/

Metode propaganda yaitu suatu upaya untuk menyiarkan Islam dengan cara mempengaruhi dan membujuk. Metode ini dapat digunakan untuk menarik perhatian dan simpatik seseorang. Pelaksanaan dakwah dengan metode propaganda dapat dilakukan melalui berbagai macam media, baik auditif, visual maupun audio visual.

Baca Juga :   Pengertian Gaya Komunikasi Adalah : Macam, Jenis dan Tipe

Metode Karyawisata

Adalah dakwah yang dilakukan dengan membawa mitra dakwah ke tempat-tempat yang memiliki nilai historis keislaman atau lembaga-lembaga penyelenggara dakwah dengan tujuan agar mereka dapat menghayati arti tujuan dakwah dan menggugah semangat baru dalam mengamalkan dan mendakwahkan ajaran-ajaran Islam kepada orang lain.

Metode Keteladanan

Dakwah dengan menggunakan metode keteladanan atau demonstrasi berarti suatu cara penyajian dakwah dengan memberikan keteladanan langsung sehingga mad‟u akan tertarik untuk mengikuti apa yang dicontohkannya.

Metode pemberian bantuan sosial

Metode pemberian bantuan sosial merupakan metode yang dilaksanakan dengan jalan memberikan bantuan sosial kepada masyarakat dakwah yang sifatnya mengadakan perubahan perilaku masyarakatnya menjadi lebih baik (meningkat)

Related posts