Soal Essay Teks Eksplanasi dan Jawaban (Soal Teks Eksplanasi Kelas 11)

Soal Essay
Kumpulan Contoh Soal Essay dan Jawabannya, Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013

Soal Essay Teks Eksplanasi dan Jawabannya | Kelas 11 | Contoh Soal Essay | Wislah Indonesia | Soal Essay Hots | Pembahasannya |   

Contoh Soal Essay Teks Eksplanasi dan Jawaban

Melatih diri dengan berbagai macam Soal Essay Teks Eksplanasi bagi siswa adalah salah satu upaya untuk mengukur penguasaan materi Teks Eksplanasi.

Upaya tersebut (Latihan Soal Essay Teks Eksplanasi) juga penting untuk mengasah logika berpikritis siswa. Karena dengan melatihnya dengan berbagai jenis jenis pertanyaan, siswa diharapkan akan lebih mendalami materi tersebut, bukan hanya dari sisi hafalan materi Teks Eksplanasi. Tetapi juga dari struktur logika yang dibangun oleh guru melalui Soal Essay yang dibuat.


Contoh Soal Essay Teks Eksplanasi dalam tulisan ini hanyalah contoh Soal Essay. Bukan angka pasti. Artinya bukan “harus” diujikan pada siswa, tetapi diharapkan hanya sebagai referensi guru. Karena, mungkin di antara Soal Essay Teks Eksplanasi yang ada di bawah ini, cocok dan dirasa relevan dengan proses pembelajaran saat mengajar materi Teks Eksplanasi di kelasnya.

Dan kami akan lebih sangat bahagia, jika dengan modal Soal Essay Teks Eksplanasi di bawah ini, guru mengembangkannya menjadi Soal Essay dengan bentuk atau jenis Soal Essay lain, yang relevan situasi sosial mereka. Sehingga siswa merasakan bahwa Soal Essay yang dibuatkan untuknya adalah Soal Essay yang berkenaan dengan kehidupannya, bukanlah sesuatu yang abstrak dan jauh dari kebermanfaatan hidupanya.

Soal Essay Teks Eksplanasi dan Jawaban

Buatlah satu kalimat deretan penjelasan dalam teks eksplanasi pola pengembangan kronologis dengan menggunakan konjungsi hubungan waktu (kronologis)

Jawaban:

Kalimat harus berisi penjelasan terhadap suatu fenomena menggunakan konjungsi hubungan waktu (kronologis seperti: kemudian, lalu, setelah itu, pada akhirnya. “Air menguap karena panas matahari, kemudian setelah berada di atas air yang menguap tersebut akan mengembun dan membentuk awan”.

Tuliskan langkah-langkah menulis teks eksplanasi!

Jawaban

Terdapat 5 langkah yang harus diperhatikan dalam menulis teks eksplanasi, sebagai berikut:

– Penetuan tema yang mengandung suatu proses.

– Pengumpulan bahan-bahan (referensi).

– Pembuatan peta konsep atau peta pikiran.

– Peninjauan kembali bahan-bahan tulisan.

– Pengembangan peta konsep menjadi teks yang utuh.

Apa yang dimaksud dengan hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi?

Jawaban:

Maksud dari hubungan kausalitas dalam teks eksplanasi adalah hubungan yang dibentuk atas suatu kejadian (sebab) dan dampak (akibat) dari kejadian tersebut. Salah satu contoh dalam teks eksplanasi adalah pemanasan global.

Tuliskan cara menyunting teks eksplanasi!

Jawaban:

Dalam menyunting teks eksplanasi kita harus memerhatikan aspek aspek berikut;

  • Isinya, seperti kesesuain isi dengan judul, keilmuannya, serta ketiadaan pertentangan yang berkaitan dengan SARA.
  • Strukturnya, seperti kelengkapan bagian-bagiannya, susunan strukturnya, serta kepaduan hubungan antar bagiannya.
  • Bahasanya, seperti keefektifan kalimat, ketepatan pemilihan kata, dan kebakuan ejaan serta tanda bacanya.

Tuliskan ciri-ciri kebahasaan teks eksplanasi!

Jawaban:


Terdapat 3 ciri kebahasaan, yaitu;

  • Menggunakan bahasa lugas dan baku
  • Kata-kata teknis sesuai bidangnya
  • Kata-kata bermakna kronologis/kausalitas

Struktur teks eksplanasi terdiri atas?

Jawaban:

Struktur teks eksplanasi terdiri atas pernyataan umum, deretan penjelas, dan interpretasi.

Bagian dari teks eksplanasi yang berisi intisari atau kesimpulan dari pernyataan umum dan deretan penjelas disebut?

Jawaban:

Interpretasi adalah bagian teks yang merupakan intisari atau kesimpulan dari pernyataan umum dan deretan penjelas. Dengan demikian, bagian dari teks eksplanasi yang berisi kesimpulan disebut interpretasi.

Bagaimana bentuk tanggapan yang dapat kita lakukan dalam mengonstruksi Informasi teks eksplanasi?

Jawaban:

Bentuk tanggapan yang dapat kita lakukan dalam mengontruksi informasi teks eksplanasi adalah dengan berkomentar.

Maksud kalimat efektif yang harus sesuai kaidah?

Jawaban:

Kalimat efektif adalah kalimat yang disusun berdasarkan kaidah-kaidah yang berlaku, seperti unsur-unsur penting yang harus dimiliki setiap kalimat (subjek dan predikat); memperhatikan ejaan yang disempurnakan; serta cara memilih kata (diksi) yang tepat dalam kalimat.

Saat gempa terjadi dan permukaan dasar laut naik turun di sepanjang patahan maka saat itulah tsunami terbentuk. Patahan itu menyebabkan keseimbangan air laut terganggu. Patahan yang besar akan menghasilkan gelombang yang besar juga. Sesaat setelah gempa terjadi, air laut akan mengalami surut dan akan kembali ke daratan dalam bentuk gelombang besar (tsunami).Tsunami juga terjadi karena letusan gunung berapi di dasar laut yang mengakibatkan tingginya pergerakan air laut atau perairan di dekatnya. (…)

Teks di atas mengandung isi yang menjelaskan bahwa…

Jawaban:

Salah satu penyebab terjadinya tsunami adalah gempa bumi.

Pergunjingan merupakan bagian dari kehidupan sosial manusia sebagai sarana untuk meluapkan kekecewaan seseorang dlam suatu interaksi.Kalimat di atas dapat disisipkan pada struktur teks eksplanasi apa? utarakan alasanmu…

Jawaban:

Pernyataan umum, karena kalimat merupakan gambaran umum atas tema yang akan disampaikan.

Buatlah satu kalimat yang menggunakan konjungsi kausalitas!

Jawaban:

Kalimat harus menggunakan konjungsi hubungan sebab-akibat seperti: karena, akan, segera. “Tuti akan segera sembuh jika ia rajin meminum obatnya setiap hari”

Perhatikan beberapa kata/frasa di bawah ini

  • Industri pariwisata
  • sektor pertanian
  • kesenian daerah
  • industri kreatif

Kata mana saja yang merupakan contoh dari kata teknis/peristilahan dari teks eksplanasi? ungkapkan alasanmu

Jawaban:

Industri pariwisata, sektor pertanian dan industri kreatif. Karena semua itu merujuk pada peristilahan dalam bidang industri, sementara kesenian daerah adalah kata benda fenomena.

Terimakasih sudah berkunjung di Wislah.com, khususnya dalam artikel ini. Yaitu postingan tentang Soal Essay Teks Eksplanasi dan jawaban Kelas 11. Sebagai informasi tambahan, wislah.com tumbuh dan berkembang hanya dengan iklan yang ada dalam website ini. Sehingga support pengunjung menjadi hal yang sangat penting bagi kami. Sebelum pemberian dukungannya, kami ucapkan terimakasih.

Related posts