Surah Ali Imran Ayat 186 : Bacaan, Terjemah, Mufradat dan Isi Kandungan

  • Whatsapp
Surah Ali Imran Ayat 186 : Bacaan, Terjemah, Mufradat dan Isi Kandungan


Wislahcom | Referensi | Surah Ali Imran Ayat 186 | Bacaan | Terjemah | Mufradat | Isi Kandungan

Bacaan Surah Ali Imran Ayat 186

لَتُبْلَوُنَّ فِيْٓ اَمْوَالِكُمْ وَاَنْفُسِكُمْۗ وَلَتَسْمَعُنَّ مِنَ الَّذِيْنَ اُوْتُوا الْكِتٰبَ مِنْ قَبْلِكُمْ وَمِنَ الَّذِيْنَ اَشْرَكُوْٓا اَذًى كَثِيْرًا ۗ وَاِنْ تَصْبِرُوْا وَتَتَّقُوْا فَاِنَّ ذٰلِكَ مِنْ عَزْمِ الْاُمُوْرِ

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Berbuat Baik



Terjemah Surah Ali Imran Ayat 186

Kamu sungguh-sungguh akan diuji terhadap hartamu dan dirimu. Dan (juga) kamu sungguh-sungguh akan mendengar dari orang-orang yang diberi Kitab sebelum kamu dan dari orang-orang yang mempersekutukan Allah, gangguan yang banyak yang menyakitkan hati. Jika kamu bersabar dan bertakwa, maka sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan yang patut diutamakan.

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Berbakti Pada Orang Tua

Mufradat Surah Ali Imran Ayat 186

dan dari orang-orang yangوَمِنَ الَّذِيْنَkamu sungguh-sungguh akan diujiلَتُبْلَوُنَّ
mempersekutukan Allahاَشْرَكُوْٓاterhadap hartamuفِيْٓ اَمْوَالِكُمْ
gangguan yang banyakاَذًى كَثِيْرًاdan dirimuوَاَنْفُسِكُمْۗ
jika kamu bersabarوَاِنْ تَصْبِرُوْاDan (juga) kamu sungguh-sungguh akan mendengarوَلَتَسْمَعُنَّ
dan bertakwaوَتَتَّقُوْاdari orang-orangمِنَ الَّذِيْنَ
maka sesungguhnya yang demikian ituفَاِنَّ ذٰلِكَdiberi Kitabاُوْتُوا الْكِتٰبَ
termasuk urusan yang patut diutamakanمِنْ عَزْمِ الْاُمُوْرِsebelum kamuمِنْ قَبْلِكُمْ

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Belajar



Isi Kandungan Surah Ali Imran Ayat 186

Dalam Surah Ali Imran Ayat 186, Allah menyatakan bahwa akan memberikan berbagai bentuk ujian, yaitu:

  1. Manusia akan diuji dalam persoalan harta benda. Ujian yang akan menimpa manusia dalam persoalan harta benda bisa saja dikarenakan bencana alam, pencurian, kehilangan, atau bahkan mengalami kebangkrutan saat menjalanan bisnis dan perdagangan. Sebagian ulama’ juga menyatakan bahwa mengeluarkan harta benda dalam bentuk sedekah, zakat atau infaq termasuk kategori ujian bagi sebagian orang. Karena menurut logika harta yang dikeluarkan baik melalui sedekah, zakat dan infaq mengalami penyusutan secara lahirnya.
  2. Manusia akan diuji dalam wilayah batiniya. Diantaranya adalah ketidaktenangan jiwa karena kesedihan, sakit hati, merasa cemas karena suatu hal, kondisi peperangan, atau bahkan karena kematian. Persoalan-persoalan jiwa inilah yang cenderung lebih berat ketimbang ujian dalam persoalan harta benda yang notabene adalah wilayah lahiriyah.
  3. Manusia akan diuji dengan adanya informasi yang menyudutkan dan meyakitkan hati yaitu kabar-kabar yang datang dari orang-orang ahli kitab terkait dengan persoalan theology. Kebohongan-kebohongan orang-orang Yahudi yang disebarkan dan mengakibatkan sakit hati dan gunda gulana kaum mukmin.
  4. Ujian dan cobaan yang datang dari orang-orang musyrik, yang berbentuk ancaman baik mengenai jiwa maupun fisik. Tekanan yang luar biasa mulai dari pengusiran bahkan pembunuhan yang diterima oleh kaum mukmin.

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Aurat

Sekalipun berbagai berbagai bentuk ujian dan cobaan yang dialami kaum mukmin, manakala mereka sikapi dengan penuh kesabaran dan justru menjadi sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah Swt.



Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Amanah

Related posts