Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA Halaman 44, 45 Kurikulum Merdeka

KUNCI JAWABAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA Halaman 44, 45 | Kurikulum Merdeka |

Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA Halaman 44, 45 Kurikulum Merdeka

Pada postingan ini anda akan mendapatkan kunci jawaban dari Mata Pelajaran Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA Halaman 44, 45

Tapi, bijaklah dalam memanfaatkan kunci jawaban dari tulisan ini.


Bagaimanapun fungsi pertanyaan dalam sebuah proses pembelajaran Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA adalah untuk mengukur daya serap dari berlangsungnya pembelajaran Sejarah.

Penting bagi guru tahu secara objektif pemahaman anda dari materi yang sampaikan oleh beliau.

Jadi anggap saja, Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA adalah bagian proses pembelajaran anda sebagai siswa mengenai materi yang sedang diajarkan.

Tapi jika, anda adalah orang tua dari siswa SMA, SMK, MA Kelas 10 yang sedang membantu anaknya untuk mengajarkan tugas.

Besar harapan kami (wislah.com), agar proses yang ada lakukan adalah bagian dari pendidikan anda untuk anak, agar lebih berkembang dalam memahami materi Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA.

Tapi jika anda adalah guru dari mata pelajaran Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA. Bapak/ibu guru yang sangat kami hormati, ini adalah kunci jawaban Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA dari soal yang ada dalam Buku Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA pada Halaman 44, 45.

Bapak/Ibu guru bisa memanfaatkan wislah.com, karena isinya bukan hanya kunci jawaban yang ada dalam buku siswa Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA, tetapi kami juga berpartisi aktif dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka, dengan ikut serta membagikan berbagai hal tentang kurikulum ini, antara lain:

Semoga ini adalah bagian dari sumbangsih kami (wislah.com), ikut serta dalam memajukan kehidupan bangsa, terutama dalam bidang pendidikan, lebih khusus lagi penyebaran secara merata referensi untuk para pelajar di berbagai daerah di Indonesia.

Doakan kami (wislah.com) terus tumbuh dan berkembang, sehingga apa yang menjadi niatan kami bisa tercapai serta bermanfaat.

Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA Halaman 44, 45

Uji Kompetensi

Coba kamu identifikasikan peninggalan sejarah berupa benda dan karya seni yang dapat dikategorikan sebagai tinggalan masa proto sejarah.

Adakah manfaat dari peninggalan tersebut bagi kehidupan manusia sekarang? Menurut pendapat kamu, bagaimana peninggalan tersebut bisa menyebar ke berbagai wilayah di Indonesia bahkan sampai ke luar wilayah Indonesia?

Untuk mengerjakan soal di atas maka kamu dapat melakukan beberapa tahapan sebagai berikut:

1. Identifikasi permasalahan yang menurut kamu menarik untuk diteliti, yaitu merumuskan masalah (biasanya dalam bentuk kalimat pertanyaan), seperti dimanakah manusia praaksara biasanya


tinggal? Bagaimana mereka bisa mempertahankan kehidupannya? dan lain-lain sebagainya, kamu dapat mendiskusikan dengan teman-teman kamu!

Jawaban:

Identifikasi permasalahan dari tempat tinggal manusia praaksara

Manusia pra-aksara merupakan manusia pada suatu zaman dimana pada zaman itu mereka belum mengenal adanya tulisan.

Masa pra-aksara ini sendiri juga dimulai semenjak manusia berada di muka bumi sampai mereka mengenal adanya tulisan.

Pola hunian pada zaman pra aksara ini umumnya telah memiliki suatu karakter yang khas. Karakter khas tersebut, yaitu:

1. Terdapat suatu kedekatan dengan sumber mata air

2. Mereka memilih untuk dapat hidup di alam terbuka.

Untuk dapat bertahan hidup, umumnya manusia praaksara akan melakukan gaya hidup nomaden maupun berpindah tempat.

Hal ini bergantung pada wilayah yang menyediakan kebutuhan bahan makanan hingga binatang buruan.

Selain itu, mereka akan membagi kelompok dimana laki-laki akan memiliki tugas untuk mencari makanan dan perempuan akan mengurus anak dan mempersiapkan bahan makanan.

Dari penjelasan di atas dapat di ketahui bahwa tempat tinggal manusia praaksara adalah:

1. Berada di alam terbuka

2. Dekat dengan sumber mata air

Untuk dapat bertahan hidup mereka akan:

1. Hidup secara nomaden

2. Hidup secara berkelompok

2. Setelah itu carilah sumber-sumber yang menjelaskan tentang permasalahan yang akan diteliti. Caranya dengan mencari dari internet, buku-buku bacaan, kliping koran, foto-foto, ilustrasi dan wawancara dengan tokoh masyarakat yang kamu anggap mengetahui permasalahan.

Jawaban:

Teknik penelusuran permasalahan atas peristiwa sejarah yang terjadi, dapat dilakukan dengan menggunakan teknik heuristik yang dimana mencari dan mendapatkan dari sumber lisan, dan sumber tulisan.

3. Setelah kamu temukan sumber-sumber tersebut, lakukan perbandingan antara sumber yang satu dengan yang lain untuk mencari kebenaran. Jika dari bacaan terdapat dua atau lebih sumber yang menyatakan hal yang sama maka bisa saja kita anggap sumber tersebut mendekati kebenaran.

Jawaban:

Dalam mencari suatu kebenaran berdasarkan sumber tulisan dapat kita lakukan dengan melakukan intepretasi yang berdasarkanteori relevansi terhadap suatu data tulisan yang identik sama. Jika kedua data tersebut sama, maka akan relevan dikatakan sebagai suatu kebenaran.

4. Apabila di daerah tempat tinggal kamu terdapat peninggalan sejarah yang diduga tinggalan masa praaksara, kamu bersama teman-teman dapat mengunjungi situs tersebut untuk meyakinkan pendapat kamu. Setelah itu barulah kamu rumuskan dalam bentuk tulisan yang runtut sekitar 3 – 5 lembar tulisan.

Jawaban:

Masa praaksara adalah sebuah zaman dimana manusia belum mengenal tulisan dan hidup masih sangat sederhana. Kehidupan masa praaksara dimulai dari zaman Paleolithikum dimana seluruh kebudayaan yang manusia pruba miliki masih sangat sederhana.

Batu dan tulang menjadi alat utama mereka dalam berburu dan meramu yang membuat mereka dapat bertahan hidup.

Indonesia adalah negara yang memiliki banyak kebudayaan dimana berbagai kebudayaan dari bangsa lain masuk dan bercampur dengan kebudayaan bangsa Indonesia.

Kebudayaan Bacson-Hoabinh, Dongson, Sa-Hyunh, Pacitan, dan Ngandong adalah kebudayaan yang ditemukan di wilayah Indonesia dan mempengaruhi kebudayaan sebelumnya.

Hal ini banyak ditemukan di wilayah Sangiran dan Semedo yang merupakan salah satu contoh peninggalan manusia purba pada masa Palolithikum.

Related posts