Pedapatan adalah : Pengertian, Jenis, Sumber dan Faktor yang Mempengaruhinya

  • Whatsapp
Pedapatan adalah

Pendapatan Adalah | Pengertian Pendapatan | Jenis Pendapatan | Sumber Pendapatan | Konsep Pendapatan | Makalah Pendapatan |

Dalam kamus besar bahasa Indonesia pendapatan adalah hasil kerja (usaha atau sebagainya). Sedangkan pendapatan dalam kamus manajemen, pendapatan adalah uang yang diterima oleh perorangan, perusahaan dan organisasi lain dalam bentuk upah, gaji, sewa, bunga, komisi, ongkos dan laba.

Pengertian Pendapatan Menurut Para Ahli

Di bawah ini kumpulan pandangan ahli tentang pendapatan yang wislah.com kutip dan kumpulkan dari berbagai sumber:

  • Menurut Soemarso S.R , dalam bukunya “Akuntansi Suatu Pengantar. Edisi Lima”, Pendapatan adalah jumlah yang dibebankan kepada langganan untuk barang dan jasa yang dijual. Pendapatan adalah aliran masuk aktiva atau pengurangan utang yang diperoleh dari hasil penyerahan barang atau jasa kepada para pelanggan. Pendapatan adalah kenaikan modal perusahaan akibat penjualan produk perusahaan.
  • Menurut Sadono Sukirno, dalam bukunya “Teori Pengantar Mikro Ekonomi”, Pendapatan adalah pendapatan uang yang diterima dan diberikan kepada subjek ekonomi berdasarkan prestasi-prestasi yang diserahkan yaitu berupa pendapatan dari profesi yang dilakukan sendiri atau usaha perorangan dan pendapatan dari kekayaan. Besarnya pendapatan seseorang bergantung pada jenis pekerjaannya.
  • Menurut Rahardja dan Manurung, dalam bukunya “Teori Ekonomi Mikro: Suatu Pengantar”, Pendapatan adalah total penerimaan (uang dan bukan uang) seseorang atau suatu rumah tangga dalam periode tertentu.
  • Menurut  Mankiw , dalam bukunya “Pengantar ekonomi mikro (Principles of economics)” , pendapatan dirumuskan sebagai hasil perkalian antara jumlah unit yang terjual dengan harga per unit. Apabila dirumuskan secara matematis maka hasilnya adalah: TR = P x Q Dimana: TR = total revenue P = price Q = quantity.

Baca Juga : Merger Adalah : Pengertian, Jenis dan Alasan Perusahaan Melakukan Merger

Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan

Di bawah ini adalah penjelasan tentang beberapa faktor yang mempengaruhi pendapatan (seseorang), hal ini berdasar pada Boediono, dalam buknya “Pengantar Ekonomi”:

1. Jumlah faktor-faktor produksi yang dimiliki yang bersumber pada, hasil-hasil tabungan tahun ini dan warisan atau pemberian.

2. Harga per unit dari masing-masing faktor produksi, harga ini ditentukan oleh penawaran dan permintaan di pasar faktor produksi.

3. Hasil kegiatan anggota keluarga sebagai pekerjaan sampingan.

Baca Juga : Akuisisi Adalah : Pengertian, Tujuan, Jenis, Dasar Hukum dan Tahapannya

Dengan cara padangan yang berbeda, Mahyu Danil dalam artikelnya di Journal konomika Universitas Almuslim Bireuen Aceh, yang berjudul “Pengaruh Pendapatan Terhadap Tingkat Konsumsi pada Pegawai Negeri Sipil di Kantor Bupati Kabupaten Bireuen”,  menyebutkan beberapa faktor yang mempengaruhi pendapata adalah :

1. Kesempatan Kerja yang Tersedia

Semakin banyak kesempataan kerja yang tersedia berarti semakin banyak penghasilan yang bisa diperoleh dari hasil ketja tersebut.

2. Kecakapan dan Keahlian

Dengan bekal kecakapan dan keahlian yang tinggi akan dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas yang pada akhirnya berpengaruh pula terhadap penghasilan.

3. Motivasi

Motivasi atau dorongan juga mempengaruhi jumlah penghasilan yang diperoleh, semakin besar dorongan seseorang untuk melakukan pekerjaan, semakin besar pula penghasilan yang diperoleh.

4. Keuletan Bekerja

Pengertian keuletan dapat disamakan dengan ketekunan, keberanian untuk menghadapi segala macam tantangan. Bila saat menghadapi kegagalan maka kegagalan tersebut dujadikan sebagai bekal untuk meniti ke arah kesuksesan dan keberhasilan.

5. Banyak Sedikitnya Modal yang Digunakan

Besar kecilnya usaha yang dilakukan seseorang sangat dipengaruhi oleh besar kecilnya modal yang dipergunakan.

Baca Juga : Kinerja Keuangan Adalah ? Pengertian, Manfaat, dan Tujuannya

Jenis Jenis Pendapatan

Di bawah ini adalah kumpulkan penjelasan tentang jenis jenis pendapatan yang wislah.com kumpulkan dari berbagai sumber :

Rahardja dan Manurung dalam bukunya  “Teori Ekonomi Mikro: Suatu Pengantar”, membagi pendapatan menjadi tiga bentuk, yaitu:

Pendapatan Ekonomi

Pendapatan ekonomi adalah pendapatan yang diperoleh seseorang atau keluarga yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan tanpa mengurangi atau menambah asset bersih. Pendapatan ekonomi meliputi upah, gaji, pendapatan bunga deposito, pendapatan transfer dan lain-lain.

Pendapatan Uang

Pendapatan uang adalah sejumlah uang yang diperoleh seseorang atau keluarga pada suatu periode sebagai balas jasa terhadap faktor produksi yang diberikan. Misalnya sewa bangunan, sewa rumah, dan lain sebagainya.

Pendapatan Personal

Pendapatan personal adalah bagian dari pendapatan nasional sebagai hak individu-individu dalam perekonomian, yang merupakan balas jasa terhadap keikutsertaan individu dalam suatu proses produksi.

Berbeda dengan pembagian jenis pendapatan di atas, Tohar dalam bukunya Membuka Usaha Kecil, membagi pendapatan berdasar cara memperolehnya, yaitu :

1. Pendapatan Kotor, yaitu pendapatan yang diperoleh sebelum dikurangi dengan pengeluaran biaya-biaya.

2. Pendapatan Bersih, yaitu pendapatan yang diperoleh setelah dikurangi dengan pengeluaran biaya-biaya.

Baca Juga : Apa Itu Investasi ? Awas… Salah Pahami Konsepnya, Jadi Korban !

Sumber Pendapatan

Di bawah ini daftar sumber pendapatan yang diungkap oleh Rosy Pradipta Angga Purnama, dalam Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya yang berjudul “Analisis Pengaruh Modal, Tenaga Kerja, Lama Usaha dan Teknologi Proses Produksi Terhadap Produksi Kerajinan Kendang Jimbe di Kota Blitar”. Berberapa sumber pendapatan yang dimaksud adalah:

1. Pendapatan dari usaha, meliputi: hasil bersih dari hasil usaha sendiri, komisi dan penjualan;

2. Pendapatan dari investasi;

3.Pendapatan dari keuntungan sosial.

Rahardja dan Manurung dalam bukunya  “Teori Ekonomi Mikro: Suatu Pengantar”, membagi sumber pendapatan menjadi tiga bagian, yaitu :

1. Gaji dan Upah

Pendapatan dari gaji dan upah merupakan pendapatan sebagai balas jasa yang diterima seseorang atas kesediaannya menjadi tenaga kerja pada suatu organisasi.

2) Asset Produktif

Pendapatan dari asset produktif adalah pendapatan yang diterima oleh seseorang atas asset yang memberikan pemasukan sebagai balas jasa atas penggunaannya

3) Pendapatan dari Pemerintah

Pendapatan dari pemerintah merupakan penghasilan yang diperoleh seseorang bukan sebagai balas jasa atas input yang diberikan.

Related posts