Capaian Pembelajaran Informatika Kelas 1 & 2 SD / MI (Fase A) Kurikulum Merdeka

  • Whatsapp
Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Informatika Kelas 1 & 2 SD / MI | Capaian Pembelajaran Informatika Fase A | CP Fase A | Kurikulum Merdeka |

Capaian Pembelajaran Informatika Kelas 1 & 2 SD / MI Fase A

Capaian pembelajaran secara umum dan menyeluruh dari semua mata pelajaran dalam seluruh jenjang pendidikan di Indonesia, sebenarnya bisa didapat dari “Salinan Lampiran I Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Nomor 008/Kr/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka”.

Namun dengan jumlah halamannya yang sangat banyak (baca: lebih dari seribu), membutuhkan waktu yang lama jika informasi yang butuhkan hanya tentang Capaian Pembelajaran Informatika Kelas 1 & 2 SD / MI.

Baca Juga :   Capaian Pembelajaran Matematika Kelas 11 & 12 SMA / SMK (Fase F) Kurikulum Merdeka

Karenanya pada bagian ini, wislah.com menyajikan Capaian Pembelajaran Informatika Kelas 1 & 2 SD / MI yang disadur dari salinan lampiran tersebut.



Capaian Pembelajaran Umum

Pada akhir fase A, peserta didik mampu menerapkan berpikir komputasional dalam menyelesaikan persoalan sehari-hari terkait objek konkret, menerapkan praktik baik penggunaan perangkat TIK yang sudah disiapkan untuk berkomunikasi, belajar, menggambar, dan berkarya kreatif, mengenali adanya sinyal komunikasi di sekitarnya, serta menjalankan instruksi sederhana untuk mencapai tujuan tertentu dan menjelaskan peristiwa yang dialami dengan urutan yang sistematis.

Capaian Pembelajaran Per Elemen

Berpikir komputasional (BK)




Pada akhir fase A, peserta didik mampu menerapkan berpikir komputasional dalam menyelesaikan persoalan sehari-hari yang dialami dengan mengidentifikasi, membandingkan, memilih, memilah, mengelompokkan, dan mengurutkan objek konkret.

Baca Juga :   Capaian Pembelajaran Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Kelas 5 & 6 SD (Fase C) Kurikulum Merdeka

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Pada akhir fase A, peserta didik mampu mengidentifikasi perangkat TIK di antara perangkat lainnya dan kehadiran komputer atau komponennya dalam perangkat sehari-hari, menggunakan perangkat TIK yang sudah dikonfigurasi sesuai konteks dan usianya untuk berkomunikasi, belajar, menggambar, dan berkarya kreatif serta menerapkan praktik baik yang memperhatikan aspek kesehatan, kenyamanan, keamanan, dan keselamatan.

Sistem komputer (SK)

Jaringan Komputer dan Internet (JKI)

Pada akhir fase A, peserta didik mampu mengenali sinyal telepon seluler dan wifi, serta mengidentifikasi keberadaan dan kualitasnya.

Analisis data (AD)

Pada akhir fase A, peserta didik mampu mengenali, mengelompokkan, membandingkan, dan mengurutkan data dalam bentuk objek konkret, menjelaskan ciri-cirinya, serta menyimpulkan kesamaan dan perbedaannya.

Baca Juga :   Capaian Pembelajaran IPA Kelas 7, 8, 9 SMP / MTS (Fase D) Kurikulum Merdeka

Algoritma dan Pemrograman (AP)

Pada akhir fase A, peserta didik mampu menjelaskan pengalaman atau kejadian dengan runtut dan logis dalam bahasa sehari-hari, menjalankan instruksi sederhana dan menjelaskan maknanya yang secara semantik diasosiasikan dengan istilah pemrograman seperti kalimat kondisional dan pengulangan, serta mengkomposisi simbol dan mengenali struktur logis dari sebuah komposisi simbol.

Dampak Sosial Informatika (DSI)

Praktik Lintas Bidang (PLB)




Related posts