Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA Halaman 50 Kurikulum Merdeka

KUNCI JAWABAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR

Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA Halaman 50 | Kurikulum Merdeka |

Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA Halaman 50 Kurikulum Merdeka

Pada postingan ini anda akan mendapatkan kunci jawaban dari Mata Pelajaran Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA Halaman 50

Tapi, bijaklah dalam memanfaatkan kunci jawaban dari tulisan ini.


Bagaimanapun fungsi pertanyaan dalam sebuah proses pembelajaran Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA adalah untuk mengukur daya serap dari berlangsungnya pembelajaran Sejarah.

Penting bagi guru tahu secara objektif pemahaman anda dari materi yang sampaikan oleh beliau.

Jadi anggap saja, Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA adalah bagian proses pembelajaran anda sebagai siswa mengenai materi yang sedang diajarkan.

Tapi jika, anda adalah orang tua dari siswa SMA, SMK, MA Kelas 10 yang sedang membantu anaknya untuk mengajarkan tugas.

Besar harapan kami (wislah.com), agar proses yang ada lakukan adalah bagian dari pendidikan anda untuk anak, agar lebih berkembang dalam memahami materi Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA.

Tapi jika anda adalah guru dari mata pelajaran Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA. Bapak/ibu guru yang sangat kami hormati, ini adalah kunci jawaban Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA dari soal yang ada dalam Buku Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA pada Halaman 50.

Bapak/Ibu guru bisa memanfaatkan wislah.com, karena isinya bukan hanya kunci jawaban yang ada dalam buku siswa Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA, tetapi kami juga berpartisi aktif dalam pelaksanaan Kurikulum Merdeka, dengan ikut serta membagikan berbagai hal tentang kurikulum ini, antara lain:

Semoga ini adalah bagian dari sumbangsih kami (wislah.com), ikut serta dalam memajukan kehidupan bangsa, terutama dalam bidang pendidikan, lebih khusus lagi penyebaran secara merata referensi untuk para pelajar di berbagai daerah di Indonesia.

Doakan kami (wislah.com) terus tumbuh dan berkembang, sehingga apa yang menjadi niatan kami bisa tercapai serta bermanfaat.


Baca Juga : Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA Halaman 14, 15, 16, 17 Kurikulum Merdeka

Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA Halaman 50

Aktivitas 7

1. Analisislah Sumber Daya Alam (SDA) Kepulauan Banda pada abad ke 6 yang menjadi daya tarik berbagai bangsa datang ke kepulauan itu? Jelaskan pula manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari kalian?

Jawaban:

Sumber Daya Alam yang dimiliki Kepulauan Banda dan menjadi daya tarik yaitu pala. Pala mempunyai beberapa manfaat dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya: Biji dan fulinya memproduksi minyak etheris dan lemak khusus yang bermanfaat dalam industri makanan kaleng dan pengawetan ikan. Daging buah-buahnya dijadikan manisan atau asinan. Kulit serta daunnya menghasilkan minyak atsiri yang lazim digunakan sebagai bahan baku sabun, obat-obatan, dan kosmetik.

Buahnya digunakan sebagai obat tradisional, antara lain untuk menghilangkan mag, melancarkan pencernaan dan peredaran darah, meredakan asam lambung, memulihkan batuk/ serak, mencegah leukimia dan anemia, menormalkan tekanan darah, hinga rematik.

2. Kegiatan ekonomi apa yang menonjol di Kepulauan Banda? Jelaskan!

Jawaban:

Kegiatan ekonomi yang menonjol di Kepulauan Banda yaitu jual beli pala, terutama dengan bangsa Arab. Pala kemudian dikirimkan oleh pedagang Arab ke Venesia. Selain jual beli pala, ada pula kegiatan ekonomi berupa perdagangan hasil bumi lainnya yang biasa terjadi antara orang-orang Banda dengan pedagang dari Jawa, Makassar, dan Inggris.

Baca Juga : Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA Halaman 7 Kurikulum Merdeka

3. Jelaskan bagaimana reaksi rakyat Banda menyikapi berbagai bangsa Eropa yang datang ke Kepulauan Banda?

Jawaban:

Reaksi rakyat Banda menentang kedatangan bangsa Eropa, karena mereka menerapkan praktik monopoli perdagangan di Kepulauan Banda. Selain itu, bangsa Eropa juga bersikap arogan dan melakukan kekejaman serta perbudakan di Kepulauan Banda sehingga mengakibatkan belasan ribu orang meregang nyawa.

4. Jelaskan hubungan antara Pulau Run (salah satu pulau di Kepulauan Banda) dan Manhattan, New York, pada tahun 1667?

Jawaban: Hubungan antara kedua pulau tersebut tercantum di dalam Perjanjian Breda pada 1667. Melalui perjanjian itu, Inggris bersedia memberikan Pulau Run ke Belanda, sebagai gantinya Belanda menyerahkan Pulau Manhattan di New York. Alhasil, perjanjian tersebut memuluskan monopoli VOC atas perdagangan pala global.

Baca Juga : Kunci Jawaban Sejarah Kelas 10 SMA, SMK, MA Halaman 8 Kurikulum Merdeka

Related posts