Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA Halaman 72 Kurikulum Merdeka

KUNCI JAWABAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA Halaman 72 | Kurikulum Merdeka |

Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA Halaman 72 Kurikulum Merdeka

Pada postingan ini anda akan mendapatkan kunci jawaban dari Mata Pelajaran Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA Halaman 72

Tapi, bijaklah dalam memanfaatkan kunci jawaban dari tulisan ini.


Bagaimanapun fungsi pertanyaan dalam sebuah proses pembelajaran Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA adalah untuk mengukur daya serap dari berlangsungnya pembelajaran Sejarah.

Penting bagi guru tahu secara objektif pemahaman anda dari materi yang sampaikan oleh beliau.

Jadi anggap saja, Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA adalah bagian proses pembelajaran anda sebagai siswa mengenai materi yang sedang diajarkan.

Tapi jika, anda adalah orang tua dari siswa SMA, SMK, MA Kelas 10 yang sedang membantu anaknya untuk mengajarkan tugas.

Besar harapan kami (wislah.com), agar proses yang ada lakukan adalah bagian dari pendidikan anda untuk anak, agar lebih berkembang dalam memahami materi Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA.

Tapi jika anda adalah guru dari mata pelajaran Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA. Bapak/ibu guru yang sangat kami hormati, ini adalah kunci jawaban Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA dari soal yang ada dalam Buku Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA pada Halaman 72.

Bapak/Ibu guru bisa memanfaatkan wislah.com, karena isinya bukan hanya kunci jawaban yang ada dalam buku siswa Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA, tetapi kami juga berpartisi aktif dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka, dengan ikut serta membagikan berbagai hal tentang kurikulum ini, antara lain:

Semoga ini adalah bagian dari sumbangsih kami (wislah.com), ikut serta dalam memajukan kehidupan bangsa, terutama dalam bidang pendidikan, lebih khusus lagi penyebaran secara merata referensi untuk para pelajar di berbagai daerah di Indonesia.


Doakan kami (wislah.com) terus tumbuh dan berkembang, sehingga apa yang menjadi niatan kami bisa tercapai serta bermanfaat.

Baca Juga : Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA Halaman 62 Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA Halaman 72

  • Jelaskan tentang bagaimana sejarah tradisi Sasi!

Jawaban

Tradisi sasi diwariskan secara turun temurun sejak zaman dulu. Tradisi ini muncul karena masyarakat sadar ketersediaan ikan akan menipis bahkan habis jika tidak ada tindakan pelestarian. Masyarakat sangat menyadari kebutuhan mereka terhadap sumber daya laut sangat tinggi.

  • Mengapa terdapat tradisi Sasi?

Jawaban

Tradisi tersebut ada untuk menjaga kelestarian sumber daya laut khususnya ikan. Hal itu dilakukan supaya sumber daya laut tidak segera habis sehingga bisa terus dinikmati.

  • Jelaskan manfaat tradisi Sasi bagi kehidupan?

Jawaban

Penerapan tradisi sasi yang tepat akan menjadikan ekosistem laut senantiasa terjaga. Khususnya ikan-ikan yang ada di lautan. Hal itu karena ikan tidak lagi ditangkap sembarangan selama kurun waktu tertentu. Selain itu sasi juga akan melatih kesabaran karena masyarakat jadi harus menunggu sebelum menangkap ikan.

Baca Juga : Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA Halaman 54 Kurikulum Merdeka

  • Jelaskan tantangan dari tradisi Sasi pada masa kini?

Jawaban

Banyaknya orang-orang yang mengabaikan tradisi ini karena penangkapan ikan besar-besaran diperlukan untuk komersil.

  • Berikan pula solusi untuk mengatasi tantangan tersebut!

Jawaban

Diperlukan peningkatan kesadaran bagi masyarakat sekitar supaya lebih menghargai tradisi sasi. Selain itu sanksi yang tegas juga sangat penting untuk mencegah penangkapan ikan secara ilegal. Perhatikan tempat tinggal kalian, apakah memiliki tradisi serupa seperti tradisi Sasi?

  • Jika iya, jelaskan bagaimana sejarahnya, bagaimana tradisi tersebut dapat menjadi norma dan dampaknya bagi masyarakat di tempat kalian?

Jawaban

Untuk mengerjakan soal di atas peserta didik diberi kebebasan untuk menyebutkan tradisi apa saja. Kemudian jelaskan dampaknya bagi masyarakat sekitar. Jika memang tidak ada maka tidak perlu menjelaskan dan cukup beri jawaban tidak.

Baca Juga : Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA Halaman 50 Kurikulum Merdeka

Related posts