Surah Al-Baqarah ayat 254 : Bacaan, Mufradat, Terjemah, Tinjauan Ayat dan Isi kandungan

Surah Al-Baqarah ayat 254 : Bacaan, Mufradat, Terjemah, Tinjauan Ayat dan Isi kandungan

Wislahcom / Referensi / : Cari bahan referensi tentang materi surah al-Baqarah ayat 254Apa isi kandungan surah al-Baqarah ayat 254?

Simak penjelasan singkat tentang : Bacaan Surah Al-Baqarah ayat 254, Mufradat Surah Al-Baqarah ayat 254, Terjemah Surah Al-Baqarah ayat 254, Tinjauan Surah Al-Baqarah ayat 254 dan Isi Kandungan Surah Al-Baqarah ayat 254.

Bacaan Surah Al-Baqarah ayat 254

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَنْفِقُوْا مِمَّا رَزَقْنٰكُمْ مِّنْ قَبْلِ اَنْ يَّأْتِيَ يَوْمٌ لَّا بَيْعٌ فِيْهِ وَلَا خُلَّةٌ وَّلَا شَفَاعَةٌ ۗوَالْكٰفِرُوْنَ هُمُ الظّٰلِمُوْنَ


Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Gotong Royong

Mufradat Surah Al-Baqarah ayat 254

wahai orang-orang yang berimanيٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا
Infakkanlahاَنْفِقُوْا
dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamuمِمَّا رَزَقْنٰكُمْ
sebelum datangمِّنْ قَبْلِ
datang hariاَنْ يَّأْتِيَ يَوْمٌ
tidak ada lagi jual beliلَّا بَيْعٌ فِيْهِ
tidak ada lagi persahabatanوَلَا خُلَّةٌ
dan tidak ada lagi syafaatوَّلَا شَفَاعَةٌ
orang-orang kafirوَالْكٰفِرُوْنَ
itulah orang yang zalimهُمُ الظّٰلِمُوْنَ

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Godaan Setan


Terjemah Surah Al-Baqarah ayat 254

Wahai orang-orang yang beriman! Infakkanlah sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari ketika tidak ada lagi jual beli, tidak ada lagi persahabatan dan tidak ada lagi syafaat. Orang-orang kafir itulah orang yang zalim

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Ghibah

Tinjauan Surah Al-Baqarah ayat 254

Surah Al-Baqarah adalah surah ke 2 dalam al-Qur‘an . Surah Al-Baqarah termasuk surat madaniyah karena diturunkan di kota Madinah. Surah madaniyah isinya cenderung seruan agar orang-orang beriman melaksanakan kewajiban beribadah, beramal saleh dan berjuang di jalan Allah Swt.

Secara umum penduduk Madinah mudah diajak dialog dan terbuka terhadap perubahan. Mereka memiliki akhlak baik, tidak berjudi, tidak mabuk-mabukkan dan mayoritas beriman kepada Allah Swt.

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Fitrah

Secara umum pada zaman Rasulullah Saw profesi orang-orang Madinah adalah sebagai petani. Oleh karena itu karakter orang Madinah terkenal ramah, tolong menolong, berakhlak mulia dan sangat terbuka, serta sangat menjungjung tinggi kebersamaan. Orang Madinah jauh dari nuansa kekerasan.

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Fitnah

Isi Kandungan Surah Al-Baqarah ayat 254

Dalam QS. Al-Baqarah (2): 254 Allah Swt menyeru orang-orang yang beriman agar menafkahkan hartanya, baik sedekah yang wajib (zakat) maupun sedekah yang sunnah. Dan hendaknya bersegera untuk menafkahkan sebagian rezeki yang Allah Swt karuniakan sebelum datangnya hari kiamat. Karena setelah kiamat tiba maka seseorang tidak dapat menebus dirinya dengan harta apapun. Pada saat itu tidak ada pertolongan dari sahabat dan kerabat, bahkan keturunan pun tak ada yang peduli lagi. Sebagaimana Allah berfirman dalam QS. al-Mukminun (23): 101 : “Apabila sangkakala ditiup, maka tidak ada lagi pertalian nasab di antara mereka pada hari itu dan tidak ada pula mereka saling bertanya.”

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Fenomena Alam

Related posts