Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA Halaman 62 Kurikulum Merdeka

KUNCI JAWABAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA Halaman 62 | Kurikulum Merdeka |

Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA Halaman 62 Kurikulum Merdeka

Pada postingan ini anda akan mendapatkan kunci jawaban dari Mata Pelajaran Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA Halaman 62

Tapi, bijaklah dalam memanfaatkan kunci jawaban dari tulisan ini.


Bagaimanapun fungsi pertanyaan dalam sebuah proses pembelajaran Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA adalah untuk mengukur daya serap dari berlangsungnya pembelajaran Sejarah.

Penting bagi guru tahu secara objektif pemahaman anda dari materi yang sampaikan oleh beliau.

Jadi anggap saja, Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA adalah bagian proses pembelajaran anda sebagai siswa mengenai materi yang sedang diajarkan.

Tapi jika, anda adalah orang tua dari siswa SMA, SMK, MA Kelas 10 yang sedang membantu anaknya untuk mengajarkan tugas.

Besar harapan kami (wislah.com), agar proses yang ada lakukan adalah bagian dari pendidikan anda untuk anak, agar lebih berkembang dalam memahami materi Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA.

Tapi jika anda adalah guru dari mata pelajaran Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA. Bapak/ibu guru yang sangat kami hormati, ini adalah kunci jawaban Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA dari soal yang ada dalam Buku Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA pada Halaman 62.

Bapak/Ibu guru bisa memanfaatkan wislah.com, karena isinya bukan hanya kunci jawaban yang ada dalam buku siswa Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA, tetapi kami juga berpartisi aktif dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka, dengan ikut serta membagikan berbagai hal tentang kurikulum ini, antara lain:

Semoga ini adalah bagian dari sumbangsih kami (wislah.com), ikut serta dalam memajukan kehidupan bangsa, terutama dalam bidang pendidikan, lebih khusus lagi penyebaran secara merata referensi untuk para pelajar di berbagai daerah di Indonesia.

Doakan kami (wislah.com) terus tumbuh dan berkembang, sehingga apa yang menjadi niatan kami bisa tercapai serta bermanfaat.

Baca Juga : Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA Halaman 44, 45 Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA Halaman 62

1. Berdasarkan materi tentang jenis historiografi Indonesia, temukan perbedaan dan persamaan dari ketiga historiografi tersebut!

Jawaban:


a. Perbedaan yang terkandung di dalam ketiga historiografi yaitu sebagai berikut.

Historiografi tradisional, memuat ciri khas semacam ini:

  1. Berpusat pada istana, raja, dan bangsawan karena banyak menuliskan sejarah yang berkaitan dengan kekuasaan dan penguasa.
  2. Cenderung berpusat pada kedaerahan karena banyak menuliskan sejara suatu daerah tertentu.
  3. Bersifat religiosentris, yaitu membahas hal yang berkaitan dengan agama, kepercayaan, dan hal-hal yang dianggap sakral.
  4. Sumber historiografinya berupa tulisan karya raja-raja.

Historiografi kolonial, memiliki ciri khas antara lain:

  1. Berpusat pada Eropa atau Eropa-sentris, sehingga pembahasannya dalam tulisan sejarahnya adalah tentang berbagai bangsa Eropa yang pernah singgah dan bahkan berkuasa di Nusantara.
  2. Pandangannya cenderung berangkat dari kacamata bangsa Eropa, misalnya pada buku The History of Java karya Thomas Stamford Raffles.
  3. Bersifat Belanda-sentris, yaitu tulisan sejarah yang dibuat oleh sejarawan dan ilmuwan Belanda yang kuat dengan pandangan bangsa Belanda.
  4. Sumber sejarah historiografinya adalah arsip-arsip dari pemerintah Hindia Belanda.

Historiografi modern, mempunyai ciri khas seperti ini:

Bersifat Indonesia-sentris, contohnya yaitu tulisan berjudul Pemberontakan Petani di Banten Tahun 1888 karya Sartono Kartodirjo.

Membangun nasionalisme, sesuai yang dikemukakan oleh M. Yamin bahwa tujuan penulisan sejarah adalah untuk membangun kecintaan, rasa bangga, dan identitas suatu bangsa.

Tidak hanya berpusat pada tokoh-tokoh besar, tetapi juga menampilkan peran rakyat.

b. Persamaan ketiga jenis historiografi yaitu:

  1. Menceritakan peristiwa yang terjadi di masa sejarah.
  2. Dapat dijadikan rujukan untuk mengidentifikasi kronologi sejarah.
  3. Sumber historiografinya dapat berupa tulisan.
  4. Dapat dituliskan oleh sejarawan Indonesia maupun luar Indonesia.

Baca Juga : Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA Halaman 39, 40 Kurikulum Merdeka

2. Tuliskan pendapat dan alasan kalian, historiografi mana yang lebih baik?

Jawaban:

Historiografi yang lebih baik adalah historiografi modern. Hal ini karena di dalam historiografi modern melibatkan peran rakyat di dalam sejarah. Rakyat sebagai subjek yang memperoleh penindasan akan mengungkapkan sejarah sebagaimana yang mereka rasakan. Berbeda halnya dengan historiografi yang ditulis bangsa asing. Tulisan mereka akan cenderung memihak bangsanya.

Pada dasarnya, sulit menentukan atau menemukan historiografi yang benar-benar objektif dalam menggambarkan situasi sejarah. Sejarawan bisa saja memiliki kecenderungan dan sisi subjektif dalam menuliskan historiografi. Oleh karena itu, meskipun berpendapat bahwa historiografi modern adalah yang lebih baik, akan tetapi tetap perlu mengetahui historiografi lainnya. Dengan begitu, akan didapatkan sudut pandang dari berbagai pihak dan pengetahuan mengenai sejarah akan lebih banyak didapatkan.

Baca Juga : Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA Halaman 43 Kurikulum Merdeka

Related posts