Adab Orang Muslim : Adab Kepada Guru

Adab Orang Muslim : Adab Kepada Guru

Wislah.com : Sosok guru tidak akan pernah lepas dari kehidupan kita. Mulai dari kita kecil sampai kita dewasa kita akan bertemu terus dengan sosok guru. Seorang yang digugu dan ditiru ini menyalurkan ilmu pengetahuannya kepada murid-muridnya agar mereka menjadi seseorang yang dapat berkarya sesuai dengan bakat, prestasi, dan kualitas yang dimilikinya. Bagaimana membalas jasa kepada guru kita? Tentu kita tidak akan pernah bisa membalas jasa-jasanya. Namun, ada beberapa jalan untuk memberikan sedikit kasi sayang dan patuh kepada guru dengan cara kita harus memiliki adab kepada guru.

Simak penjelasan tentang : Adab Kepada Guru.

Adab Kepada Guru

Berikut ini beberapa adab kepada guru yang harus dimiliki oleh seorang pelajar, diantaranya:



  1. Menghormati dan menghargainya. Rasulullah Saw bersabda: “Bukan dari golongan kami mereka yang tidak menghormati yang tua, tidak menyayangi yang kecil dan tidak mengetahui hak orang yang alim”.
  2. Tidak mencari-cari kelemahan dan kesalahannya.
  3. Tidak menggibahnya (membicarakannya dengan yang dia tidak senangi), bahkan membelanya ketika dighibah oleh orang lain.
  4. Mendoakannya dari kejauhan semoga diberi pahala atas ilmu yang sudah ia ajarkan. Mendoakan keampunan dan kesejahteraan buat guru.
  5. Mengambil manfaat dari kebaikan sang guru, dan tidak mencontohnya andai kata ia melakukan kekhilafan.
  6. Menisbatkan ilmu yang ia ajarkan kepadanya; karena hal itu mengangkat kedudukannya di mata manusia.
  7. Menjaga adab berbicara dan berdiskusi dengannya.
  8. Taat kepada guru kita dalam semua perkara kecuali perkara yang maksiat kepada Allah Swt dan Rasulullah Saw.
  9. Bertutur katalah dengan lemah lembut dan penuh rendah hati kepada guru kita. Dengan sikap rendah hati maka ilmu akan mudah masuk dalam diri murid.
  10. Meminta izin kepada guru kita untuk bertanya atau pergi dari majlis. Memberi salam kepada guru apabila berjumpa dan sentiasa hormat kepadanya.
  11. Memberi perhatian besar dalam pengajaran guru, duduk dengan sopan dan senantiasa dalam keadaan tenang.

Related posts