Contoh Perilaku yang Perlu CGP Terus Lanjutkan

Logo Guru Penggerak

Contoh Perilaku yang Perlu CGP Terus Lanjutkan : Dalam dunia pendidikan, Guru adalah salah satu sosok yang memiliki peran penting dalam membentuk masa depan generasi penerus. Sebagai seorang Guru, seorang Certified Guru Pembelajaran (CGP) memiliki tanggung jawab besar untuk memastikan kualitas pembelajaran yang optimal, tidak hanya untuk diri mereka sendiri, tetapi juga untuk murid-murid mereka. Untuk mencapai tujuan ini, CGP perlu menjalankan berbagai perilaku yang mendukung pengembangan diri dan orang lain, kepemimpinan pembelajaran, manajemen sekolah, dan pengembangan sekolah. Artikel ini akan membahas beberapa contoh perilaku yang perlu CGP terus lanjutkan untuk mencapai kualitas pendidikan yang lebih baik.

A. Menunjukkan Praktik Pengembangan Diri Berdasarkan Kesadaran dan Kemauan Pribadi

  1. CGP Bertanya kepada Murid Hal Apa yang Sudah Baik dari Praktik Mengajar: Sebagai awal dari pengembangan diri, CGP perlu aktif berkomunikasi dengan muridnya. Bertanya kepada murid tentang hal-hal yang mereka anggap baik dalam praktik mengajar dapat membantu CGP untuk memahami apa yang telah berhasil dalam proses pembelajaran.
  2. CGP Mencatat Kelebihan dan Kekurangan Dalam Praktik Mengajar: Merencanakan pengembangan diri yang efektif memerlukan catatan tentang kelebihan dan kekurangan dalam praktik mengajar. Ini akan membantu CGP untuk fokus pada aspek yang perlu ditingkatkan.
  3. CGP Membuat Rencana Pengembangan Diri Berdasarkan Catatan CGP: Setelah mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan, CGP perlu membuat rencana pengembangan diri yang spesifik. Rencana ini harus mencakup langkah-langkah konkrit untuk meningkatkan praktik mengajar.
  4. CGP Membuat Rencana Tindak Lanjut untuk Perbaikan Praktik Mengajar: Tidak hanya mencukupkan pada perencanaan, CGP juga perlu memiliki tindak lanjut yang nyata untuk melaksanakan rencana pengembangan diri mereka. Ini bisa mencakup menghadiri pelatihan, mengadopsi metode pengajaran baru, atau bekerja sama dengan rekan sesama guru untuk berbagi praktik terbaik.

B. Mengembangkan Kompetensi Warga Sekolah untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran



  1. CGP Membantu Rekan Sesama Guru dalam Mengidentifikasi Persoalan Pembelajaran: Sebagai pemimpin pembelajaran, CGP perlu membantu rekan sesama guru dalam mengidentifikasi masalah atau hambatan dalam proses pembelajaran yang mempengaruhi kualitas pembelajaran.
  2. CGP Mengajak Rekan Sesama Guru untuk Mengikuti Pelatihan atau Program Pengembangan Diri Lainnya: Mengajak rekan sesama guru untuk mengikuti pelatihan atau program pengembangan diri adalah langkah penting dalam meningkatkan kompetensi mereka.

C. Berpartisipasi Aktif dalam Jejaring dan Organisasi Relevan dengan Kepemimpinan Sekolah untuk Mengembangkan Karier

  1. CGP Berpartisipasi Rutin dalam Kegiatan Pengembangan Diri di Organisasi atau Komunitas Profesi: Membangun jaringan dengan rekan sesama guru di berbagai organisasi dan komunitas profesi dapat membantu CGP untuk mendapatkan wawasan dan dukungan dalam pengembangan karier mereka.
  2. CGP Berinisiatif Menghasilkan Karya dari Hasil Kegiatan Jejaring dan Organisasi: Menghasilkan karya dari pengalaman dalam organisasi atau jejaring profesi dapat menjadi kontribusi berharga bagi perkembangan sektor pendidikan.

D. Menunjukkan Kematangan Spiritual, Moral, dan Emosi untuk Berperilaku Sesuai dengan Kode Etik

  1. CGP Mampu Mengelola Rasa Marah Saat Murid CGP Menunjukkan Perilaku yang Tidak Diharapkan: Mampu mengendalikan emosi saat menghadapi perilaku tidak diharapkan dari murid adalah tanda dari kematangan emosional dan moral seorang Guru.
  2. CGP Mendorong Murid untuk Memperbaiki Kondisi dan Belajar dari Kesalahannya Ketika Dia Melakukan Pelanggaran: Pendekatan yang positif dalam menghadapi kesalahan murid dapat membantu dalam mengembangkan kematangan moral dan memberikan kesempatan pada murid untuk belajar dari kesalahan mereka.

Penutup
Dalam upaya mencapai kualitas pembelajaran yang lebih baik, Certified Guru Pembelajaran (CGP) perlu menjalankan berbagai perilaku yang mendukung pengembangan diri mereka dan orang lain, kepemimpinan pembelajaran, manajemen sekolah, dan pengembangan sekolah. Dengan berfokus pada langkah-langkah konkret seperti yang telah disebutkan di atas, CGP dapat menjadi motor perubahan yang membawa perbaikan dalam dunia pendidikan. Pendidikan adalah investasi bagi masa depan, dan CGP memiliki peran kunci dalam mengarahkan arah masa depan yang lebih baik.

Related posts