11 Pengertian Teks Deskripsi, Struktur, Ciri, Teknis, dan Pola Pengembangan

  • Whatsapp
Pengertian Teks Deskripsi, Struktur, Ciri, Teknis, dan Pola Pengembangan

Teks Deskripsi  Adalah | Pengertian Teks Deskripsi Menurut Para Ahli | Struktur Teks Deskripsi | Ciri Teks Deskripsi | Teknis Teks Deskripsi | Pola Pengembangan Teks Deskripsi |

Pengertian Teks Deskripsi Menurut Para Ahli

Berikut adalah sejumlah definsi teks deskripsi menurut para ahli:



  1. Menurut Minarni Try Astuti, teks deskripsi adalah teks yang berisi pemaparan atau penggambaran yang detail seolah-olah pembaca dapat membayangkan objek atau tempat yang digambarkan dalam teks tersebut.
  2. Menurut Heriyanto, S.Pd., M.Pd, teks Deskripsi adalah pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata secara jelas dan terperinci.
  3. Menurut Finoza, teks deskripsi adalah bentuk tulisan yang bertujuan memperluas pengetahuan dan pengalaman pembaca dengan jalan melukiskan hakikat objek yang sebenarnya.
  4. Menurut Agus Sasono, teks deskripsi adalah karangan yang memberikan gambaran atau kesan terhadap objek, tempat, gagasan, peristiwa, dan semacamnya yang ingin disampaikan oleh penulis.
  5. Menurut Hari Wibowo, teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan suatu objek atau keadaan tertentu dengan serinci-rincinya.
  6. Menurut Andi Anugrah M, ‎Jihad Talib, ‎Asdar, teks deskripsi adalah sebuah teks yang mendeskripsikan secara maksimal tentang sebuah obyek.
  7. Menurut Lenang Manggala, teks deskripsi adalah sebuah teks yang memaparkan, memberikan gambaran.
  8. Menurut Wardiman, teks deskripsi adalah sebuah teks yang mendeskripsikan bagian-bagian seseorang, sesuatu, dan tempat tertentu.
  9. Menurut Priyana, teks deskripsi yaitu mendeskripsikan karakter dari sesuatu secara spesifik seperti orang, hewan, atau benda secara spesifik.
  10. Menurut Priyatni, teks deskripsi adalah teks yang memaparkan suatu objek/ hal/ keadaan sehingga pendengar atau pembaca seolah-olah melihat atau merasakan hal yang dipaparkan.
  11. Menurut Isnatun, teks deskripsi adalah teks yang menggambarkan suatu objek (seseorang, benda, tempat, atau hal) yang digambarkan, baik secara kenampakan, bau, suara, sifat, atau tekstur dari objek tersebut.
Baca Juga :   Karamah : Pengertian, Dalil Naqli, Tujuan, Jenis dan Contoh

Struktur Teks Deskripsi

Berikut adalah penjelasan tentang teks deskripsi:





Identifikasi / Gambaran Umum

Identifikasi pada teks deskripsi berisi nama objek yang akan dideskripsikan, dapat berupa pembahasan tentang lokasi keberadaan, asal usul, makna nama, atau pernyataan umum tentang objeknya. Jadi, pada bagian identifikasi ini terdapat gambaran secara umum tentang objek yang akan dibahas dan dijelaskan secara rinci.

Deskripsi Bagian

Deskripsi bagian merupakan struktur teks deskripsi yang berisi penggolongan objek yang dipaparkan dengan penjelasan lebih rinci pada bagian-bagian objek berdasarkan tanggapan subjektif dari penulis. Pada bagian ini objek dibahas secara mendalam dan runtut.

Simpulan

Bagian simpulan ini menjadi penutup dari teks deskripsi dan bersifat opsional, artinya boleh ada dan boleh tidak. Bagian struktur ini diisikan kesan penulis atau nasihat secara umum tentang objek yang sudah dideskripsikan.

Baca Juga :   Nilai Sosial : Pengertian, Ciri, Tolak Ukur, Sumber, Jenis, Macam dan Fungsi

Ciri Teks Deskripsi

Berikut adalah penjelasan tentang teks deskripsi:  

  • Isi teks deskripsi terperinci sehingga menjadi perincian bagian-bagian objek.
  • Isi teks deskripsi menggambarkan secara konkret, misalnya keindahan tempat wisata dikonkretkan seperti apa; kebaikan watak tokoh dikonkretkan seperti apa.
  • Isi teks deskripsi sifatnya personal dengan penggunaan kata-kata yang mengandung unsur emosi yang kuat.

Teknis Teks Deskripsi

Berikut adalah penjelasan tentang teknis teks deskripsi:

Teknis Teks Deskripsi Menurut Dalman

Teknik atau pola dalam menulis deskripsi terbagi menjadi 4, yaitu:

  • Deskripsi objektif, adalah karangan deskripsi yang dalam penggambaran objeknya tidak disertai dengan opini penulis.
  • Deskripsi subjektif, adalah karangan deskripsi yang dalam penggambaran objeknya disertai dengan opini penulis.
  • Deskripsi spasial, adalah karangan yang menggambarkan objek secara detail khususnya ruangan, benda, dan tempat.
  • Deskripsi waktu, adalah karangan yang dikembangkan berdasarkan waktu peristiwa cerita tersebut.
Baca Juga :   Puasa Ramadhan : Pengertian, Syarat, Rukun, Sunnah, dan Hikmah

Pola Pengembangan Teks Deskripsi

Pola pengembangan teks deskripsi ada empat macam, yaitu:  

  • Pola pengembangan deskriptif spasial: pola pengembangan paragraf dengan objek berupa space atau ruang.
  • Pola pengembangan deskriptif subjektif: pola pengembangan dengan cara menggambarkan objek sesuai penafsiran dengan disertai kesan atau opini dari penulis.
  • Pola pengembangan deskriptif objektif: pola pengembangan dengan cara menggambarkan objek secara apa adanya tanpa disertai opini penulis.


Related posts