Nasihat Imam al Ghazali : Sabar

  • Whatsapp
Nasihat Imam al Ghazali : Sabar

Wislahcom / Referensi / : Nasihat Imam al-Ghazali tentang sabar. Sabar terdiri dari beberapa bagian, yaitu (1) sabar dalam melakukan ketaatan kepada Allah, (2) sabar dalam menjahui larangan-larangan Allah, (3) sabar dalam menerima musibah.

Simak penjelasan singkat tentang : Sabar Dalam Melakukan Ketaatan Kepada Allah, Sabar Dalam Menjahui Larangan-Larangan Allah, dan Sabar Dalam Menerima Musibah.

Kesabaran Dalam Menjalani Ketaatan

Shalat lima waktu terus tiap hari dikerjakan tanpa ada rasa mengeluh sedikitpun. Sesibuk apapun tetap mengerjakannya. Separah apapun penyakit yang diderita, selama akal masih berfungsi, shalat tetap menjadi kewajiban. Saat bulan puasa, selama sebulan penuh bersabar menahan segala ujian lapar dan dahaga di siang hari. Dalam hal ibadah, semua dilakukan dengan senang hati tanpa ada rasa capek yang menghampiri.

Baca Juga :   Tasawuf ‘Amali : Pengertian, Nama, Ruang Lingkup, Tokoh, Ajaran, dan Metode

Sabar Dalam Menjauhi Larangan-Larangan Allah

Sungguh di dalam hati ada keinginan untuk melanggar larangan-larangan yang sudah digariskan agama, hanya saja kita dituntut untuk bersabar pada semua itu. Karena balasannya bagi mereka yang bersabar atas kemaksiatan adalah pahala.

Sabar Dalam Menerima Ujian

Ujian dari Allah Swt tetap harus disikapi dengan sabar. Hati harus qana’ah (menerima) ujian tersebut. Yakinlah, ujian yang diberikan pada makhluk sudah disesuaikan dengan kadar kemampuan yang dimiliki. Tidak mungkin Allah Swt menguji hambaNya melebihi batas keimanan yang dimiliki. Tiap-tiap hamba tingkat keimanannya tidak sama sehingga tingkat ujiannnya juga berbeda. Semakin tinggi keimanan yang dimiliki, maka semakin tinggi pula ujian yang akan diberikan.

Baca Juga :   Sejarah Perkembangan Tarekat : Tahap Khanaqah, Tahap Ṭariqah dan Tahap Ṭaifah

Related posts