Soal Essay Pemanasan Global dan Jawaban (Soal Tentang Pemanasan Global Kelas 7)

Soal Essay
Kumpulan Contoh Soal Essay dan Jawabannya, Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013

Soal Essay Pemanasan Global dan Jawabannya | Soal Tentang Pemanasan Global | Kelas 7 | Contoh Soal Essay | Wislah Indonesia | Soal Essay Hots | Pembahasannya |  

Contoh Soal Essay Pemanasan Global dan Jawaban

Melatih diri dengan berbagai macam Soal Essay Pemanasan Global bagi siswa adalah salah satu upaya untuk mengukur penguasaan materi Pemanasan Global.

Upaya tersebut (Latihan Soal Essay Pemanasan Global) juga penting untuk mengasah logika berpikritis siswa. Karena dengan melatihnya dengan berbagai jenis jenis pertanyaan, siswa diharapkan akan lebih mendalami materi tersebut, bukan hanya dari sisi hafalan materi Pemanasan Global. Tetapi juga dari struktur logika yang dibangun oleh guru melalui Soal Essay yang dibuat.


Contoh Soal Essay Pemanasan Global dalam tulisan ini hanyalah contoh Soal Essay. Bukan angka pasti. Artinya bukan “harus” diujikan pada siswa, tetapi diharapkan hanya sebagai referensi guru. Karena, mungkin di antara Soal Essay Pemanasan Global yang ada di bawah ini, cocok dan dirasa relevan dengan proses pembelajaran saat mengajar materi Pemanasan Global di kelasnya.

Dan kami akan lebih sangat bahagia, jika dengan modal Soal Essay Pemanasan Global di bawah ini, guru mengembangkannya menjadi Soal Essay dengan bentuk atau jenis Soal Essay lain, yang relevan situasi sosial mereka. Sehingga siswa merasakan bahwa Soal Essay yang dibuatkan untuknya adalah Soal Essay yang berkenaan dengan kehidupannya, bukanlah sesuatu yang abstrak dan jauh dari kebermanfaatan hidupanya.

Soal Essay Pemanasan Global dan Jawaban

Sebutkan gas yang ada pada efek rumah kaca!

Jawaban:

Gas rumah kaca, seperti; karbondioksida, metana, dinitro oksida, hidrofluorokarbon, perfluorokarbon, dan sulfur heksafluorida di atmosfer.

Jelaskan pengertian pemanasa global!

Jawaban:

Pemanasan global adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan peningkatan suhu rata-rata atmosfer bumi dan lautan secara bertahap, serta sebuah perubahan yang diyakini secara permanen mengubah iklim Bumi

Sebutkan beberapa faktor yang menjadi penyebab terjadinya pemanasan global!

Jawaban:

Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya pemanasan global di antaranya, adalah sebagai berikut :

  1. Emisi CO2 yang berasal dari pembakaran gasoline sebagai bahan bakar alat transportasi.
  2. Emisi CO2 yang berasal dari pembakaran bahan bakar fosil sebagai pembangkit tenaga listrik.
  3. Deforestation (penebangan liar) yang disertai dengan pembakaran lahan hutan Emisi metana dari hewan, lahan pertanian, dan dari dasar laut Arktik.
  4. Meningkatnya penggunaan pupuk kimia dalam pertanian
  5. Penggunaan chlorofluorocarbons (CFCs) dalam refrigator (pendingin).

Sebutkan dampak pemanasan global!

Jawaban:

Dampak Pemanasan Global


  1. Temperatur Bumi menjadi semakin tinggi,
  2. Tingginya temperatur Bumi dapat menyebabkan lebih banyak penguapan dan curah hujan secara keseluruhan,
  3. Mencairnya glasier yang menyebabkan kadar air laut meningkat.
  4. Kepunahan spesies yang semakin meluas.
  5. Hilangnya terumbu karang.
  6. Penipisan lapisan ozon.
  7. Kegagalan panen besar-besaran.

Sebutkan usaha yang dapat dilakukan untuk menanggulangi pemanasan global!

Jawaban:

Beberapa usaha yang dapat dilakukan untuk menanggulangi pemanasan global, di antaranya sebagai berikut.

a. Mendukung dan turut serta pada kegiatan penghijauan.

b. Menggunakan energi terbarukan dan mengurangi penggunaan batu bara, gasoline, kayu, dan bahan bakar organik lainnya.

c. Mengurangi penggunaan produk-produk yang mengandung chloro fluorocarbons (CFCs) dengan menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan.

d. Meningkatkan efisiensi bahan bakar kendaraan.

e. Mengurangi deforsation

Mengapa pemanasan global terjadi?

Jawaban:

Pemanasan global terjadi karena adanya peningkatan konsentrasi gas rumah kaca seperti karbondioksida (CO2) dan metana dalam atmosfer. Ini disebabkan oleh aktivitas manusia seperti pembakaran bahan bakar fosil, deforestasi, dan pemeliharaan ternak besar.

Apa dampak pemanasan global terhadap lingkungan?

Jawaban:

Dampak pemanasan global terhadap lingkungan meliputi perubahan iklim, peningkatan suhu air laut, pengurangan es dan gletser, perubahan musim, dan kerusakan ekosistem laut dan daratan.

Bagaimana manusia dapat membantu mengatasi pemanasan global?

Jawaban:

Manusia dapat membantu mengatasi pemanasan global dengan mengurangi emisi gas rumah kaca, misalnya dengan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil dan mempromosikan energi terbarukan, melakukan manajemen sumber daya alam yang berkelanjutan, dan meningkatkan efisiensi energi.

Apa yang menyebabkan emisi gas rumah kaca?

Jawaban:

Emisi gas rumah kaca disebabkan oleh aktivitas manusia seperti pembakaran bahan bakar fosil untuk energi, industri, dan transportasi, pemeliharaan ternak besar, dan deforestasi.

Mengapa gas rumah kaca berbahaya bagi lingkungan?

Jawaban:

Gas rumah kaca berbahaya bagi lingkungan karena memantulkan panas matahari kembali ke Bumi, menyebabkan peningkatan suhu global dan perubahan iklim.

Apa solusi untuk mengurangi emisi gas rumah kaca?

Jawaban:

Solusi untuk mengurangi emisi gas rumah kaca meliputi penggunaan energi terbarukan, efisiensi energi, manajemen sumber daya alam yang berkelanjutan, dan pengurangan emisi dari industri dan transportasi. Kemampuan untuk memasarkan teknologi hijau dan solusi energi berkelanjutan secara luas juga dapat membantu mengurangi emisi gas rumah kaca.

Penutup: Support Anda Penting Bagi Kami 

Terimakasih sudah berkunjung di Wislah.com, khususnya dalam artikel ini. Yaitu postingan tentang Soal Essay Pemanasan Global dan jawaban . Sebagai informasi tambahan, wislah.com tumbuh dan berkembang hanya dengan iklan yang ada dalam website ini. Sehingga support pengunjung menjadi hal yang sangat penting bagi kami. Sebelum pemberian dukungannya, kami ucapkan terimakasih.

Related posts