Metode Pembelajaran Adalah : Membahas Pengertian, Prinsip, Fungsi, dan Macam-Macam Metode Pembelajaran   

  • Whatsapp
Metode Pembelajaran Adalah : Membahas Pengertian, Prinsip, Fungsi, dan Macam-Macam Metode Pembelajaran   

Pengertian Metode Pembelajaran | Prinsip |  Fungsi | Macam-Macam Metode Pembelajaran.

Berikut ini adalah kumpulan informasi lengkap tentang Metode Pembelajaran, bisa kamu jadikan referensi diskusi dalam perkuliahan.

Selamat membaca, semoga bermanfaat.

Pengertian Metode Pembelajaran

Pengertian metode pembelajaran telah banyak ditemukan dalam berbagai macam referensi. Kumpulan definisi di bawah ini, bisa jadi hanya sebagian kecil saja. Tapi, cukup untuk menjadi sumber diskusi atau makalah dalam tugas perkuliahan.

Berikut adalah definsi dari metode pembelajaran yang disampaikan oleh para ahli :

Menurut Hasan Langgulung, metode pembelajaran adalah cara yang harus dilalui untuk mencapai tujuan pendidikan.

Menurut Daryanto, Metode pembelajaran adalah cara pembentukan atau pemantapan pengertian peserta (penerimaan informasi) terhadap suatu penyajian informasi atau bahan ajar.

Menurut Ridwan Abdullah Sani, Metode pembelajaran adalah langkah operasional dari strategi pembelajaran yang dipilih untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Menurut Abdul Aziz, Metode pembelajaran dapat diartikan sebagai proses atau prosedur yang hasilnya adalah belajar atau dapat pula merupakan alat melalui makna belajar menjadi aktif

Baca Juga :   Kurikulum adalah ? Pengertian, Tujuan, Fungsi, dan Komponen Kurikulum

Menurut Hamiyah dan Jauhar, metode pembelajaran adalah sebagai cara untuk mengimplementasikan rencana yang sudah disusun dalam bentuk kegiatan nyata dan praktis untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Baca Juga : Konsep Model Pembelajaran

Prinsip Metode Pembelajaran

Sebagai penunjang dari pengertian metode pembelajaran di atas, prinsip dari Metode Pembelajaran penting untuk diketahui.  Di antara prinsip metode pembelajaran adalah :

  1. Metode mengajar harus memungkinkan dapat membangkitkan rasa ingin tahu siswa lebih jauh terhadap materi pembelajaran (curiosity).
  2. Metode mengajar harus memungkinkan dapat memberikan peluang untuk berekspresi yang kreatif dalam aspek seni.
  3. Metode mengajar harus memungkinkan siswa belajar melalui pemecahan masalah.
  4. Metode mengajar harus memungkinkan siswa untuk selalu ingin menguji kebenaran sesuatu.
  5. Metode mengajar harus memungkinkan siswa untuk melakukan penemuan (inkuiri) terhadap suatu topic permasalahan.
  6. Metode mengajar harus memungkinkan siswa mampu menyimak.
  7. Metode mengajar harus memungkinkan siswa untuk belajar secara mandiri (independent study) dan bekerjasama (cooperative learning).
  8. Metode mengajar harus memungkinkan siswa untuk lebih termotivasi dalam belajarnya.

Baca Juga : Konsep Motivasi Belajar

Fungsi Metode Pembelajaran

Sedangkan Fungsi dari Metode Pembelajaran dalam pelaksanaan proses belajar mengajar di kelas, adalah:

Metode Sebagai Alat Motivasi Ekstrinsik

Metode sebagai alat motivasi ekstrinsik artinya metode sebagai alat perangsang dari luar yang dapat membangkitkan belajar peserta didik dari luar sehingga pelajaran itu dapat diterima peserta didik dengan mudah dan menyenangkan.

Baca Juga :   Pendidikan Seks Bebas: Pengertian, Tujuan dan Bahaya

Metode Sebagai Strategi Pengajaran

Guru harus memiliki strategi agar anak didik dapat belajar secara efektif mengena pada tujuan yang diharapkan. Salah satu langkah untuk memilih strategi itu adalah harus menguasai teknik-teknik penyajian atau metode pengajaran

Metode Sebagai Alat Untuk Mencapai Tujuan

Salah satu alat untuk mencapai tujuan dengan memanfaatkan metode secara akurat, guru akan mampu mencapai tujuan pengajaran.

Baca Juga : Teori Motivasi

Macam-Macam Metode Pembelajaran

Macam-macam metode pembelajaran, di antaranya : metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode kerja kelompok, metode peta konsep, metode demonstrasi dan eksperimen, metode problem solving, metode simulasi, dan lain sebagainya.

Metode Ceramah

Metode ceramah adalah suatu cara mengajar yang digunakan untuk menyampaikan keterangan atau informasi atau uraian tentang suatu pokok persoalan serta masalah secara lisan.

Metode Tanya Jawab

Suatu cara mengajar dimana seorang guru mengajukan beberapa pertanyaan kepada peserta didik tentang bahan pelajaran yang telah diajarkan atau bahan bacaan yang mereka baca sambil memperhatikan proses berfikir diantara peserta didik.

Metode Diskusi

Metode diskusi adalah suatu cara penyajian/penyampaian bahan pelajaran, dimana pendidik memberikan kesempatan kepada para peserta didik/kelompokkelompok peserta didik untuk mengadakan pembicaraan ilmiah guna mengumpulkan pendapat, membuat kesimpulan atau menyusun berbagai alternatif pemecahan atas sesuatu masalah.

Baca Juga :   Gerhana Bulan dan Gerhana Matahari : Pengertian, Gerhana Bulan, Gerhana Matahari

Metode Kerja Kelompok

Penyajian materi dengan cara pemberian tugas-tugas untuk mempelajari sesuatu pada/kelompokkelompok belajar yang sudah ditentukan dalam rangka mencapai tujuan.

Baca Juga : Kebutuhan Manusia dalam Psikologi Islam

Metode Peta Konsep

Mind mapping (peta konsep) merupakan strategi yang meminta peserta didik mensintesis atau membuat satu gambar atau diagram tentang konsep-konsep utama yang saling berhubungan, yang ditandai dengan garis panah di tulis level yang membunyikan bentuk hubungan antar konsep-konsep utama.

Metode Demonstrasi dan Eksperimen

Demonstrasi dan eksperimen merupakan metode mengajar yang sangat efektif, sebab membantu para siswa untuk mencari jawaban dengan usaha sendiri berdasarkan fakta (data) yang benar. Demonstrasi yang dimaksud ialah suatu metode mengajar yang memperlihatkan bagaimana proses terjadinya sesuatu.

Metode Problem Solving

Metode problem solving adalah cara penyajian bahan pelajaran dengan menjadikan masalah sebagai titik tolak pembahasan untuk dianalisis dan disintesis.

Metode Simulasi

Metode simulasi dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang menggambarkan keadaan sebenarnya. Maksudnya ialah siswa (dengan bimbingan guru) melakukan peran dalam simulasi tiruan untuk mencoba menggambarkan kejadian yang sebenarnya. Maka didalam kegiatan simulasi, peserta atau pemegang peranan melakukan lingkungan tiruan dari kejadian yang sebenarnya.

Related posts