Makanan Halal : Pengertian, Hukum, Macam, Kategori, Konsumsi dan Hikmah

Makanan Halal : Pengertian, Hukum, Macam, Kategori, Konsumsi dan Hikmah

Wislah : Kamu sedang cari jawaban dari apa pengertian makanan halal? Apa saja jenisnya makanan halal? Dan mengapa makanan bisa dikatakan makanan halal ?

Nah, pada postingan kali ini. Kami mencoba membantu kamu, menyajikan referensi tentang : Pengertian Makanan Halal, Hukum Makanan Halal, Macam-Macam Makanan Halal, Kategori Makanan Halal, Mengkonsumsi Makanan Halal, Manfaat Makanan Halal, dan Hikmah Makanan Halal.

Berikut informasinya.


Pengertian Makanan Halal

Makanan Halal adalah segala sesuatu yang dapat dimakan atau dikonsumsi oleh manusia baik yang berasal dari hewan maupun tumbuhan yang dapat menghilangkan rasa lapar dan memberikan tenaga bagi tubuh manusia yang memakannya.

Makanan halal diartikan sebagai segala sesuatu makanan yang dapat dikonsumsi oleh manusia dan diperbolehkan dalam syariat Islam. Di dalam al-Qur’an Allah memberikan petunjuk tentang makanan halal dan syarat-syarat makanan halal. Kata makan disebutkan dalam al-Qur’an oleh Allah Swt sebanyak 109 kali sedangkan kata makanlah yang merupakan kata perintah disebutkan dalam al-Qur’an sebanyak 27 kali.

Hukum Makanan Halal

Pada dasarnya segala sesuatu yang diciptakan Allah Swt bagi manusia adalah mubah atau dibolehkan. Dengan kata lain bahwa semua makanan pada dasarnya adalah halal sampai ada dalil yang menyebutkan bahwa makanan tersebut haram hukumnya untuk dikonsumsi. Berdasarkan firman Allah dalam Qs an-Nahl (16): 144 : “Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu dan syukurilah nikmat Allah, jika kamu hanya menyembah kepada-Nya.” (QS. an-Nahl (16): 114). dan firman Allah dalam Qs. Al-Baqarah (2): 173 : “Sesungguhnya Dia hanya mengharamkan atasmu bangkai, darah, daging babi, dan (daging) hewan yang disembelih dengan (menyebut nama) selain Allah. Tetapi barangsiapa terpaksa (memakannya), bukan karena menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.” (QS. al-Baqarah (2):173).

Macam-Macam Makanan Halal

Adapun makanan halal dalam Islam dikenal dalam beberapa macam dan harus dipenuhi agar makanan layak dikatakan sebagai makanan halal, antara lain:

Halal Zatnya

Adapun ciri-cirinya adalah:

  1. Makanan yang berasal dari binatang maupun tumbuhan yang tidak diharamkan oleh Allah.
  2. Dijelaskan di dalam al-Qur`an dan hadis.
  3. Bermanfaat bagi pertumbuhan kesehatan manusia.
  4. Tidak merusak badan, akal maupun pikiran.
  5. Tidak kotor, najis dan tidak menjijikkan

Halal Cara Memperolehnya

Pada dasarnya semua makanan adalah halal dan apabila zatnya halal maka makanan dapat menjadi haram tergantung bagaimana cara memperolehnya. Makanan halal dapat menjadi haram apabila diperoleh melalui hasil mencuri, melalukan perbuatan, menipu, hasil riba dan maupun korupsi dan lain sebagainya. Sebagaimana firman Allah Swt : “Dan janganlah kamu makan harta di antara kamu dengan jalan yang batil, dan (janganlah) kamu menyuap dengan harta itu kepada para hakim, dengan maksud agar kamu dapat memakan sebagian harta orang lain itu dengan jalan dosa, padahal kamu mengetahui.” (QS. al-Baqarah (2):188)


Halal Cara Memprosesnya

Apabila makanan sudah diperoleh dengan cara halal, dengan bahan baku yang halal pula, jika makanan tersebut diproses dengan menggunakan sesuatu yang haram misalnya alat masak yang bekas digunakan untuk memasak makanan haram atau bahan-bahan lain yang tidak diperbolehkan atau diharamkan untuk dikonsumsi maka makanan tersebut bisa menjadi haram.

Halal Cara Menyajikan, Mengantarkan Serta Menyimpannya

Ketiga proses tersebut dapat mengubah status makanan dari halal menjadi haram misalnya jika makanan disajikan dalam piring yang terbuat dari emas maupun disimpan, atau diantar untuk tujuan yang tidak baik

Kategori Makanan Halal

Adapun makanan yang dihalalkan menurut agama Islam dapat digolongkan sebagai berikut:

  1. Semua rizki yang diberikan oleh Allah berupa makanan yang baik dan halal (padi, jagung, sagu, kedelai, sayuran, buah-buahan, dan lain-lain.
  2. Semua makanan yang berasal dari laut (air).
  3. Semua binatang ternak (ayam, itik, kambing sapi, kerbau, unta dan lain-lain, kecuali babi dan anjing.
  4. Hasil buruan yang ditangkap oleh binatang yang telah dididik untuk berburu.
  5. Semua jenis binatang yang hidup di air, baik air laut maupun air tawar

Mengkonsumsi Makanan Halal

Berikut cara-cara yang dapat dilakukan agar kita terbiasa mengkonsumsi makanan halal. Diantaranya adalah:

  1. Membeli bahan makanan dari tempat yang terpercaya atau sudah terjamin menjual bahan makanan yang halal.
  2. Apabila membeli daging, hendaknya membeli di tempat orang muslim, jika terpaksa membeli di orang non muslim, dipastikan daging tersebut diperoleh dan disembelih secara syariat islam.
  3. Mendapatkan makanan dengan cara yang baik, tidak mencuri, dan tidak merampas milik orang lain.
  4. Membeli makanan dengan uang yang diperoleh dengan cara yang benar dan halal, tidak dari hasil mencuri, merampok, berjudi maupun korupsi.
  5. Menghindari memakan makanan yang telah ada dalil yang melarang mengkonsumsi makanan tersebut, misalnya daging babi dan daging anjing.
  6. Senantiasa bersyukur kepada Allah Swt.

Manfaat Makanan Halal

Mengonsumsi makan yang halal akan memberikan manfaat bagi tubuh manusia. Manfaatnya antara lain:

  1. Terhindar dari murka Allah karena menjauhi larangan-Nya.
  2. Tubuh kita akan selalu sehat karena yang dimakan adalah sesuatu yang baik dan enak.
  3. Akan menghasilkan hati dan fikiran yang bersih karena mendapat curahan kasih sayang dari Allah Swt.
  4. Akan diberi rizki yang halal dan dilipatgandakan oleh Allah karena selalu mentaati Allah sebagai wujud rasa syukur.
  5. Menunjukkan pada umat lain bahwa Islam adalah agama yang baik dan hanya mengajarkan kebaikan.

Hikmah Makanan Halal

  1. Mendapat kesehatan hati dan jasmani (badan).
  2. Supaya doa dikabulkan oleh Allah Swt.
  3. Dijauhkan dari siksa api neraka.
  4. Makanan yang halal menumbuhkan perbuatan yang baik

Related posts