Pemasaran Online: Pengertian, Manfaat, Keuntungan, Komponen dan Cara Kerja

Pemasaran Online: Pengertian, Manfaat, Keuntungan, Komponen dan Cara Kerja

Wislah.com : Coba kamu perhatikan di sekeliling kita semakin populernya internet telah mengubah cara orang mengumpulkan berita, melakukan komunikasi, membeli dan berpromosi menggunakan pemasaran online, Blog, wiki, jaringan sosial dan website berita.

Mari simak penjelasan tentang : Pengertian Pemasaran Online, Manfaat Pemasaran Online, Keuntungan Pemasaran Online, Komponen Pemasaran Online, dan Cara Kerja Pemasaran Online

Pengertian Pemasaran Online

Pemasaran online sering disebut Internet marketing, e-marketing atau online-marketing merupakan segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet atau jaringan www (World Wide Web).

Kata e dalam e-pemasaran ini berarti elektronik (electronic) yang artinya kegiatan pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik lewat Internet atau jaringan cyber. Kegiatan pemasaran Internet umumnya meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pembeli dan penulisan kalimat-kalimat pemasaran atau copywriting.

Pengertian Pemasaran Online Menurut Para Ahli

Pemasaran online menurut Armstrong dan Kottler adalah sisi pemasaran dari e-commerce, yang merupakan kerja dari perusahaan untuk mengkomunikasikan sesuatu, mempromosikan, dan menjual barang dan jasa melalui internet.

Pemasaran online menurut Boone dan Kurtz adalah salah satu komponen dalam e-commerce dengan kepentingan khusus oleh marketer, yakni strategi proses pembuatan, pendistribusian, promosi, dan penetapan harga barang dan jasa kepada pangsa pasar internet atau melalui peralatan digital lain.

Baca Juga :   Sunan Bonang : Biografi, Pengembangan Islam dan Sikap Positif

Manfaat Pemasaran Online

  1. Melakukan perubahan dengan cepat.
  2. Menentukan sasaran demografis tertentu.
  3. Banyak media pilihan.
  4. Penghubung yang efektif antara pemasar dengan konsumen.
  5. Kemampuan Konversi Instan.

Keuntungan Pemasaran Online

  1. Organisasi Lebih Mudah dan Sederhana.
  2. Kemudahan Mengelola Barang.
  3. Pelayanan Lebih Fokus.
  4. Riset Pasar Lebih Mudah.
  5. Biaya Pemasaran Murah.
  6. Kemudahan Memilih Target Pasar.
  7. Tidak Terbatas Ruang dan Waktu.

Komponen Pemasaran Online

  1. Content Marketing

Konten merupakan alat untuk menarik prospek dan pelanggan potensial ke website, toko online (ecommerce), dan blog. Bentuk dari konten dapat berupa artikel, blog, how-to, e-book, presentasi, video, dan audio. Konten berkualitas yang dibutuhkan atau bermanfaat bagi pembaca akan meningkatkan kepercayaan, mempererat hubungan antara pemilik konten dengan pembacanya serta meningkatkan rating pengunjung.

  1. Search Engine Marketing

Mesin pencari merupakan tempat pertama pelanggan mencari informasi bisnis, produk atau jasa sebelum memutuskan membeli sesuatu. Google menjadi rujukan pencarian di internet, mencari perusahaan, produk, brand, atau kata-kata. Kunci penting terkait produk sebaiknya bisa merujuk ke informasi di website.

  1. Email Marketing

Email Marketing memiliki fungsi untuk tetap menjaga hubungan baik dengan klien atau prospek bisnis Anda, sehingga anda tetap terlintas dipikiran mereka saat mereka membutuhkan sesuatu.

Email Marketing umumnya dipahami sebagai email berisi materi promosi yang ditujukan kepada kelompok pengguna internet melaui email, untuk mempromosikan suatu produk atau jasa.

  1. Online Public Relations

E-PR (electronic public relations), Cyber PR, Online PR, atau PR on the net, adalah kegiatan PR yang menggunakan internet sebagai media komunikasi.

Baca Juga :   Hukum : Pengertian, Penggolongan, Tujuan dan Arti Penting

Media internet dimanfaatkan oleh PR untuk membangun merk (brand) dan memelihara kepercayaan publik. Strategi online PR adalah membidik situs berita dan komunitas online yang berorientasi khusus.

  1. Social Media Marketing

Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Media sosial merupakan alat promosi bisnis yang efektif karena dapat diakses oleh siapa saja, sehingga jaringan promosi bisa lebih luas. Media sosial menjadi bagian yang sangat diperlukan oleh pemasaran bagi banyak perusahaan dan merupakan salah satu cara terbaik untuk menjangkau pelanggan dan klien.

  1. Online Advertising

Online advertising adalah metode periklanan dengan menggunakan internet dan World Wide Web dengan tujuan menyampaikan pesan pemasaran (promosi) untuk menarik pelanggan.

  1. Iklan online

Iklan umumnya memiliki 2 tujuan yaitu Branding dan Sales, atau sekaligus kedua-duanya. Setelah menentukan tujuan, maka bisa dipilih berbagai media sesuai profil target market dan juga budget yang sesuai. Berbagai media online, search engine (Seperti Google AdWords), dan Social Media bisa jadi sarana online advertising.

  1. Website
Baca Juga :   Maulana Malik Ibrahim: Biografi, Pengembangan Islam dan Sikap Positif.

Website merupakan media promosi yang paling popular. Website dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan hyperlink.

Pada umumnya tujuan pembuatan website untuk mendatangkan pengunjung potensial sebanyak-banyaknya, dengan harapan semakin banyak orang yang dapat melihat informasi yang disediakan pada web tersebut, maka semakin banyak pula orang yang mengenal dan tertarik pada produk/jasa yang ditawarkan.

  1. Conversion

Konversi adalah teknik memetakan kunjungan sebuah website atau toko online. Penjual harus mampu menganalisis komposisi kunjungan: berapa banyak pengunjung website, berapa persen pengunjung yang meng-klik tombol pembelian, dan berapa persen orang yang benar-benar membeli.

Cara Kerja Pemasaran Online

  1. Awareness (Kesadaran)

Pemasar membangun kesadaran konsumen dengan memasang iklan terlebih dahulu di media online.

  1. Interest (Ketertarikan)

Ketertarikan muncul setelah membangun kesadaran pada konsumen. Konsumen akan mencari tahu tentang produk melalui mesin pencari (misalnya : Google atau Yahoo! dan jejaring sosial seperti: Facebook, dan Twitter).

  1. Desire (Keinginan)

Timbul keyakinan pada konsumen sehingga berkeinginan untuk mencoba produk atau jasa, dengan mencari keterangan lengkap tentang produk atau jasa tersebut melalui situs web.

  1. Action (Tindakan)

Tahap terakhir sebagai penentuan dari pihak konsumen terhadap produk atau jasa.

 

Sumber : Buku Panduan Pemasaran Online 1 Kelas X SMK

 

Related posts