Strategi Pembelajaran Adalah : Pengertian, Macam-Macam, Komponen dan Unsur

  • Whatsapp
Strategi Pembelajaran Adalah : Pengertian, Macam-Macam dan Komponen Atau Unsur dalam Strategi Pembelajaran


Strategi Pembelajaran Adalah |  Pengertian Strategi Pembelajaran | Macam-Macam Strategi Pembelajaran | Komponen Strategi Pembelajaran | Unsur Strategi Pembelajaran |

Berikut ini adalah kumpulan informasi lengkap tentang tentang strategi pembelajaran, bisa kamu jadikan referensi diskusi dalam perkuliahan.

Terdiri atas Pengertian Strategi Pembelajaran, Macam-Macam Strategi Pembelajaran  dan Komponen Atau Unsur dalam Strategi Pembelajaran.



Selamat membaca, semoga bermanfaat.

Pengertian Strategi Pembelajaran  

  1. Menurut Sanjaya Wina,  strategi pembelajaran berarti pola umum perbuatan guru-peserta didik di dalam perwujudan kegiatan belajar-mengajar.
  2. Menurut Cropper, Strategi pembelajaran merupakan pemilihan atas berbagai jenis latihan tertentu yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
  3. Menurut Dicky and Carey, Strategi pembelajaran adalah suatu set materi dan prosedur pembelajaran yang digunakan secara bersama-sama untuk menimbulkan hasil belajar tertentu pada siswa.
  4. Menurut Romizowsky, Strategi pembelajaran adalah kegiatan yang digunakan oleh seseorang dalam usaha untuk memilih metode pembelajaran.
  5. Menurut Kemp, Strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakana guru dan siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya dalam pembelajaran.
  6. Menurut Degeng, strategi pembelajaran merupakan cara-cara yang berbeda untuk mencapai hasil pembelajaran yang berbeda di bawah kondisi yang berbeda.
  7. Menurut Syaiful Bahri, strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai pola-pola umum kegiatan guru dan siswa dalam perwujudan kegiatan belajar- mengajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan.
  8. Menurut Syaiful Bahri, strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai pola-pola umum kegiatan guru dan siswa dalam perwujudan kegiatan belajar- mengajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan.

Baca Juga : Konsep Model Pembelajaran

Macam Macam Strategi Pembelajaran

1) Strategi Pembelajaran Langsung

Strategi pembelajaran langsung merupakan pembelajaran yang banyak diarahkan oleh guru. Pembelajaran langsung biasanya bersifat deduktif. Strategi ini efektif untuk menentukan informasi atau membangun keterampilan tahap demi tahap.



Kelebihan strategi ini adalah mudah untuk direncanakan dan digunakan, sedangkan kelemahan utamanya dalam mengembangkan kemampuan-kemampuan, proses-proses, dan sikap yang diperlukan untuk pemikiran kritis dan hubungan interpersonal serta belajar kelompok.

Baca Juga : Konsep Motivasi Belajar

2) Strategi Pembelajaran Tak Langsung

Strategi pembelajaran tak langsung sering disebut inkuiri, induktif, pemecahan masalah, pengambilan keputusan dan penemuan. Dalam strategi ini peran peserta didik sangat dominan dan guru hanya sebagai fasilitator dalam mengelola kelas. Kelebihan dari strategi ini antara lain:



– Mendorong ketertarikan dan keingintahuan peserta didik

– Menciptakan alternatif dan menyelesaikan masalah

– Mendorong kreativitas dan pengembangan keterampilan interpersonal dan kemampuan yang lain

– Pemahaman yang lebih baik

– Mengekspresikan pemahaman

Sedangkan kekurangannya adalah memerlukan waktu panjang, outcome sulit diprediksi. Strategi ini juga tidak cocok apabila peserta didik perlu mengingat materi dengan cepat.

Baca Juga : Teori Motivasi

3) Strategi Pembelajaran Interaktif

Pembelajaran interaktif menekankan pada diskusi dan sharing di antara peserta didik. Diskusi dan sharing memberikan kesempatan peserta didik untuk bereaksi terhadap gagasan, pengalaman, pendekatan dan pengetahuan guru atau temannya dan untuk membangun cara alternatif untuk berfikir dan merasakan.

Kelebihan strategi ini anatara lain: – Peserta didik dapat belajar dari temannya dan guru untuk membangun keterampilan sosial dan kemampuan-kemampuan.

– Mengorganisasikan pemikiran dan membangun argumen yang rasional. Strategi pembelajaran interaktif memungkinkan untuk menjangkau kelompok-kelompok dan metode-metode interaktif.

Kekurangan dari strategi ini sangat tergantung pada kecakapan guru dalam menyusun dan mengembangkan dinamika kelompok.

Baca Juga : Kebutuhan Manusia dalam Psikologi Islam

4) Strategi Pembelajaran Empirik (Experiental)

Pembelajaran empirik berorientasi pada kegiatan induktif, berpusat pada peserta didik, dan berbasis aktivitas. Refleksi pribadi tentang pengalaman dan formulasi perencanaan menuju penerapan pada konteks yang lain merupakan faktor kritis dalam pembelajaran empirik efektif.

Kelebihan dari strategi ini antara lain:

– Meningkatkan partisipasi peserta didik

– Meningkatkan sifat kritis peserta didik

– Meningkatkan analisis peserta didik, dapat menerapkan pembelajaran pada situasi yang lain.

Sedangkan kekurangannya adalah penekanan hanya pada proses bukan pada hasil, keamanan peserta didik, biaya yang mahal, dan memerlukan waktu yang panjang.

Baca Juga : Paradigma Psikologi Islam

Komponen Strategi Pembelajaran

Menurut Dick dan Carey, terdapat 5 komponen dalam strategi pembelajaran yaitu :

  1. Kegiatan pembelajaran pendahuluan
  2. Penyampaian informasi
  3. Partisipasi peserta didik
  4. Tes
  5. Kegiatan lanjutan

Related posts