Surah Al-Maidah Ayat 8-10 : Bacaan, Terjemah, Mufradat dan Isi Kandungan

  • Whatsapp
Surah Al-Maidah Ayat 8-10 : Bacaan, Terjemah, Mufradat dan Isi Kandungan


Surah Al-Maidah Ayat 8-10 | Bacaan Surah Al-Maidah Ayat 8-10 | Terjemah Surah Al-Maidah Ayat 8-10 | Mufradat Surah Al-Maidah Ayat 8-10 | Isi Kandungan Surah Al-Maidah Ayat 8-10 | Wislahcom | Referensi |

Bacaan Surah Al-Maidah Ayat 8-10

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُوْنُوْا قَوَّامِيْنَ لِلّٰهِ شُهَدَاۤءَ بِالْقِسْطِۖ وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَاٰنُ قَوْمٍ عَلٰٓى اَلَّا تَعْدِلُوْا ۗاِعْدِلُوْاۗ هُوَ اَقْرَبُ لِلتَّقْوٰىۖ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌۢ بِمَا تَعْمَلُوْنَ

وَعَدَ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِۙ لَهُمْ مَّغْفِرَةٌ وَّاَجْرٌ عَظِيْمٌ



وَالَّذِيْنَ كَفَرُوْا وَكَذَّبُوْا بِاٰيٰتِنَآ اُولٰۤىِٕكَ اَصْحٰبُ الْجَحِيْمِ

Terjemah Surah Al-Maidah Ayat 8-10

  • Wahai orang-orang yang beriman! Jadilah kamu sebagai penegak keadilan karena Allah, (ketika) menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah kebencianmu terhadap sesuatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah. Karena (adil) itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah Maha teliti terhadap apa yang kamu kerjakan.
  • Allah telah menjanjikan kepada orang-orang yang beriman dan beramal saleh, (bahwa) mereka akan mendapat ampunan dan pahala yang besar.
  • Adapun orang-orang yang kafir dan mendustakan ayat-ayat Kami, mereka itulah penghuni neraka.

Mufradat Surah Al-Maidah Ayat 8-10

Jadilah kamuكُوْنُوْا
sebagai penegak keadilanقَوَّامِيْنَ
menjadi saksiشُهَدَاۤءَ
dengan adilبِالْقِسْطِۖ
dan janganlah kebencianmuوَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ
lebih dekatاَقْرَبُ
kamu kerjakanتَعْمَلُوْنَ

Isi Kandungan Surah Al-Maidah Ayat 8-10

Ayat 8 memerintahkan kepada orang mukmin agar menegakan kebenaran, jujur dan ikhlas karena Allah, baik pekerjaan yang bertalian dengan urusan agama maupun duniawi. Perintah selanjutnya adalah untuk berlaku adil, karena adil merupakan pokok dari seluruh keutamaan. Bersikap adil adalah bersikap pertengahan di antara sikap lalai dan berlebih-lebihan dalam segala hal.

Dalam persaksian, mereka harus adil menerangkan apa yang sebenarnya, tanpa memandang siapa orangnya, sekalipun akan menguntungkan lawan dan merugikan sahabat atau kerabat. Kebencian suatu kaum tidak boleh mendorong seseorang untuk memberikan persaksian yang tidak adil atau tidak jujur dan melampaui batas dalam memperlakukan mereka. Bersikap adil sekalipun terhadap orang yang berbuat buruk kepadamu.



Berlaku adil adalah jalan yang terdekat untuk mencapai tujuan bertakwa kepada Allah Swt, yakni lebih menghindarkan diri dari perbuatan durhaka dan azab-Nya. Tiada sesuatupun yang tersembunyi bagi-Nya, dan Dia pasti akan membalaskannya terhadapmu.

Ayat 9 menyatakan janji Allah Swt kepada orang yang beriman yang banyak beramal shalih (berlaku adil dan taqwa), yaitu akan diberikan ampunan atas dosa-dosanya dan pahala yang besar/berlimpah (surga). Amal saleh ialah setiap pekerjaan yang baik, bermanfaat dan patut dikerjakan, baik pekerjaan ubudiyah seperti shalat, maupun perbuatan sosial seperti menolong fakir miskin. Allah Swt.

Ayat 10 menyatakan bahwa orang kafir yang mendustakan ayat-ayat Allah adalah penghuni neraka. Ayat-ayat Allah artinya tanda-tanda adanya Allah Yang Maha Esa dan Al-Qur`an. Setiap ayat yang menjadi mukjizat yang besar bagi kenabian dan kerasulan Muhammad Saw. adalah tanda adanya Allah Yang Maha Esa dan Mahakuasa. Akhir ayat menyatakan bahwa orang-orang kafir yang mengingkari dan mendustakan ayat-ayat-Nya adalah penghuni neraka.



Related posts