Kebutuhan Manusia dalam Psikologi Islam

WISLAH.COM: Hierarki kebutuhan dalam psikologi Barat beriorientasi pada materi sebagaimana yang dijelaskan Maslow, sedangkan Kebutuhan Manusia dalam Psikologi Islam adalah sebagai berikut.  

Kebutuhan manusia dapat diilustrasikan melalui hierarki kebutuhan asasi dalam al-maqashid al-syariah, yakni pertama, memelihara agama (hifzh al-din) dengan cara menunaikan arkan al-Islam, memelihara agara dari serangan musuh, memelihara jiwa agama yang tumbuh sejak lahir; kedua, memelihara jiwa (hifzh al-nafs) dengan cara memenuhi hak hidup masing-masing anggota masyarakat sesuai dengan aturan yang berlaku, karena itu perlu adanya hukum pidana (qishah) terhadap orang yang melanggar; ketiga, memelihara akal pikiran (hifzh al’aql) dengan cara menggunakannya sebagaimana mestinya seperti memikirkan kekuasaan Allah melalui diri sendiri, alam maupun yang lainnya serta menghindarkan perbuatan yang merusak eksistensi daya pikirnya seperti minum khamer; keempat, memelihara keturunan (hifzh al-nasl) dengan cara mengatur pernikahan dan pelarangan seksual seperti zina, LGBT yang semuanya merusak keturunan; kelima, memelihara kehormatan dan harta benda (hifzh al-
‘irdh wa al-amwal) dengan cara mencari rezeki yang halal untuk memenuhi kebutuhan hidup, dan mengharamkan segala bentuk riba, perampokan, penipuan, pencurian, ghasab.


Memelihara agama dikaji dalam psikologi agama melalui teori insting ketuhanan, bahwa manusia dilahirkan telah mengambil persaksian akan keesaan Allah yang membawa konsekuensi dalam kehidupan dunia. Memelihara jiwa dikaji dalam pendekatan al-nafs yang merupakan konsekuensi dari pertemuan antara jasad dan qolbu (sebagaimana dijelaskan sebelumnya). Memelihara akal dikaji dalam psikologi yang mendalami neurologi manusia.


Memelihara keturunan dijelaskan melalui psikologi keluarga tentang pernikahan yang diberkahi dan memberkahi. Memelihara harta benda dijelaskan dengan psikologi yang mendalami tentang ekonomi, tentang usaha manusia dalam mencari nafkah yang halal dan baik.

 

 

Related posts