Surah as-Ṣaff Ayat 3 : Bacaan, Terjemah, Mufradat dan Isi Kandungan

  • Whatsapp
Surah as-Ṣaff Ayat 3 : Bacaan, Terjemah, Mufradat dan Isi Kandungan


Surah as-Saff Ayat 3 | Bacaan Surah As-Saff Ayat 3 | Terjemah Surah As-Saff Ayat 3 | Mufradat Surah As-Saff Ayat 3 | Isi Kandungan Surah As-Saff Ayat 3 |

Wislahcom | Referensi | : Bingung cari bahan referensi tentang ayat-ayat al-Qur’an yang menjelaskan tentang amal ma’ruf dan nahi munkar. Misalnya surah as-Saff Ayat 3 yang menjelaskan tentang sebuah peringatan kepada orang-orang yang gemar memerintah untuk melakukan kebaikan namun dia sendiri enggan untuk melakukannya.

Simak Penjelasan Singkat tentang : Bacaan Surah as-Saff Ayat 3, Terjemah Surah as-Saff Ayat 3, Mufradat Surah as-Saff Ayat 3 dan Isi Kandungan Surah as-Saff Ayat 3.



Bacaan Surah as-Saff Ayat 3

كَبُرَ مَقْتًا عِنْدَ اللّٰهِ اَنْ تَقُوْلُوْا مَا لَا تَفْعَلُوْنَ

Terjemah Surah as-Saff Ayat 3

“Amat besar kebencian di sisi Allah bahwa kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan.”

Mufradat Surah as-Saff Ayat 3

amat besarكَبُر
kebencianمَقْتًا
di sisi Allahعِنْدَ اللّٰهِ
kamu mengatakanاَنْ تَقُوْلُوْا
apa-apa yang tidak kamu kerjakanمَا لَا تَفْعَلُوْنَ

Isi Kandungan Surah as-Saff Ayat 3

Sebagaimana ayat tersebut, Allah Swt telah memperingatkan kepada orang-orang yang gemar memerintah untuk melakukan kebaikan namun dia sendiri enggan untuk melakukannya. Sikap demikian dalam pandangan Allah maupun dalam pandangan masyarakat yang bersangkutan akan dibenci oleh Allah Swt dan juga msyarakat.



Menurut Syaikh Imam at-Thabariy dalam kitabnya Jami’ul Bayan ‘An Ta’wīlil Ayil Qur’an, dosa terbesar adalah orang-orang yang gemar menganjurkan untuk berbuat kebaikan namun dirinya tidak melakukan. Quraish Shihab menyatakan bahwa orang yang menganjurkan atau mewajibkan pada orang lain untuk melakukan kebaikan, maka paling tidak, ia harus bisa menyesuaikan dengan kemampuan pribadinya. Hal ini agar yang bersangkutan tidak terancam murka Allah Swt.

Related posts