Surah Al-Baqarah Ayat 155-157 : Bacaan, Terjemah, Mufradat dan Isi Kandungan

  • Whatsapp
Surah Al-Baqarah Ayat 155-157 : Bacaan, Terjemah, Mufradat dan Isi Kandungan


Wislahcom | Referensi | Surah Al-Baqarah Ayat 155-157 | Bacaan | Terjemah | Mufradat | Isi Kandungan

Bacaan Surah Surah Al-Baqarah Ayat 155-157

وَلَنَبْلُوَنَّكُمْ بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوْفِ وَالْجُوْعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْاَمْوَالِ وَالْاَنْفُسِ وَالثَّمَرٰتِۗ وَبَشِّرِ الصّٰبِرِيْنَ

اَلَّذِيْنَ اِذَآ اَصَابَتْهُمْ مُّصِيْبَةٌ ۗ قَالُوْٓا اِنَّا لِلّٰهِ وَاِنَّآ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَۗ



اُولٰۤىِٕكَ عَلَيْهِمْ صَلَوٰتٌ مِّنْ رَّبِّهِمْ وَرَحْمَةٌ ۗوَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُهْتَدُوْنَ

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Dzikir

Terjemah Surah Al-Baqarah Ayat 155-157

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.



(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan, “Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raaji`uun.”

Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Dosa



Mufradat Surah Al-Baqarah Ayat 155-157

mereka mengucapkanقَالُوْٓاdan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamuوَلَنَبْلُوَنَّكُمْ
sesungguhnya kami milik Allahاِنَّا لِلّٰهِdengan sedikitبِشَيْءٍ
dan kepada-Nyalah kami kembaliوَاِنَّآ اِلَيْهِ رٰجِعُوْنَۗketakutanمِّنَ الْخَوْفِ
merekaاُولٰۤىِٕكَkelaparanوَالْجُوْعِ
itulahعَلَيْهِمْkekurangan hartaوَنَقْصٍ مِّنَ الْاَمْوَالِ
yang mendapat keberkatanصَلَوٰتٌjiwaوَالْاَنْفُسِ
dari Tuhan merekaمِّنْ رَّبِّهِمْdan buah-buahanوَالثَّمَرٰتِۗ
dan rahmatوَرَحْمَةٌdan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabarوَبَشِّرِ الصّٰبِرِيْنَ
dan mereka itulah orang-orangوَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ(yaitu) orang-orangاَلَّذِيْنَ
yang mendapat petunjukالْمُهْتَدُوْنَyang apabila ditimpa musibahاِذَآ اَصَابَتْهُمْ

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Doa

Isi Kandungan Surah Al-Baqarah Ayat 155-157

Dalam surah Al-Barah Ayat 155, ini menunjukkan bahwa Allah akan menguji hambanya secara terus menerus. Hal ini mengisyaratkan bahwa hakikat hidup manusia tidak lepas dari beraneka cobaan. betapapun besarnya ujian, hakikatnya adalah sedikit dibandingkan dengan imbalan dan ganjaran. Intinya, bahwa seberapa besar dan seberapa macam cobaan yang diberikan Allah kepada hamba-Nya tetap saja tidak bisa mengalahkan besarnya kenikmatan yang dianugerahkan kepada makhluknya.

Diantara bentuk-bentuk ujian sebagaimana ayat tersebut adalah : 1) Sedikit rasa takut, seperti dalam bentuk keresahan hati menyangkut sesuatu yang buruk atau hal-hal yang tidak menyenangkan terkait apa yang akan terjadi. 2 ) Sedikit rasa lapar, seperti ketiadaan atau keterbatasan makanan sebagai pemenuhan kebutuhan primer. 3) Berkurangnya harta, seperti seseorang mengalami kebangkrutan. bencana alam, pencurian atau penipuan dalam bisnis, dan lain sebagainya. 4) Kekurangan jiwa, seperti kehilangan orang-orang yang dicintai dan terjadinya kematian. 5) Berkurangnya buah-buahan atau tanaman, seperti berkurangnya hasil panen karena bencana alam, serangan hama yang bisa menggagalkan panen atau panen bagus namun harga turun sehingga tidak sesuai dengan biaya tanam dan perawatan dengan harga jual di pasaran.

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Demokrasi

Terhadap bentuk-bentuk ujian tersebut yang diberikan Allah Swt. kepada hamba-Nya adalah tidak lain agar sang hamba semakin mendekatkan diri kepada Allah Swt dan juga menjadikan diri seorang hamba untuk kembali mendekatkan diri kepada-Nya. Allah Swt memerintahkan kepada Nabi Muhammad Saw, untuk memberi kabar gembira bagi siapa pun yang bersabar dalam segala bentuk ujian, yaitu kemuliaan dan keagungan karena telah sabar atas segala bentuk ujian baik di dunia ini maupun di akhirat nanti.

Sabar ini terbagi ke dalam tiga tingkatan. Pertama, sabar dalam menghadapi sesuatu yang menyakitkan, seperti musibah, bencana atau kesusahan. Kedua, sabar dalam meninggalkan perbuatan maksiat, dan Ketiga, sabar dalam menjalankan ketaatan.

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Dakwah

Ciri orang yang sabar sebagaimana dikehendaki ayat 155 adalah orang-orang yang memiliki kesadaran tinggi dan menempatkan logikanya menyikapi segala bentuk ujian dengan mengatakan  “Inna lillahi wa inna ilaihi raji‘un” , redaksi tersebut merupakan puncak “kepasrahan” seorang hamba untuk menyatakan bahwa segala sesuatu yang dilekatkan pada dirinya, baik berupa harta benda, keluarga yang dicintainya, dan lain sebagainya merupakan milik Allah dan pasti akan kembali kepada Allah Swt.

Sementara ayat 157 menegaskan bahwa sebagai ganti dari sifat sabar atas ujian yang telah diberikan adalah Allah akan memberikan keberkahan dalam hidupnya secara sempurna. Hal ini bisa jadi balasan sebagai ganti bagi orang-orang yang bersabar atas ujian atau cobaan Allah Swt antara lain: berupa limpahan pengampunan, pujian, menggantikan yang lebih baik dari sebelumnya dan lain sebagainya.

Baca Juga : Ayat Ayat Al Quran  Tentang Cinta Tanah Air

Related posts