Ayat Ayat Al Quran Tentang Sabar

  • Whatsapp
Ayat Ayat Al Quran


Ayat Tentang Sabar | Ayat Ayat Al Quran Tentang Sabar | Surat As Syura Ayat 43 | Surat Az zumar Ayat 10 | Surat Al Lukman Ayat 17 | Bacaan | Arti | Terjemahan | Makna | Tafsir |  

Ayat Al Quran Tentang Sabar Surat As Syura Ayat 43

Bacaan Surat As Syura Ayat 43

 ࣖ وَلَمَنْ صَبَرَ وَغَفَرَ اِنَّ ذٰلِكَ لَمِنْ عَزْمِ الْاُمُوْرِ  

Latin Surat as Syura Ayat 43

Wa laman shabara wa gafara inna lika lamin ‘azmil-umµr(i).



Terjemah Surat as Syura Ayat 43

“ Tetapi barangsiapa berSabar dan memaafkan, sungguh yang demikian itu termasuk perbuatan yang mulia.”.

Makna Surat as Syura Ayat 43

Dalam karangan salah satu dari Imam Jalaludi as-suyuti yakni kitab tafsir jalalain menyebutkan makna dari Surat as  Syura Ayat 43. (Tetapi orang yang berSabar) dan ia tidak membela dirinya atau tidak menuntut balas (dan memaafkan) memaafkan kelaliman orang lain terhadap dirinya (sesungguhnya yang demikian itu) yaitu Sabar dan pemaaf (termasuk hal-hal yang diutamakan) yang dianjurkan oleh syariat.

Ayat Al Quran Tentang Sabar Surat Az zumar Ayat 10

Bacaan Surat Az zumar Ayat 10

قُلْ يَٰعِبَادِ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱتَّقُوا۟ رَبَّكُمْ ۚ لِلَّذِينَ أَحْسَنُوا۟ فِى هَٰذِهِ ٱلدُّنْيَا حَسَنَةٌ ۗ وَأَرْضُ ٱللَّهِ وَٰسِعَةٌ ۗ إِنَّمَا يُوَفَّى ٱلصَّٰبِرُونَ أَجْرَهُم بِغَيْرِ حِسَابٍ



Latin Surat Az zumar Ayat 10

qul yā ‘ibādillażīna āmanuttaqụ rabbakum, lillażīna aḥsanụ fī hāżihid-dun-yā ḥasanah, wa arḍullāhi wāsi’ah, innamā yuwaffaṣ-ṣābirụna ajrahum bigairi ḥisāb

Terjemah Surat Az zumar Ayat 10

Katakanlah (Muhammad), “Wahai hamba-hamba-Ku yang beriman! Bertakwalah kepada Tuhanmu.” Bagi orang-orang yang berbuat baik di dunia ini akan memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu luas. Hanya orang-orang yang berSabarlah yang disempurnakan pahalanya tanpa batas.

Makna Surat Az zumar Ayat 10

Dalam kitab Tafsir Jalalain menyebutkan makna perihal Surat az zumar Ayat 10. (Katakanlah, “Hai hamba-hamba-Ku yang beriman, bertakwalah kalian kepada Rabb kalian”) takutlah kalian akan azab-Nya, yaitu dengan jalan menaati-Nya. (Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh) melalui jalan ketaatan kepada Rabbnya (kebaikan) yakni surga. (Dan bumi Allah itu adalah luas) maka hijrahlah ke negeri yang lain meninggalkan orang-orang kafir demi menghindarkan diri dari menyaksikan hal-hal yang mungkar. (Sesungguhnya orang-orang yang berSabarlah yang dicukupkan) yang Sabar di dalam menjalankan ketaatan dan Sabar di dalam menahan ujian yang menimpa diri mereka (pahala mereka tanpa batas) yakni tanpa memakai neraca dan timbangan lagi.



Ayat Al Quran Tentang Sabar Surat Al Lukman Ayat 17

Bacaan Surat Al Lukman Ayat 17

يٰبُنَيَّ اَقِمِ الصَّلٰوةَ وَأْمُرْ بِالْمَعْرُوْفِ وَانْهَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَاصْبِرْ عَلٰى مَآ اَصَابَكَۗ اِنَّ ذٰلِكَ مِنْ عَزْمِ الْاُمُوْرِ

Latin Surat Al Lukman Ayat 17

yā bunayya aqimiṣ-ṣalāta wa`mur bil-ma’rụfi wan-ha ‘anil-mungkari waṣbir ‘alā mā aṣābak, inna żālika min ‘azmil-umụr

Terjemah Surat Al Lukman Ayat 17

Wahai anakku! Laksanakanlah salat dan suruhlah (manusia) berbuat yang makruf dan cegahlah (mereka) dari yang mungkar dan berSabarlah terhadap apa yang menimpamu, sesungguhnya yang demikian itu termasuk perkara yang penting.

Makna Surat Al Lukman Ayat 17

Dalam kitab tafsir Jalalain menyebutkan makna yang terkandung dalam Surat Al Luqman Ayat 17. (Hai anakku, dirikanlah salat dan suruhlah manusia mengerjakan yang baik dan cegahlah mereka dari perbuatan mungkar serta berSabarlah terhadap apa yang menimpa kamu) disebabkan amar makruf dan nahi mungkarmu itu. (Sesungguhnya yang demikian itu) hal yang telah disebutkan itu (termasuk hal-hal yang ditekankan untuk diamalkan) karena mengingat hal-hal tersebut merupakan hal-hal yang wajib.

Ayat Al Quran Tentang Sabar Surat Al Furqan Ayat 75

Bacaaan Surat Al Furqan Ayat 75

اُولٰۤىِٕكَ يُجْزَوْنَ الْغُرْفَةَ بِمَا صَبَرُوْا وَيُلَقَّوْنَ فِيْهَا تَحِيَّةً وَّسَلٰمًا ۙ

Latin Surat Al Furqan Ayat 75

ulā`ika yujzaunal-gurfata bimā ṣabarụ wa yulaqqauna fīhā taḥiyyataw wa salāmā

Terjemah Surat Al Furqan Ayat 75

Mereka itu akan diberi balasan dengan tempat yang tinggi (dalam surga) atas keSabaran mereka, dan di sana mereka akan disambut dengan penghormatan dan salam.

Makna Surat Al Furqan Ayat 75

terdapat dalam kitab Jalalain yang menerangkan bahwa dalam Surat Al Furqan Ayat 75 mengandung makna sebagai berikut. (Mereka itulah orang-orang yang dibalasi dengan martabat yang tinggi) di surga kelak (karena keSabaran mereka) di dalam menjalankan taat kepada Allah (dan mereka disambut) dapat dibaca Yulaqqauna dengan memakai Tasydid, sebagaimana dapat pula dibaca Yalqauna (di dalamnya) yakni di surga yang paling tinggi martabatnya itu (dengan penghormatan dan ucapan selamat) dari para Malaikat.

Related posts