Perilaku yang Perlu Calon Guru Penggerak (CGP) Mulai Lakukan di Sekolah

Logo Guru Penggerak

Perilaku yang Perlu CGP Mulai Lakukan di Sekolah : Pendidikan adalah fondasi utama dalam memajukan masyarakat dan negara. Calon Guru Penggerak (CGP) memiliki peran kunci dalam membentuk kualitas pendidikan. Berikut adalah perilaku-perilaku yang perlu dilakukan oleh CGP di sekolah untuk mencapai tujuan tersebut.

A. Mengembangkan Keterampilan Pendidikan Inovatif

CGP harus mampu mengadopsi pendekatan pembelajaran inovatif. Ini mencakup pengembangan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan siswa, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, dan menciptakan lingkungan belajar yang menantang. Contoh konkret dari perilaku ini adalah dengan mengadakan workshop untuk guru-guru dalam penerapan teknologi dalam pembelajaran.

Baca Juga : Contoh Jawaban, Perilaku yang Perlu CGP Hentikan


B. Mendorong Kolaborasi

CGP perlu mempromosikan kolaborasi di antara rekan guru, siswa, dan orang tua. Mereka harus menjadi penghubung yang efektif antara semua pihak dan mendukung pertukaran ide serta pengalaman. Sebagai contoh, CGP dapat menginisiasi forum diskusi rutin antara guru untuk berbagi metode mengajar yang efektif.

C. Menghormati Keberagaman

CGP harus menciptakan ruang inklusif di mana semua siswa dan staf sekolah merasa dihargai, tanpa memandang latar belakang mereka. Mereka dapat melakukan ini dengan memastikan setiap kegiatan dan kebijakan di sekolah mengakomodasi keberagaman. Sebagai contoh, CGP dapat mengadakan acara perayaan keberagaman budaya di sekolah.

D. Mengutamakan Kesejahteraan Siswa

CGP harus menjadi sumber dukungan bagi siswa, baik secara fisik maupun emosional. Mereka harus mendengarkan masalah siswa dengan empati dan memberikan solusi yang tepat. Sebagai contoh, CGP dapat menyediakan ruang konseling di sekolah dan menjadwalkan sesi konseling reguler.

Baca Juga : Contoh Perilaku yang Perlu CGP Terus Lanjutkan

E. Memiliki Kemampuan Manajerial

Kemampuan manajerial yang baik adalah kunci untuk memimpin perubahan dalam dunia pendidikan. CGP harus efisien dalam merencanakan, mengorganisir, dan memantau inisiatif pendidikan. Mereka juga harus mengelola sumber daya dan anggaran dengan bijak. Sebagai contoh, CGP dapat mengimplementasikan sistem manajemen pengelolaan waktu dan anggaran yang efektif di sekolah.


F. Melibatkan Orang Tua dan Masyarakat

CGP harus memastikan keterlibatan aktif orang tua dan masyarakat dalam pendidikan. Mereka dapat mencapai hal ini melalui komunikasi terbuka, pertemuan rutin dengan orang tua, dan mengadakan acara sekolah terbuka untuk masyarakat sekitar. Sebagai contoh, CGP dapat mengadakan pertemuan rutin dengan komite orang tua dan mengundang masyarakat lokal untuk ikut serta dalam kegiatan sekolah.

G. Terus Belajar dan Berkembang

Pendidikan selalu berubah, maka CGP harus terus belajar dan mengembangkan diri. Mereka dapat menghadiri pelatihan, seminar, atau memperoleh gelar lanjutan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka. Sebagai contoh, CGP dapat mengikuti kursus online atau seminar pendidikan terkini.

H. Menjadi Contoh Positif

Sebagai pemimpin, CGP harus menjadi teladan positif bagi siswa dan staf sekolah. Mereka harus mempraktikkan etika tinggi, berkomunikasi dengan baik, dan menunjukkan dedikasi terhadap pendidikan. Sebagai contoh, CGP dapat secara konsisten menunjukkan integritas dalam mengambil keputusan dan berkomunikasi dengan jelas kepada seluruh anggota sekolah.

I. Mengukur dan Mengevaluasi Kinerja

CGP perlu menggunakan data dan evaluasi untuk memahami dampak dari inisiatif pendidikan yang mereka pimpin. Mereka harus siap untuk membuat perubahan jika diperlukan dan terus meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Sebagai contoh, CGP dapat menggunakan hasil ujian dan umpan balik dari siswa untuk menilai efektivitas metode pengajaran.

J. Memiliki Visi Jangka Panjang

Seorang CGP harus memiliki visi jangka panjang untuk sekolahnya. Mereka harus mampu menggambarkan arah yang mereka ingin tempuh dan memotivasi staf dan siswa untuk mencapai tujuan bersama. Sebagai contoh, CGP dapat mengadakan pertemuan visi bersama dengan staf sekolah untuk membahas tujuan jangka panjang dan strategi untuk mencapainya.

Penutup

Dengan mengimplementasikan perilaku-perilaku ini, seorang Calon Guru Penggerak akan mampu membawa perubahan positif dalam sistem pendidikan. Selain itu, mereka akan dapat beradaptasi dengan perubahan terus-menerus dalam dunia pendidikan, menciptakan lingkungan belajar yang optimal, dan meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Dengan demikian, masa depan pendidikan Indonesia akan menjadi lebih cerah dan berkualitas.

Related posts