Capaian Pembelajaran Sejarah Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MA (Fase F) Kurikulum Merdeka

  • Whatsapp
Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Sejarah Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MA | Capaian Pembelajaran Sejarah Fase F | CP Fase F | Kurikulum Merdeka |

Capaian Pembelajaran Sejarah Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MA Fase F

Capaian pembelajaran secara umum dan menyeluruh dari semua mata pelajaran dalam seluruh jenjang pendidikan di Indonesia, sebenarnya bisa didapat dari “Salinan Lampiran I Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Nomor 008/Kr/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka”.

Namun dengan jumlah halamannya yang sangat banyak (baca: lebih dari seribu), membutuhkan waktu yang lama jika informasi yang butuhkan hanya tentang Capaian Pembelajaran Sejarah Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MA.

Karenanya pada bagian ini, wislah.com menyajikan Capaian Pembelajaran Sejarah Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MA yang disadur dari salinan lampiran tersebut.



Capaian Pembelajaran Umum

Pada Fase F, peserta didik di Kelas XI dan XII mampu mengembangkan konsep-konsep dasar sejarah untuk mengkaji peristiwa sejarah dalam lintasan lokal, nasional, dan global. Melalui literasi, diskusi, kunjungan langsung ke tempat bersejarah, dan penelitian berbasis proyek kolaboratif peserta didik mampu menganalisis serta mengevaluasi berbagai peristiwa sejarah yang terjadi di Indonesia yang dapat dikaitkan atau dihubungkan dengan berbagai peristiwa lain yang terjadi di dunia pada periode yang sama meliputi Kolonialisme dan Perlawanan Bangsa Indonesia, Pergerakan Kebangsaan Indonesia, Pendudukan Jepang di Indonesia, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan, Pemerintahan Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin, Pemerintahan Orde Baru, serta Pemerintahan Reformasi Peserta didik di Kelas XI mampu menggunakan sumber primer dan/atau sekunder untuk melakukan penelitian sejarah secara diakronis dan/atau sinkronis kemudian mengomunikasikannya dalam bentuk lisan, tulisan, dan/atau media lain. Selain itu mereka juga mampu menggunakan keterampilan sejarah untuk menjelaskan, menganalisis, dan mengevaluasi peristiwa sejarah, serta memaknai nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Peserta didik di Kelas XII mampu menggunakan sumber primer dan sekunder untuk melakukan penelitian sejarah secara sinkronis dan/atau diakronis kemudian mengomunikasikannya dalam bentuk lisan, tulisan, dan/atau media lain. Selain itu mereka juga mampu menggunakan keterampilan sejarah untuk menjelaskan, menganalisis, dan mengevaluasi peristiwa sejarah dari berbagai perspektif serta mengaktualisasikan minat bakatnya dalam bidang sejarah melalui studi lanjutan atau kegiatan kesejarahan di luar sekolah.

Baca Juga :   Capaian Pembelajaran IPA Kelas 7, 8, 9 SMP / MTS (Fase D) Kurikulum Merdeka

Capaian Pembelajaran Per Elemen

Pemahaman Konsep Sejarah

Keterampilan Konsep Sejarah (Historical Conceptual Skills)

Pada akhir fase Kelas XI dan XII ini, peserta didik mampu melakukan: 1. Menganalisis serta mengevaluasi peristiwa sejarah secara diakronis (kronologi) yang menitikberatkan pada proses dan/atau sinkronis yang menitikberatkan pada struktur; menganalisis serta mengevaluasi peristiwa sejarah berdasarkan hubungan kausalitas; mengaitkan peristiwa sejarah dengan kehidupan sehari-hari; dan menempatkan peristiwa sejarah pada konteks zamannya. 2. Menganalisis serta mengevaluasi peristiwa sejarah dalam perspektif masa lalu, masa kini, dan masa depan; menganalisis serta mengevaluasi peristiwa sejarah dari pola perkembangan, perubahan, keberlanjutan, dan keberulangan; memaknai nilainilai atau hikmah dari peristiwa sejarah. 3. Menganalisis serta mengevaluasi peristiwa sejarah dalam ruang lingkup lokal, nasional, dan global; mengaitkan hubungan antara peristiwa sejarah lokal, nasional, bahkan global.

Baca Juga :   Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 & 6 SD (Fase C) Kurikulum Merdeka

Keterampilan Proses Sejarah

Keterampilan Berpikir Sejarah (Historical Thinking Skills) Pada akhir fase kelas XI dan XII ini, peserta didik mampu Memahami fakta sejarah serta melihat keterkaitan antara masa lalu, masa kini, dan masa depan; mengaitkan peristiwa sejarah dengan realitas sosial dan mengevaluasi peristiwa sejarah; memaknai nilai-nilai yang terkandung dalam peristiwa sejarah; mengembangkan minat untuk memperdalam atau melanjutkan studi ilmu sejarah atau pendidikan sejarah; mengembangkan kepedulian untuk mengunjungi dan menjaga benda-benda atau situs-situs peninggalan ejarah; dan berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan kesejarahan.

Kesadaran Sejarah (Historical Consciousness)

Pada akhir fase kelas XI ini, peserta didik mampu melakukan penelitian sejarah dengan menerapkan langkah-langkah mencari sumber (heuristik), kritik dan seleksi sumber (verifikasi), analisa dan sintesa sumber (interpretasi), dan penulisan sejarah (historiografi); menuliskan biografi tokoh-tokoh sejarah. Pada akhir fase kelas XII ini, peserta didik mampu melakukan penelitian sejarah yang bersifat tematis (sejarah politik, sejarah sosial, sejarah maritim, sejarah agraris, sejarah IPTEK, sejarah kesehatan, sejarah mitigasi, dan lain-lain) dengan menerapkan langkahlangkah mencari sumber (heuristik), kritik dan seleksi sumber (verifikasi), analisa dan sintesa sumber (interpretasi), dan penulisan sejarah (historiografi); menuliskan biografi tokoh-tokoh sejarah.

Penelitian Sejarah (Historical Research)

Pada akhir fase kelas XI ini, peserta didik mampu melakukan penelitian sejarah dengan menerapkan langkah-langkah mencari sumber (heuristik), kritik dan seleksi sumber (verifikasi), analisa dan sintesa sumber (interpretasi), dan penulisan sejarah (historiografi); menuliskan biografi tokoh-tokoh sejarah. Pada akhir fase kelas XII ini, peserta didik mampu melakukan penelitian sejarah yang bersifat tematis (sejarah politik, sejarah sosial, sejarah maritim, sejarah agraris, sejarah IPTEK, sejarah kesehatan, sejarah mitigasi, dan lain-lain) dengan menerapkan langkahlangkah mencari sumber (heuristik), kritik dan seleksi sumber (verifikasi), analisa dan sintesa sumber (interpretasi), dan penulisan sejarah (historiografi); menuliskan biografi tokoh-tokoh sejarah.

Baca Juga :   Modul Ajar Geografi SMA Kelas 10, 11 dan 12 Kurikulum Merdeka 2022 (Download Contoh)

Keterampilan Praktis Sejarah (Historical Practice Skills)

Pada akhir fase kelas XI ini diharapkan peserta didik mampu membaca buku teks, buku referensi, dan internet; menuliskan dan menuturkan sejarah Indonesia yang berkaitan atau memiliki hubungan dengan sejarah dunia; mengolah informasi sejarah secara non digital maupun digital dalam berbagai bentuk aplikasi sejarah, rekaman suara, film dokumenter, foto, maket, vlog, timeline, story board, infografis, videografis, komik, poster, dan lain-lain.

Pada akhir fase kelas XII ini diharapkan peserta didik mampu membaca dokumen sejarah dan hasil wawancara; menuliskan dan menceritakan sejarah yang bersifat tematis (sejarah politik, sejarah sosial, sejarah maritim, sejarah agraris, sejarah IPTEK, sejarah kesehatan, sejarah mitigasi, dan lain-lain); dan mengolah informasi sejarah secara non digital maupun digital dalam berbagai bentuk aplikasi sejarah, rekaman suara, film dokumenter, foto, maket, vlog, timeline, story board, infografis, videografis, komik, poster, dan lain-lain.

Tabel Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka Lengkap




Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 & 2 SD (Fase A)Download
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3 & 4 SD (Fase B)Download
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 & 6 SD (Fase C)Download
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7, 8, 9 SMPDownload
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA / SMK (Fase E)Download
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 11 & 12 SMA / SMK (Fase F)Download
Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 1 & 2 SD (Fase A)Download
Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 3 & 4 SD (Fase B)Download
Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 5 & 6 SD (Fase C)Download
Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 7, 8, 9 SMP (Fase D)Download
Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 10 SMA / SMKDownload
Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 11 & 12 SMA / SMKDownload
Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Tingkat Lanjut Kelas 11 & 12 SMA / SMK (Fase F)Download
Capaian Pembelajaran Ekonomi Kelas 10 SMA / SMK / MADownload
Capaian Pembelajaran Ekonomi Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MADownload
Capaian Pembelajaran Geografi Kelas 10 SMA / SMK / MA (Fase E)Download
Capaian Pembelajaran Geografi Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MA (Fase F)Download
Capaian Pembelajaran Matematika Kelas 3 & 4 SD (Fase B)Download
Capaian Pembelajaran Matematika Kelas 5 & 6 SD (Fase C)Download
Capaian Pembelajaran Matematika Kelas 7, 8, 9 SMP (Fase D)Download
Capaian Pembelajaran Matematika Kelas 10 SMA / SMK (Fase E)Download
Capaian Pembelajaran Matematika Kelas 11 & 12 SMA / SMK (Fase F)Download
Capaian Pembelajaran Sejarah Kelas 10 SMA / SMK / MA (Fase E)Download
Capaian Pembelajaran Sejarah Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MA (Fase F)Download
Capaian Pembelajaran Antropologi Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MA (Fase F)Download
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MA (Fase F)Download
Capaian Pembelajaran Biologi Kelas 10 SMA / SMK / MA (Fase F)Download
Capaian Pembelajaran Biologi Kelas 10 SMA / SMK / MA (Fase F)Download
Capaian Pembelajaran Biologi Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MA (Fase F)Download
Capaian Pembelajaran Fisika Kelas 10 SMA / SMK / MA (Fase E)Download
Capaian Pembelajaran Fisika Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MA (Fase F)Download
Capaian Pembelajaran Informatika Kelas 1 & 2 SD / MI (Fase A)Download
Capaian Pembelajaran Informatika Kelas 3 & 4 SD / MI (Fase B)Download
Capaian Pembelajaran Informatika Kelas 5 & 6 SD / MI (Fase C)Download
Capaian Pembelajaran Informatika Kelas 7, 8, 9 SMP / MTS (Fase D)Download
Capaian Pembelajaran Informatika Kelas 10 SMA / SMK / MA (Fase E)Download
Capaian Pembelajaran Informatika Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MA (Fase F)Download
Capaian Pembelajaran IPA Kelas 7, 8, 9 SMP / MTS (Fase D)Download
Capaian Pembelajaran IPAS Kelas 1 & 2 SD / MI (Fase A)Download
Capaian Pembelajaran IPAS Kelas 3 & 4 SD / MI (Fase B)Download
Capaian Pembelajaran IPAS Kelas 5 & 6 SD / MI (Fase C)Download
Capaian Pembelajaran IPS Kelas 7, 8, 9 SMP / MTS (Fase D)Download
Capaian Pembelajaran Kimia Kelas 10 SMA / SMK / MA (Fase E)Download
Capaian Pembelajaran Kimia Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MA (Fase F)Download
Capaian PAI Kelas 1 & 2 SD / MI (Fase A)Download
Capaian PAI Kelas 3 & 4 SD / MI (Fase B)Download
Capaian PAI Kelas 5 & 6 SD / MI (Fase C)Download
Capaian PAI Kelas 7, 8, 9 SMP / MTS (Fase D)Download
Capaian Pembelajaran PAI Kelas 10 SMA / SMK / MA (Fase E)Download
Capaian Pembelajaran PAI Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MA (Fase F)Download
Capaian Pembelajaran PJOK Kelas 1 & 2 SD / MI (Fase A)Download
Capaian Pembelajaran PJOK Kelas 3 & 4 SD / MI (Fase B)Download
Capaian Pembelajaran PJOK Kelas 5 & 6 SD / MI (Fase C)Download
Capaian Pembelajaran PJOK Kelas 7, 8, 9 SMP / MTS (Fase D)Download
Capaian Pembelajaran PJOK Kelas 10 SMA / SMK /MA (Fase E)Download
Capaian Pembelajaran PJOK Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MA (Fase F)Download
Capaian Pembelajaran Sosiologi Kelas 10 SMA / SMK / MA (Fase E)Download
Capaian Pembelajaran Sosiologi Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MA (Fase F)Download



Related posts