Soal Essay Pencemaran Lingkungan dan Jawaban (Soal Tentang Pencemaran Lingkungan Kelas 7)

Soal Essay
Kumpulan Contoh Soal Essay dan Jawabannya, Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013

Soal Essay Pencemaran Lingkungan dan Jawabannya | Soal Tentang Pencemaran Lingkungan | Kelas 7 | Contoh Soal Essay | Wislah Indonesia | Soal Essay Hots | Pembahasannya |  

Contoh Soal Essay Pencemaran Lingkungan dan Jawaban

Melatih diri dengan berbagai macam Soal Essay Pencemaran Lingkungan bagi siswa adalah salah satu upaya untuk mengukur penguasaan materi Pencemaran Lingkungan.

Upaya tersebut (Latihan Soal Essay Pencemaran Lingkungan) juga penting untuk mengasah logika berpikritis siswa. Karena dengan melatihnya dengan berbagai jenis jenis pertanyaan, siswa diharapkan akan lebih mendalami materi tersebut, bukan hanya dari sisi hafalan materi Pencemaran Lingkungan. Tetapi juga dari struktur logika yang dibangun oleh guru melalui Soal Essay yang dibuat.


Contoh Soal Essay Pencemaran Lingkungan dalam tulisan ini hanyalah contoh Soal Essay. Bukan angka pasti. Artinya bukan “harus” diujikan pada siswa, tetapi diharapkan hanya sebagai referensi guru. Karena, mungkin di antara Soal Essay Pencemaran Lingkungan yang ada di bawah ini, cocok dan dirasa relevan dengan proses pembelajaran saat mengajar materi Pencemaran Lingkungan di kelasnya.

Dan kami akan lebih sangat bahagia, jika dengan modal Soal Essay Pencemaran Lingkungan di bawah ini, guru mengembangkannya menjadi Soal Essay dengan bentuk atau jenis Soal Essay lain, yang relevan situasi sosial mereka. Sehingga siswa merasakan bahwa Soal Essay yang dibuatkan untuknya adalah Soal Essay yang berkenaan dengan kehidupannya, bukanlah sesuatu yang abstrak dan jauh dari kebermanfaatan hidupanya.

Soal Essay Pencemaran Lingkungan dan Jawaban

Apakah yang dimaksud dengan polutan? Bagaimanakah suatu zat bisa disebut sebagai polutan?

Jawaban:

Polutan adalah zat yang dapat mencemari lingkungan dan dapat mengganggu kelangsungan hidup makhluk hidup. Polutan ini dapat berupa zat kimia, debu, suara, radiasi, atau panas yang masuk ke dalam lingkungan.

Syarat suatu zat dapat dikatakan sebagai polutan adalah:

  1. kadarnya melebihi batas kadar normal atau diambang batas;
  2. berada pada waktu yang tidak tepat;
  3. berada pada tempat yang tidak semestinya.

Bagaimana cara penanggulangan pencemaran air?

Jawaban:

Ada tiga cara yang bisa dilakukan untuk menanggulangi pencemaran air, yaitu:

  • pembuatan kolam stabilisasi
  • membuat instalasi pengolahan air limbah
  • pengelolaan excreta

Apa yang dimaksud dengan efek rumah kaca?

Jawaban:

Efek rumah kaca adalah peningkatan suhu bumi yang terjadi karena konsentrasi karbon dioksida dan karbon monoksida yang tinggi di atmosfer. Karbon dioksida dan karbon monoksida akan membentuk semacam lapisan yang akan menahan panas bumi keluar, sehingga panas yang ditimbulkan bumi akan terkungkung di dalam seperti pada rumah kaca.


Apakah tujuan dan asas pengolahan limbah dalam air?

Jawaban:

Tujuan dan asas pengolahan limbah dalam air adalah:

  • menetralkan air dari bahan-bahan tersuspensi dan terapung,
  • menguraikan bahan organik biodegradable (bahan organik biodegradable adalah bahan organik yang dapat terurai oleh aktivitas makhluk hidup),
  • meminimalkan bakteri patogen, serta
  • memerhatikan estetika dan lingkungan.

Salah satu metode untuk menanggulangi pencemaran tanah adalah dengan bioremediasi. Jelaskan apa itu bioremediasi

Jawaban:

Bioremediasi adalah proses pembersihan tanah dari polutan dengan menggunakan/memanfaatkan mikroorganisme (jamur, bakteri). Tujuan bioremediasi adalah untuk memecah atau mendegradasi zat pencemar menjadi bahan yang kurang beracun atau bahkan sama sekali tidak beracun (karbondioksida dan air).

Jelaskan bagaimana aktivitas di bidang pertanian justru menimbulkan pencemaran pada tanah.

Jawaban:

Karena ketidaktahuan atau tidak mau tahu, atau menginginkan hasil cepat, tidak sedikit petani menggunakan pupuk sintetik melebihi ketentuan, atau caranya tidak tepat.

Akibatnya, pupuk sintetis yang sejatinya untuk menyuburkan tanah justru membuat tanah tercemar. Kesuburan tanah berkurang dan berakibat tanah tidak dapat ditanami jenis tanaman tertentu karena hara tanah semakin berkurang.

Penggunaan pestisida yang berlebihan untuk mematikan hama tanaman, bukan saja mematikan hama tanaman, tetapi juga mikroorganisme yang berguna di dalam tanah. Hal ini akan mempengaruhi kesuburan tanah, karena kesuburan tanah salah satunya tergantung pada jumlah organisme di dalamnya. Penggunaan pestisida yang terus menerus juga akan mengakibatkan hama tanaman menjadi kebal terhadap pestisida tersebut.

Bagaimana cara mencegah pencemaran lingkungan?

Jawaban:

Salah satu cara mencegah pencemaran lingkungan adalah dengan melakukan praktik pengelolaan sampah yang baik, seperti memisahkan sampah dan mengurangi produksi sampah. Kita juga bisa mempromosikan penggunaan produk ramah lingkungan dan mengurangi penggunaan bahan-bahan berbahaya. Melakukan aktivitas berkelanjutan dan memperhatikan polusi udara juga dapat membantu dalam mencegah pencemaran lingkungan.

Penutup: Support Anda Penting Bagi Kami 

Terimakasih sudah berkunjung di Wislah.com, khususnya dalam artikel ini. Yaitu postingan tentang Soal Essay Pencemaran Lingkungan dan jawaban . Sebagai informasi tambahan, wislah.com tumbuh dan berkembang hanya dengan iklan yang ada dalam website ini. Sehingga support pengunjung menjadi hal yang sangat penting bagi kami. Sebelum pemberian dukungannya, kami ucapkan terimakasih.

Related posts