Capaian Pembelajaran Ekonomi Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MA (Fase F) Kurikulum Merdeka

  • Whatsapp
Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Ekonomi Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MA | Capaian Pembelajaran Ekonomi Fase F | CP Fase F | Kurikulum Merdeka |

Capaian Pembelajaran Ekonomi Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MA Fase F

Capaian pembelajaran secara umum dan menyeluruh dari semua mata pelajaran dalam seluruh jenjang pendidikan di Indonesia, sebenarnya bisa didapat dari “Salinan Lampiran I Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Nomor 008/Kr/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka”.

Namun dengan jumlah halamannya yang sangat banyak (baca: lebih dari seribu), membutuhkan waktu yang lama jika informasi yang butuhkan hanya tentang Capaian Pembelajaran Ekonomi Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MA.

Baca Juga :   Pendapatan Nasional, Pengertian, Metode dan Konsep

Karenanya pada bagian ini, wislah.com menyajikan Capaian Pembelajaran Ekonomi Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MA yang disadur dari salinan lampiran tersebut.



Capaian Pembelajaran Umum

Pada akhir fase F, peserta didik di Kelas XI dan XII mampu mengidentifikasi berbagai permasalahan ekonomi (mikro dan makro) berdasarkan fenomena yang terjadi di lingkungan (masyarakat, bangsa, dan antar-bangsa). Peserta didik mampu secara kritis dan kreatif memberikan solusi pemecahan masalah terhadap berbagai permasalahan ekonomi yang terjadi. Peserta didik mampu dalam mencari, mengolah, dan menginterpretasi data dari sumber terpercaya dalam rangka membuat suatu kesimpulan serta evaluasi mengenai konsep ekonomi mikro, ekonomi makro, dan ekonomi internasional.

Baca Juga :   Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 3 & 4 SD (Fase B) Kurikulum Merdeka



Capaian Pembelajaran Per Elemen

Pemahaman Konsep

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu menjelaskan berbagai konsep ekonomi baik yang bersifat mikro maupun makro. Peserta didik mengidentifikasi berbagai permasalahan ekonomi akibat dari terjadinya berbagai kegiatan ekonomi mulai dari kegiatan produksi, distribusi, dan konsumsi. Peserta didik juga mampu menjelaskan dampak dari permasalahan ekonomi yang sedang terjadi berdasarkan konsep yang sudah dipelajari. Konsep ekonomi yang diharapkan dikuasai peserta didik pada fase ini yaitu Peran Pelaku Ekonomi, Teori Perilaku konsumen, Teori Perilaku Produsen (Pengusaha), Pengangguran, Inflasi, Pendapatan Nasional, Ketimpangan Distribusi Pendapatan, Permintaan dan Penawaran Agregat, Pertumbuhan Ekonomi, Pasar Uang, Kebijakan Fiskal dan Moneter, Perdagangan Internasional dan Hambatan, Neraca Pembayaran dan Perjanjian Perdagangan Internasional, Sistem dan Pelaku Ekonomi, serta Ekonomi Digital.

Baca Juga :   Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 & 6 SD (Fase C) Kurikulum Merdeka

Keterampilan Proses

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu melakukan kegiatan penelitian sederhana dengan menggunakan teknik atau metode yang sesuai untuk mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengorganisasikan informasi, menarik kesimpulan, dan mengomunikasikan hasil penelitian mengenai berbagai fenomena ekonomi berdasarkan konsep-konsep ekonomi. Peserta didik mampu merefleksikan dan merencanakan projek lanjutan secara kolaboratif.




Related posts