Hasil Riset : Ajari Anak (5-6 Tahun) dengan Metode Imajinatif dan Multimedia Ternyata Baik Untuk Anak “Korban” Covid-19.

  • Whatsapp
anak anak paud covid

Wislah .Com : Sebuah publikasi ilmiah terbaru (Juni 2021) dalam Jurnal Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak yang diterbitkan oleh UIN Sunan Kalijaga, menghasilkan temuan yang menarik bagi dunia pendidikan anak usia dini.

Penelitian ini berangkat dari persoalan; pandemi COVID-19 membatasi aktivitas pembelajaran dan hubungan sosial anak dengan teman sebayanya, sehingga besar kemungkinan berdampak pada aspek sosial-emosional dan bahasa anak.

Para peneliti merekomendasikan pada guru untuk memberikan stimulus yang tepat  kepada anak melalui strategi pembelajaran yaitu dengan kombinasi metode pengajaran  imajinatif dan pembelajaran multimedia.

Penelitian yang menggunakan kuantitatif  ini, menerapkan metode Pre-experimental design. Dengan model yang diterapkan berupa one group pretest posttest , yakni dengan membandingkan kemampuan sosial emosional anak sebelum  dan setelah diberikan perlakuan berupa kombinasi  metode  pengajaran  imajinatif  dan pembelajaran multimedia. Dengan penelitian adalah anak usia dini usia  5-6 tahun.

Baca Juga :   Hasil Riset : Efek Video Game Terhadap Otak dan Perilaku Manusia

Dari data yang terkumpulan, penelitian ini setidaknya memberikan langkah solutif bagi guru maupun lembaga sekolah untuk lebih memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam optimalisasi perkembangan anak.

Sumber : The Combination of Imaginative Teaching Methods and Multimedia Learning in Early Childhood Education during COVID Pandemic: Social-Emotional and Language Development

Related posts