Surah An-Nisa Ayat 58-59 : Bacaan, Terjemah, Mufradat dan Isi Kandungan

  • Whatsapp
Surah An-Nisa Ayat 58-59 : Bacaan, Terjemah, Mufradat dan Isi Kandungan


Surah An-Nisa Ayat 58-59 | Bacaan Surah An-Nisa Ayat 58-59 | Terjemah Surah An-Nisa Ayat 58-59 | Mufradat Surah An-Nisa Ayat 58-59 | Isi Kandungan Surah An-Nisa Ayat 58-59 | Wislahcom | Referensi |

Bacaan Surah An-Nisa Ayat 58-59

اِنَّ اللّٰهَ يَأْمُرُكُمْ اَنْ تُؤَدُّوا الْاَمٰنٰتِ اِلٰٓى اَهْلِهَاۙ وَاِذَا حَكَمْتُمْ بَيْنَ النَّاسِ اَنْ تَحْكُمُوْا بِالْعَدْلِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ نِعِمَّا يَعِظُكُمْ بِهٖ ۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ سَمِيْعًاۢ بَصِيْرًا

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَطِيْعُوا اللّٰهَ وَاَطِيْعُوا الرَّسُوْلَ وَاُولِى الْاَمْرِ مِنْكُمْۚ فَاِنْ تَنَازَعْتُمْ فِيْ شَيْءٍ فَرُدُّوْهُ اِلَى اللّٰهِ وَالرَّسُوْلِ اِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِۗ ذٰلِكَ خَيْرٌ وَّاَحْسَنُ تَأْوِيْلًا



Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Cinta Tanah Air

Terjemah Surah An-Nisa Ayat 58-59

Sungguh Allah menyuruhmu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan apabila kamu menetapkan hukum di antara manusia hendaknya kamu menetapkannya dengan adil. Sungguh, Allah sebaik-baik yang memberi pengajaran kepadamu. Sungguh, Allah Maha Mendengar, Maha Melihat.

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Cemburu



Wahai orang-orang yang beriman! Ta`atilah Allah dan ta`atilah Rasul (Muhammad), dan Ulil Amri (pemegang kekuasaan) di antara kamu. Kemudian, jika kamu berbeda pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah kepada Allah (Al-Qur`an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Sosial Kemasyarakatan

Mufradat Surah An-Nisa Ayat 58-59

menyuruhmuيَأْمُرُكُمْ
menyampaikanاَنْ تُؤَدُّوا
amanatالْاَمٰنٰتِ
kepada yang berhak menerimanyaاِلٰٓى اَهْلِهَاۙ
dan apabila kamu menetapkan hukumوَاِذَا حَكَمْتُمْ
hendaknya kamu menetapkannyaاَنْ تَحْكُمُوْا
dengan adilبِالْعَدْلِ
Maha Mendengarسَمِيْعًاۢ
Maha Melihatبَصِيْرًا
ta`atilahاَطِيْعُوا
jika kamu berbeda pendapatفَاِنْ تَنَازَعْتُمْ
lebih utamaفَرُدُّوْهُ
dan lebih baikوَّاَحْسَنُ
akibatnyaتَأْوِيْلًا

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Sedekah



Isi Kandungan Surah An-Nisa Ayat 58-59

Ayat 58 memerintahkan kepada orang-orang mukmin agar menyampaikan amanat (dalam segala urusan, baik yang berkaitan dengan urusan agama maupun urusan dunia dan mu’amalat) kepada orang yang berhak.

Kata al-amanat  َadalah sesuatu yang diserahkan kepada pihak lain untuk dipelihara dan dikembalikan bila tiba saatnya atau bila diminta oleh pemiliknya, atau sesuatu yang dipercayakan kepada orang untuk dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Amanah adalah lawan dari khianat. la tidak diberikan kecuali kepada orang yang dinilai oleh pemberinya dapat memelihara dengan baik apa yang diberikannya itu. setiap manusia telah menerima amanah secara potensial sebelum kelahirannya dan secara aktual sejak dia akil baligh.

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Sabar

Orang yang menjaga dan menyampaikan amanat dinamakan ḥafiẓ (orang yang menjaga), amin (orang yang dipercaya) dan wafiy (orang yang memenuhi), sedangkan yang tidak menjaga dan tidak menyampaikannya disebut pengkhianat. Allah Swt.

Amanat terdiri dari tiga macam, yaitu : Pertama, amanat Allah Swt. kepada hamba-Nya, antara lain melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Kedua, amanat seseorang kepada sesamanya, seperti mengembalikan titipan kepada yang punya dengan tidak kurang sedikitpun. Amanat ini meliputi :

  • Sifat adil penguasa terhadap rakyat, dalam bidang apapun dengan tidak membeda-bedakan antara satu dengan yang lain di dalam pelaksanaan hukum, sekalipun terhadap keluarga dan anak.
  • Sifat adil ulama (orang yang berilmu pengetahuan) terhadap orang awam yaitu mengeluarkan fatwa yang benar dan bermanfaat di dalam melaksanakan syari’at dan ketentuan Allah Swt. baik di dunia maupun di akhirat.
  • Sifat adil suami terhadap istri atau sebaliknya, seperti melaksanakan kewajiban masing-masing dan saling menjaga rahasia.

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Negara

Ketiga, amanat terhadap diri sendiri, seperti berbuat yang bermanfaat dan tidak berbuat yang madarat.

Ajaran yang sangat baik ini yaitu melaksanakan amanah dan hukum dengan seadil-adilnya, jangan sekali-kali diabaikan, tetapi hendaklah diindahkan, diperhatikan dan diterapkan dalam hidup dan kehidupan kita, untuk dapat mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Allah Swt. mendengar keputusan apabila kamu memutuskan dengan adil dan melihat kamu apabila kamu menunaikan amanat dan akan memberikan balasan kepadamu.

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Cobaan

Ayat 59 memerintahkan agar kaum Muslimin taat dan patuh kepada-Nya, kepada Rasul-Nya dan kepada orang yang memegang kekuasaan di antara mereka agar tercipta kemaslahatan umum dan keadilan. Caranya adalah :

  1. Taat dan patuh kepada Allah Swt dengan mengamalkan isi AlQur`an secara ikhlas dan yakin bahwa segala yang diperintahkan Allah Swt itu mengandung maslahat dan apa yang dilarang-Nya mengandung mudarat.
  2. Melaksanakan ajaran yang dibawa Rasulullah Saw.
  3. Patuh kepada ketetapan uli al-amr (Ijma’). Apabila mereka telah memutuskan suatu hal, maka kaum Muslimin wajib menaatinya, dengan syarat keputusan itu tidak bertentangan dengan Al-Qur`an dan Hadis. Apabila bertentangan maka wajib menentangnya, karena tidak boleh menaati dosa dan maksiat kepada Allah Swt.
  4. Jika ada sesuatu yang diperselisihkan dan tidak mencapai kata sepakat, maka wajib dikembalikan kepada Al-Qur`an dan hadis, jika tidak ditemukan juga, maka dengan jalan Qiyas. Hal ini dapat dilakukan oleh orang-orang yang berilmu pengetahuan dan memahami isi Al-Qur`an dan Hadis.

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Cinta, Jodoh dan Pernikahan

Related posts