Capaian Pembelajaran Sosiologi Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MA (Fase F) Kurikulum Merdeka

  • Whatsapp
Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Sosiologi Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MA | Capaian Pembelajaran Sosiologi Fase F | CP Sosiologi Fase F | Kurikulum Merdeka |

Capaian Pembelajaran Sosiologi Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MA Fase F

Capaian pembelajaran secara umum dan menyeluruh dari semua mata pelajaran dalam seluruh jenjang pendidikan di Indonesia, sebenarnya bisa didapat dari “Salinan Lampiran I Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Nomor 008/Kr/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka”.

Namun dengan jumlah halamannya yang sangat banyak (baca: lebih dari seribu), membutuhkan waktu yang lama jika informasi yang butuhkan hanya tentang Capaian Pembelajaran Sosiologi Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MA.

Baca Juga :   Modul Ajar Seni Tari (SD, SMP, SMA) Kurikulum Merdeka 2022

Karenanya pada bagian ini, wislah.com menyajikan Capaian Pembelajaran Sosiologi Kelas 11 & 12 SMA / SMK / MA yang disadur dari salinan lampiran tersebut.



Capaian Pembelajaran Umum

Pada akhir fase F, peserta didik mampu mengidentifikasi berbagai permasalahan sosial akibat terjadinya kelompok sosial yang beragam sehingga berpotensi menyebabkan permasalahan sosial, konflik, dan kekerasan. Untuk itu, peserta didik mampu secara kritis dan kreatif memberikan pemecahan masalah yang solutif terhadap dinamika kehidupan sosial di tengah dinamika masyarakat digital saat ini. Penerapan prinsip kesetaraan dalam perbedaan sosial digunakan untuk mewujudkan masyarakat yang harmonis dan integratif. Peserta didik juga mampu menganalisis terjadinya perubahan sosial pada kelompok atau komunitas di tengah arus globalisasi dan mampu memberikan solusi terhadap dampak globalisasi dan perkembangan teknologi digital berupa ketimpangan sosial dan problem lainnya seperti perilaku asosial, dan lain-lain. Peserta didik juga mampu merancang strategi, melakukan dan mengevaluasi kegiatan/projek pemberdayaan komunitas berbasis kearifan lokal, serta mampu menyajikan hasil aksi pemberdayaan serta hasil pelibatan diri dalam kewirausahaan sosial.

Baca Juga :   Capaian Pembelajaran Matematika Kelas 7, 8, 9 SMP (Fase D) Kurikulum Merdeka



Capaian Pembelajaran Per Elemen

Pemahaman konsep

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu menjelaskan terjadinya kelompok sosial dan mengidentifikasi berbagai permasalahan sosial akibat hubungan antarkelompok sosial. Peserta didik juga mampu menerapkan prinsip kesetaraan dalam perbedaan sosial sehingga terwujud kehidupan sosial yang harmonis, menjelaskan konflik dan kekerasan dan upaya untuk menciptakan integrasi sosial di tengah dinamika masyarakat digital yang terus berubah. Di samping itu, peserta didik mampu menganalisis berbagai perubahan sosial, ketimpangan sosial, eksistensi kearifan lokal dalam kehidupan komunitas akibat dampak globalisasi dan perkembangan teknologi informasi.

Keterampilan Proses

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu melakukan penelitian sosial berorientasi pemecahan masalah dari permasalahan sosial, konflik dan kekerasan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat dan mengomunikasikan hasil penelitiannya. Di samping itu, peserta didik juga mampu melakukan penelitian dan mengomunikasikan hasil penelitian tentang perubahan sosial akibat globalisasi dan perkembangan teknologi informasi. Peserta didik

Baca Juga :   Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3 & 4 SD (Fase B) Kurikulum Merdeka

juga mampu merancang, melakukan,

mengevaluasi pemberdayaan komunitas

berbasis kearifan lokal, menjadi aktor atau

turut serta dalam proses kewirausahaan sosial

dan menyajikan serta mengomunikasikan

hasilnya. Peserta didik mampu merefleksikan

dan merencanakan projek lanjutan secara

kolaboratif.




Related posts