Kalimat Thayyibah : Pengertian, Bacaan, Waktu, dan Hikmah

  • Whatsapp
Kalimat Thayyibah : Pengertian, Bacaan, Waktu, dan Hikmah

Wislahcom / Referensi / : Manusia satu-satunya makhluk paling sempurna. Karena hanya manusia yang mendapat karunia akal dari Allah Swt. Dengan akal kita menjadi tahu bagaimana cara hidup yang baik, dapat memenuhi kebutuhan hidup yang layak dan sebagainya. Pemanfaatan akal secara maksimal oleh manusia menjadikannya makhluk yang lebih unggul dibanding yang lain. Segala perilaku seseorang selalu dikendalikan oleh akal, baik perkataan maupun perbuatan.

Dengan penciptaan manusia yang sempurna, maka manusia seharusnya selalu berkata yang baik dengan mengucapkan kalimat thayyibah dan juga berbudi pekerti yang luhur. Salah satu kalimat thayyibah adalah kalimat thayyibah hauqalah.

Nah bagimana bacaan kalimat thayyibah hauqalah? Apa hikmah ketika seseorang membaca kalimat thayyibah hauqalah?

Simak penjelasan tentang : Pengertian Kalimat Thayyibah, Mengucapkan Kalimat Thayyibah Hauqalah, Waktu Mengucapkan Kalimat Thayyibah Hauqalah dan Hikmah Mengucapkan Kalimat Thayyibah Hauqalah.

Pengertian Kalimat Thayyibah

Kalimat thayyibah artinya kalimat atau ucapan yang baik. Dalam kehidupan sehari-sehari, kita sebagai orang Islam harus membiasakan mengucapkan perkataan yang baik dan yang bermanfaat. Apabila tidak bisa berkata baik, hendaklah kita diam. Perhatikan sabda Nabi Muhammad Saw: “Barang siapa yang beriman kepada Allah Swt dan hari Akhir maka hendaklah ia berkata baik atau hendaklah ia diam.” (H.R. Muttafaq alaih).

Baca Juga :   Hutang Piutang : Pengertian, Dasar Hukum, Hukum, Rukun, Syarat, Ketentuan, Tambahan, Adab dan Hikmah

Kalimat thayyibah bermakna sebagai kalimat baik yang berisi sanjungan dan pujian terhadap keagungan Allah swt. Balasan kebaikan pasti diperoleh bagi seorang hamba yang mau mengamalkan kalimat thayyibah dalam kehidupan sehari-hari, baik itu balasan yang secara langsung diterima di dunia dengan disukai oleh lingkungan sekitar maupun kelak di akhirat dengan kebahagiaan dan kenikmatan yang abadi.

Mengucapkan Kalimat Thayyibah Hauqalah

Allah Swt melalui Rasulullah Saw telah mengajarkan manusia untuk berakhlak mulia yang tercermin melalui ucapan dan perbuatan yang baik. Ucapan yang baik disebut kalimat thayyibah. Banyak kalimat thayyibah yang bisa kita amalkan di antaranya adalah hauqalah.

لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ العَلِيِّ العَظِيْمِ

Baca Juga :   Apa Itu Investasi ? Awas… Salah Pahami Konsepnya, Jadi Korban !

“La haula wa la quwwata illa billahil ‘aliyyil azhim”

Artinya : Tidak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah Swt yang Maha Tinggi dan Maha Agung.

Kalimat tersebut mengajarkan kepada kita bahwa dalam menjalani kehidupan ini kita memohon kepada Allah Swt untuk selalu diberikan kemampuan dan kekuatan untuk melakukan segala aktivitas yang tentunya harus bernilai ibadah. Ketika kita menggantungkan harapan hanya kepada Allah Swt, maka tidak ada yang tidak mungkin atas kehendak-Nya. Seberat apapun hidup yang kita jalani, hendaknya selalu bersikap optimis dan tidak putus asa karena yakin bahwa Allah Swt akan menolong.

Waktu Mengucapkan Kalimat Thayyibah Hauqalah

Pengucapan kalimat thayyibah sesuai dengan situasi dan kondisi suatu peristiwa yang dialami oleh seseorang. Waktu yang tepat mengucapkan kalimat thayyibah hauqalah adalah:

  1. Apabila mendapatkan beban berat atau mengalami berbagai kesulitan dalam hidup ini, seperti ditimpa penyakit dan terkena musibah banjir.
  2. Ketika mendengar seruan azan. Orang yang mendengar seruan azan disunahkan untuk menjawabnya dengan cara menirukan kalimat muazin, kecuali ketika sampai pada lafal hayya alas shalah dan hayya alal falah, bila muazin mengumandangkan dua kalimat tersebut, maka kita menjawabnya dengan kalimat hauqalah.
  3. Ketika meminta pertolongan kepada Allah Swt. Dzikir yang agung tersebut merupakan kalimat isti’anah (memohon pertolongan), sehingga sangat dianjurkan membaca kalimat thayyibah hauqalah saat ingin meminta pertolongan kepada Allah Swt.
Baca Juga :   Era Globalisasi : Pengertian, Dampak, Sikap dan Peran Aktif Indonesia

Hikmah Mengucapkan Kalimat Thayyibah Hauqalah

Banyak keistimewaan atau hikmah dengan membiasakan mengucapkan kalimat tayyibah hauqalah, di antaranya adalah:

  1. Menghapus dosa-dosa.
  2. Merupakan salah satu amal saleh yang berpahala abadi.
  3. Sebagai harta simpanan di surga.
  4. Menghilangkan kesusahan.
  5. Mempercepat datangnya rezeki.
  6. Merupakan tanaman di surga.
  7. Termasuk salah satu pintu surga.

Related posts