Capaian Pembelajaran Sejarah Kelas 10 SMA / SMK / MA (Fase E) Kurikulum Merdeka

  • Whatsapp
Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Sejarah Kelas 10 SMA / SMK / MA | Capaian Pembelajaran Sejarah Fase E | CP Fase E | Kurikulum Merdeka |

Capaian Pembelajaran Sejarah Kelas 10 SMA / SMK / MA Fase E

Capaian pembelajaran secara umum dan menyeluruh dari semua mata pelajaran dalam seluruh jenjang pendidikan di Indonesia, sebenarnya bisa didapat dari “Salinan Lampiran I Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Nomor 008/Kr/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka”.

Namun dengan jumlah halamannya yang sangat banyak (baca: lebih dari seribu), membutuhkan waktu yang lama jika informasi yang butuhkan hanya tentang Capaian Pembelajaran Sejarah Kelas 10 SMA / SMK / MA.

Karenanya pada bagian ini, wislah.com menyajikan Capaian Pembelajaran Sejarah Kelas 10 SMA / SMK / MA yang disadur dari salinan lampiran tersebut.



Capaian Pembelajaran Umum

Pada akhir Fase E, peserta didik mampu memahami konsep-konsep dasar manusia, ruang, waktu, diakronis (kronologi), sinkronis, guna sejarah, sejarah dan teori sosial, metode penelitian sejarah, serta sejarah lokal. Melalui literasi, diskusi, kunjungan langsung ke tempat bersejarah, dan penelitian berbasis proyek kolaboratif peserta didik mampu menganalisis serta mengevaluasi berbagai peristiwa sejarah yang terjadi di Indonesia meliputi konsep asal-usul nenek moyang dan jalur rempah di Indonesia, kerajaan Hindu-Buddha, dan kerajaan Islam di Indonesia. Pada akhir Fase E, peserta didik mampu menggunakan sumber primer atau sekunder untuk melakukan penelitian sejarah lokal yang memiliki benang merah dengan keindonesiaan baik langsung ataupun tidak langsung, secara diakronis dan/atau sinkronis kemudian mengomunikasikannya dalam bentuk lisan, tulisan, dan/atau media lain. Selain itu mereka juga mampu menggunakan berbagai keterampilan sejarah untuk menjelaskan peristiwa sejarah serta memaknai nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Baca Juga :   Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MA (Fase F) Kurikulum Merdeka

Capaian Pembelajaran Per Elemen

Pemahaman Konsep Sejarah

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu memahami konsep dasar ilmu sejarah yang dapat digunakan untuk menjelaskan peristiwa sejarah; memahami konsep dasar ilmu sejarah sebagai bahan analisis untuk mengkaji peristiwa sejarah; memahami konsep dasar ilmu sejarah sebagai bahan evaluasi untuk mengkaji peristiwa sejarah; menganalisis serta mengevaluasi manusia sebagai subjek dan objek sejarah; menganalisis serta mengevaluasi peristiwa sejarah dalam ruang lingkup lokal, nasional, dan global; menganalisis serta mengevaluasi sejarah dalam dimensi masa lalu, masa kini, dan masa depan; menganalisis serta mengevaluasi sejarah dari aspek perkembangan, perubahan, keberlanjutan, dan keberulangan; memahami peristiwa sejarah secara diakronis (kronologi) maupun sinkronis.

Pemahaman Konsep Sejarah

Peserta didik juga dapat memahami konsep dasar asal usul nenek moyang dan jalur rempah; menganalisis serta mengevaluasi manusia dalam asal usul nenek moyang dan jalur rempah; menganalisis serta mengevaluasi asal usul nenek moyang dan jalur rempah dalam ruang lingkup lokal, nasional, serta global; menganalisis serta mengevaluasi asal usul nenek moyang dan jalur rempah dalam dimensi masa lalu, masa kini, serta masa depan; menganalisis serta mengevaluasi asal usul nenek moyang dan jalur rempah dari pola perkembangan, perubahan, keberlanjutan, dan keberulangan; menganalisis serta mengevaluasi asal usul nenek moyang dan jalur rempah secara diakronis (kronologi) dan/atau sinkronis.

Baca Juga :   Capaian Pembelajaran Kimia Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MA (Fase F) Kurikulum Merdeka

Pemahaman Konsep Sejarah

Peserta didik memahami konsep dasar kerajaan Hindu-Buddha; menganalisis serta mengevaluasi manusia dalam kerajaan Hindu-Buddha; menganalisis serta mengevaluasi kerajaan Hindu-Buddha dalam ruang lingkup lokal, nasional, dan global; menganalisis serta mengevaluasi kerajaan Hindu-Buddha dalam dimensi masa lalu, masa kini, dan masa depan; menganalisis serta mengevaluasi kerajaan Hindu-Buddha dari pola perkembangan, perubahan, keberlanjutan, dan keberulangan; menganalisis serta mengevaluasi kerajaan Hindu-Buddha secara diakronis (kronologi) dan/atau sinkronis.

Pemahaman Konsep Sejarah

Peserta didik mampu memahami konsep dasar kerajaan Islam; menganalisis serta mengevaluasi manusia dalam kerajaan Islam; menganalisis serta mengevaluasi kerajaan Islam dalam ruang lingkup lokal, nasional, dan global; menganalisis serta mengevaluasi kerajaan Islam dalam dimensi masa lalu, masa kini, dan masa depan; menganalisis serta mengevaluasi kerajaan Islam dari pola perkembangan, perubahan, keberlanjutan, dan keberulangan; menganalisis serta mengevaluasi kerajaan Islam secara diakronis (kronologi) dan/atau sinkronis.

Keterampilan Proses Sejarah

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengorganisasikan informasi, menarik kesimpulan, mengomunikasikan, merefleksikan dan merencanakan proyek lanjutan secara kolaboratif tentang pengantar dasar ilmu sejarah, jalur rempah dan asal usul nenek moyang bangsa Indonesia, kerajaan HinduBuddha, dan kerajaan Islam meliputi: 1. Penelitian sejarah lokal dimulai dari lingkungan terdekat (sejarah keluarga, sejarah sekolah, sejarah jalur rempah di daerah, sejarah kerajaan di daerah, dan lain-lain); mengumpulkan sumber-sumber primer maupun sekunder melalui sarana lingkungan sekitar, perpustakaan, dan internet; melakukan seleksi dan kritik terhadap sumber-sumber primer maupun sekunder; melakukan penafsiran untuk mendeskripsikan makna di balik sumber-sumber primer dan/atau sekunder; dan menuliskan hasil penelitian dalam bentuk historiografi. 2. Penjelasan peristiwa sejarah secara diakronis (kronologi) yang menitikberatkan pada proses dan/atau sinkronis yang menitikberatkan pada struktur; Penjelasan peristiwa sejarah berdasarkan hubungan kausalitas; Mengaitkan peristiwa sejarah dengan kehidupan sehari-hari; dan menempatkan peristiwa sejarah pada konteks zamannya. 3. Penjelasan peristiwa sejarah dalam perspektif masa lalu, masa kini, dan masa depan; Penjelasan peristiwa sejarah dari pola perkembangan, perubahan, keberlanjutan, dan keberulangan. 4. Penjelasan peristiwa sejarah dalam ruang lingkup lokal, nasional, dan global; Mengaitkan hubungan antara peristiwa sejarah lokal, nasional, dan global. 5. Memaknai nilai-nilai dari peristiwa sejarah dan dikontekstualisasikan dalam kehidupan masa kini. 6. Mengolah informasi sejarah secara non digital maupun digital dalam berbagai bentuk aplikasi sejarah, rekaman suara, film dokumenter, foto, maket, vlog, timeline, story board, infografis, videografis, komik, poster, dan lain-lain.

Baca Juga :   Capaian Pembelajaran Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Kelas 3 & 4 SD (Fase B) Kurikulum Merdeka



Tabel Capaian Pembelajaran Kurikulum Merdeka Lengkap

Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 & 2 SD (Fase A)Download
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3 & 4 SD (Fase B)Download
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 & 6 SD (Fase C)Download
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 7, 8, 9 SMPDownload
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 10 SMA / SMK (Fase E)Download
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 11 & 12 SMA / SMK (Fase F)Download
Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 1 & 2 SD (Fase A)Download
Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 3 & 4 SD (Fase B)Download
Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 5 & 6 SD (Fase C)Download
Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 7, 8, 9 SMP (Fase D)Download
Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 10 SMA / SMKDownload
Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 11 & 12 SMA / SMKDownload
Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Tingkat Lanjut Kelas 11 & 12 SMA / SMK (Fase F)Download
Capaian Pembelajaran Ekonomi Kelas 10 SMA / SMK / MADownload
Capaian Pembelajaran Ekonomi Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MADownload
Capaian Pembelajaran Geografi Kelas 10 SMA / SMK / MA (Fase E)Download
Capaian Pembelajaran Geografi Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MA (Fase F)Download
Capaian Pembelajaran Matematika Kelas 3 & 4 SD (Fase B)Download
Capaian Pembelajaran Matematika Kelas 5 & 6 SD (Fase C)Download
Capaian Pembelajaran Matematika Kelas 7, 8, 9 SMP (Fase D)Download
Capaian Pembelajaran Matematika Kelas 10 SMA / SMK (Fase E)Download
Capaian Pembelajaran Matematika Kelas 11 & 12 SMA / SMK (Fase F)Download
Capaian Pembelajaran Sejarah Kelas 10 SMA / SMK / MA (Fase E)Download
Capaian Pembelajaran Sejarah Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MA (Fase F)Download
Capaian Pembelajaran Antropologi Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MA (Fase F)Download
Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Tingkat Lanjut Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MA (Fase F)Download
Capaian Pembelajaran Biologi Kelas 10 SMA / SMK / MA (Fase F)Download
Capaian Pembelajaran Biologi Kelas 10 SMA / SMK / MA (Fase F)Download
Capaian Pembelajaran Biologi Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MA (Fase F)Download
Capaian Pembelajaran Fisika Kelas 10 SMA / SMK / MA (Fase E)Download
Capaian Pembelajaran Fisika Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MA (Fase F)Download
Capaian Pembelajaran Informatika Kelas 1 & 2 SD / MI (Fase A)Download
Capaian Pembelajaran Informatika Kelas 3 & 4 SD / MI (Fase B)Download
Capaian Pembelajaran Informatika Kelas 5 & 6 SD / MI (Fase C)Download
Capaian Pembelajaran Informatika Kelas 7, 8, 9 SMP / MTS (Fase D)Download
Capaian Pembelajaran Informatika Kelas 10 SMA / SMK / MA (Fase E)Download
Capaian Pembelajaran Informatika Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MA (Fase F)Download
Capaian Pembelajaran IPA Kelas 7, 8, 9 SMP / MTS (Fase D)Download
Capaian Pembelajaran IPAS Kelas 1 & 2 SD / MI (Fase A)Download
Capaian Pembelajaran IPAS Kelas 3 & 4 SD / MI (Fase B)Download
Capaian Pembelajaran IPAS Kelas 5 & 6 SD / MI (Fase C)Download
Capaian Pembelajaran IPS Kelas 7, 8, 9 SMP / MTS (Fase D)Download
Capaian Pembelajaran Kimia Kelas 10 SMA / SMK / MA (Fase E)Download
Capaian Pembelajaran Kimia Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MA (Fase F)Download
Capaian PAI Kelas 1 & 2 SD / MI (Fase A)Download
Capaian PAI Kelas 3 & 4 SD / MI (Fase B)Download
Capaian PAI Kelas 5 & 6 SD / MI (Fase C)Download
Capaian PAI Kelas 7, 8, 9 SMP / MTS (Fase D)Download
Capaian Pembelajaran PAI Kelas 10 SMA / SMK / MA (Fase E)Download
Capaian Pembelajaran PAI Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MA (Fase F)Download
Capaian Pembelajaran PJOK Kelas 1 & 2 SD / MI (Fase A)Download
Capaian Pembelajaran PJOK Kelas 3 & 4 SD / MI (Fase B)Download
Capaian Pembelajaran PJOK Kelas 5 & 6 SD / MI (Fase C)Download
Capaian Pembelajaran PJOK Kelas 7, 8, 9 SMP / MTS (Fase D)Download
Capaian Pembelajaran PJOK Kelas 10 SMA / SMK /MA (Fase E)Download
Capaian Pembelajaran PJOK Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MA (Fase F)Download
Capaian Pembelajaran Sosiologi Kelas 10 SMA / SMK / MA (Fase E)Download
Capaian Pembelajaran Sosiologi Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MA (Fase F)Download



Related posts