Tugas Jurnalis, Pengertian, Skill dan Tugas

Tugas Jurnalis, Pengertian, Skill dan Tugas

Tugas Jurnalis | Pengertian Jurnalis | Skill Jurnalis | Tugas Jurnalis |

Pengertian Jurnalis

Jurnalis adalah seseorang yang bertugas dan bertanggung jawab untuk melakukan kegiatan jurnalistik, contohnya menulis, menganalisis, dan melaporkan segala suatu peristiwa kepada publik melalui media massa secara teratur.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), jurnalis diartikan sebagai orang yang bekerja mengumpulkan dan menulis pemberitaan baik itu di media massa cetak maupun media massa elektronik.


Skill Jurnalis

Komunikasi dan Wawasan Luas

Sebagai seorang jurnalis, Anda wajib memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dan wawasan yang luas. Pasalnya, Anda akan bertemu dengan banyak narasumber dari berbagai latar belakang dan melakukan wawancara dengannya sebagai sumber informasi berita Anda.

Writing Skills

Seorang jurnalis, juga dituntut untuk mempunyai kemampuan menulis khususnya menulis berita. Anda harus bisa menulis untuk berbagai media, baik itu media cetak seperti majalah dan media elektronik seperti televisi atau media digital.

Up To Date Dengan Info Terkini

Seorang jurnalis tentu harus menjadi orang pertama yang paling tahu mengenai hal yang sedang ramai diperbincangkan masyarakat guna menggali informasi yang lebih lengkap lagi. Oleh karena itu, Anda harus selalu tanggap dengan segala peristiwa yang sedang terjadi di sekitar Anda.

Attitude yang Baik

Salah satu hal yang mencerminkan jurnalis profesional, yaitu attitude. Seorang jurnalis harus mempunyai attitude yang baik, yakni menaati kode etik jurnalistik dan memahami etika dalam melaporkan sebuah berita.


Tugas Jurnalis

Memberikan Informasi, Pendidik, dan Agen Pembaharu

Media berperan sebagai pemberi informasi lewat sejumlah hal, misalnya berita, featture, reportase, maupun karya-karya lainnya. Informasi tersebut dapat membawa dampak, mengubah pikiran bahkan menggerakan masyarakat untuk melakukan sesuatu hal, baik itu positif atau negatif. Oleh sebab itu, seorang jurnalis harus menyajikan informasi dengan sifat mendidik dan bermanfaat. Hal itu berguna untuk meningkatkan nilai kehidupan pembacanya.

Memberi Hiburan Kepada Masyarakat

Selain menyampaikan informasi berupa pengetahuan, pekerjaan yang bergerak di bidang media ini juga dapat berperan untuk memberikan hiburan kepada masyarakat. Misalnya saja, menampilkan karya jurnalistik, contohnya feature atau komisi yang berisi mengenai kehidupan masyarakat sehari-hari.

Interpreter (Penafsir)

Tak semua peristiwa yang terjadi bisa secara langsung diserap dengan mudah oleh masyarakat. Oleh sebab itu, seorang jurnalis mempunyai tugas untuk menafsirkan dan menjelaskan arti dari peristiwa yang terjadi. Seperti, dengan analisis berita dalam reportase maupun komentar berita dalam tajuk rencana.

Wakil Publik dan Advokasi

Tugas jurnalis yang terakhir, yaitu membela kepentingan masyarakat. Oleh sebab itu, berita adalah sebuah produk jurnalistik yang wajib menjadi cerminan suara rakyat. Seorang wartawan dapat bertindak untuk mengkritisi kebijakan maupun tindakan pemerintah yang dipandang merugikan rakyat.

Related posts