Soal Essay Kelangkaan dan Kebutuhan Manusia Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi (Beserta Jawaban)

Soal Essay
Kumpulan Contoh Soal Essay dan Jawabannya, Kurikulum Merdeka dan Kurikulum 2013

Soal Essay Kelangkaan dan Kebutuhan Manusia Kelas 7 | Jawaban | Kurikulum 2013 Revisi | Wislah Indonesia |

Soal Essay Kelangkaan dan Kebutuhan Manusia Kelas 7

Tulisan ini berisi kumpulan contoh soal essay Kelangkaan dan Kebutuhan Manusia Kelas 7 Untuk Mata Pelajaran IPS. Sangat cocok bukan dengan pencarian kamu di mesin pencari? Kamu bisa baca kumpulan soal di bagian sub ke 2 tulisan ini “Contoh Soal Essay Kelangkaan dan Kebutuhan Manusia Kelas 7”.

Soal Essay IPS Untuk Guru dan Murid

Soal essay IPS adalah salah satu jenis soal yang sering diberikan oleh guru IPS kepada siswa di berbagai tingkatan pendidikan. Soal essay IPS memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan baik oleh guru maupun siswa. Berikut adalah beberapa manfaat dari soal essay IPS:


Manfaat bagi Guru:

  • Evaluasi Kemampuan Siswa: Soal essay IPS memungkinkan guru untuk mengevaluasi kemampuan siswa secara lebih mendalam, karena siswa harus menjawab pertanyaan dengan menjelaskan atau memberikan contoh yang spesifik. Dengan begitu, guru bisa memahami lebih jelas kemampuan siswa dalam memahami materi yang diajarkan.
  • Evaluasi Kemampuan Menulis: Soal essay IPS juga membantu guru untuk mengevaluasi kemampuan menulis siswa, karena siswa harus mampu mengungkapkan jawaban mereka secara jelas dan koheren. Hal ini akan membantu guru untuk mengetahui sejauh mana kemampuan menulis siswa dan juga membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan menulisnya.
  • Menstimulasi Berpikir Kritis: Soal essay IPS juga dapat membantu guru untuk menstimulasi berpikir kritis siswa, karena siswa harus mampu menyajikan jawaban yang jelas, berargumentasi dan mempertahankan pendapat mereka. Dengan begitu, siswa akan terbiasa berpikir secara kritis dan analitis.

Manfaat bagi Siswa:

  • Mengetahui Tingkat Pemahaman: Dengan menjawab soal essay IPS, siswa dapat mengetahui tingkat pemahaman mereka terhadap materi yang diajarkan oleh guru. Hal ini membantu siswa dalam mengevaluasi kelemahan dan kekuatan mereka dalam memahami suatu materi.
  • Mengembangkan Kemampuan Menulis: Soal essay IPS membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan menulis, karena siswa harus mampu menyajikan jawaban secara jelas dan koheren. Dengan sering menjawab soal essay IPS, siswa akan terbiasa mengembangkan kemampuan menulis mereka.
  • Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis: Soal essay IPS juga dapat membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis, karena siswa harus mampu menyajikan argumen dan pendapat mereka secara jelas dan logis. Dengan begitu, siswa akan terbiasa berpikir secara kritis dan analitis.

Dalam kesimpulannya, soal essay IPS memiliki manfaat yang banyak, baik bagi guru maupun siswa. Guru bisa mengevaluasi kemampuan siswa secara lebih mendalam, sedangkan siswa bisa mengetahui tingkat pemahaman mereka dan mengembangkan kemampuan menulis dan berpikir kritis mereka. Oleh karena itu, soal essay pada mata pelajaran IPS merupakan salah satu metode evaluasi yang efektif dan penting dalam proses pembelajaran.

Contoh Soal Essay Kelangkaan dan Kebutuhan Manusia Kelas 7

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi dan berikan contohnya dalam kehidupan sehari-hari!

Jawaban:

Kelangkaan adalah kondisi ketika sumber daya yang tersedia tidak mencukupi untuk memenuhi semua kebutuhan dan keinginan manusia. Contohnya, air bersih di suatu wilayah yang terbatas atau jumlah tanah yang tersedia untuk pertanian yang terbatas di suatu negara.

2. Apa perbedaan antara kebutuhan dan keinginan? Jelaskan!

Jawaban:

Kebutuhan adalah sesuatu yang diperlukan manusia untuk bertahan hidup, seperti makanan, air, dan tempat tinggal, sedangkan keinginan adalah sesuatu yang diinginkan manusia untuk meningkatkan kualitas hidup, seperti mobil atau pakaian merek tertentu. Kebutuhan bersifat mendesak, sedangkan keinginan tidak.

3. Jelaskan tindakan ekonomi yang diambil oleh manusia untuk mengatasi masalah kelangkaan!

Jawaban:

Manusia dapat mengambil tindakan ekonomi berupa produksi dan konsumsi barang dan jasa. Produksi dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia dengan menggunakan sumber daya yang tersedia secara efisien. Sedangkan konsumsi adalah tindakan membeli dan menggunakan barang dan jasa yang dibutuhkan atau diinginkan.

4. Apa prinsip ekonomi yang digunakan dalam pengambilan keputusan ekonomi? Jelaskan!

Jawaban:

Ada tiga prinsip ekonomi yang digunakan dalam pengambilan keputusan ekonomi, yaitu prinsip kesempatan, prinsip biaya, dan prinsip manfaat. Prinsip kesempatan menjelaskan bahwa manusia harus memilih di antara alternatif yang ada karena sumber daya terbatas, prinsip biaya menjelaskan bahwa manusia harus mempertimbangkan biaya kesempatan dari alternatif yang dipilih, dan prinsip manfaat menjelaskan bahwa manusia harus memaksimalkan manfaat dari alternatif yang dipilih.

5. Apa yang dimaksud dengan kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi? Bagaimana kelangkaan memengaruhi kegiatan ekonomi?

Jawaban:

Kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi terjadi ketika sumber daya yang tersedia tidak mencukupi untuk memenuhi semua kebutuhan dan keinginan manusia. Karena sumber daya terbatas, manusia harus memilih dan mengalokasikan sumber daya yang tersedia secara efisien untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka. Kelangkaan memengaruhi kegiatan ekonomi dengan mendorong manusia untuk memproduksi barang dan jasa yang paling diperlukan dan diinginkan, menggunakan sumber daya secara efisien, dan mempertimbangkan biaya kesempatan dari setiap pilihan.

6. Jelaskan perbedaan antara kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder!

Jawaban:

Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia, seperti makanan, air, pakaian, dan tempat tinggal. Sedangkan kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang memperbaiki kualitas hidup manusia, seperti hiburan, transportasi, atau gadget. Kebutuhan primer harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum kebutuhan sekunder dapat dipenuhi.

7. Jelaskan tindakan yang dapat dilakukan manusia untuk mengatasi masalah kelangkaan!

Jawaban:

Manusia dapat melakukan beberapa tindakan untuk mengatasi masalah kelangkaan, seperti memproduksi barang dan jasa yang diperlukan, menggunakan sumber daya secara efisien, memilih alternatif dengan biaya kesempatan yang rendah, dan memaksimalkan manfaat dari setiap pilihan.

8. Apa prinsip-prinsip ekonomi yang digunakan dalam mengambil keputusan ekonomi? Jelaskan masing-masing prinsip!

Jawaban:

Ada tiga prinsip ekonomi yang digunakan dalam mengambil keputusan ekonomi, yaitu prinsip kesempatan, prinsip biaya, dan prinsip manfaat. Prinsip kesempatan menjelaskan bahwa manusia harus memilih di antara alternatif yang ada karena sumber daya terbatas, prinsip biaya menjelaskan bahwa manusia harus mempertimbangkan biaya kesempatan dari setiap alternatif, dan prinsip manfaat menjelaskan bahwa manusia harus memaksimalkan manfaat dari setiap pilihan yang mereka buat.

9. Jelaskan pengertian kelangkaan sebagai permasalahan ekonomi! Berikan contoh dari kehidupan sehari-hari!


Jawaban:

Kelangkaan adalah ketika sumber daya yang tersedia tidak mencukupi untuk memenuhi semua kebutuhan dan keinginan manusia. Contoh dari kelangkaan dalam kehidupan sehari-hari adalah ketika seseorang harus memilih antara membeli makanan atau membeli baju karena uang yang tersedia terbatas.

10. Apa saja prinsip-prinsip ekonomi yang harus dipertimbangkan ketika manusia mengambil keputusan ekonomi?

Jawaban:

Ada tiga prinsip ekonomi yang harus dipertimbangkan ketika manusia mengambil keputusan ekonomi, yaitu prinsip kesempatan, prinsip biaya, dan prinsip manfaat. Prinsip kesempatan mengatakan bahwa manusia harus memilih di antara alternatif yang ada karena sumber daya terbatas, prinsip biaya mengatakan bahwa manusia harus mempertimbangkan biaya kesempatan dari setiap alternatif, dan prinsip manfaat mengatakan bahwa manusia harus memaksimalkan manfaat dari setiap pilihan yang mereka buat.

11. Apa yang dimaksud dengan kebutuhan manusia? Bagaimana kebutuhan manusia mempengaruhi tindakan dan motivasi ekonomi manusia?

Jawaban:

Kebutuhan manusia adalah kebutuhan dasar yang harus dipenuhi agar manusia dapat bertahan hidup dan memenuhi keinginan yang diinginkan. Kebutuhan manusia mempengaruhi tindakan dan motivasi ekonomi manusia dengan mendorong manusia untuk mencari cara untuk memenuhi kebutuhan mereka dengan cara yang efektif dan efisien.

12. Jelaskan langkah-langkah tindakan yang dapat dilakukan manusia untuk mengatasi masalah kelangkaan!

Jawaban:

Langkah-langkah tindakan yang dapat dilakukan manusia untuk mengatasi masalah kelangkaan adalah memproduksi barang dan jasa yang paling dibutuhkan, menggunakan sumber daya secara efisien, memilih alternatif dengan biaya kesempatan yang rendah, dan memaksimalkan manfaat dari setiap pilihan. Dengan melakukan tindakan-tindakan ini, manusia dapat meminimalkan dampak dari kelangkaan dan mencapai tujuan ekonomi mereka dengan lebih baik.

13. Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor penyebab terjadinya kelangkaan dalam kegiatan ekonomi!

Jawaban:

Ada beberapa faktor penyebab terjadinya kelangkaan dalam kegiatan ekonomi, yaitu:

a. Terbatasnya sumber daya alam, seperti air, tanah, udara, dan lain-lain.

b. Pertumbuhan populasi manusia yang tidak seimbang dengan pertumbuhan sumber daya alam yang tersedia.

c. Kemajuan teknologi yang membutuhkan sumber daya alam untuk diolah dan dijadikan barang dan jasa.

d. Perubahan iklim dan bencana alam yang dapat merusak sumber daya alam.

14. Sebutkan jenis-jenis kebutuhan manusia! Berikan contoh untuk masing-masing jenis kebutuhan tersebut!

Jawaban:

Jenis-jenis kebutuhan manusia meliputi kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier. Contoh dari masing-masing jenis kebutuhan adalah:

a. Kebutuhan primer, yaitu kebutuhan yang sangat penting untuk bertahan hidup, seperti makanan, air, pakaian, dan tempat tinggal.

b. Kebutuhan sekunder, yaitu kebutuhan yang tidak terlalu penting untuk bertahan hidup, tetapi masih diperlukan untuk kehidupan yang lebih baik, seperti hiburan, pendidikan, dan transportasi.

c. Kebutuhan tersier, yaitu kebutuhan yang bersifat mewah dan tidak diperlukan untuk kehidupan, seperti perhiasan, mobil mewah, dan liburan ke luar negeri.

15. Sebutkan prinsip-prinsip ekonomi yang harus diperhatikan dalam pengambilan keputusan ekonomi!

Jawaban:

Prinsip-prinsip ekonomi yang harus diperhatikan dalam pengambilan keputusan ekonomi adalah prinsip kesempatan, prinsip biaya, dan prinsip manfaat. Prinsip kesempatan mengatakan bahwa manusia harus memilih di antara alternatif yang ada karena sumber daya terbatas, prinsip biaya mengatakan bahwa manusia harus mempertimbangkan biaya kesempatan dari setiap alternatif, dan prinsip manfaat mengatakan bahwa manusia harus memaksimalkan manfaat dari setiap pilihan yang mereka buat.

16. Sebutkan tindakan-tindakan yang dapat dilakukan manusia untuk mengatasi masalah kelangkaan!

Jawaban:

Tindakan-tindakan yang dapat dilakukan manusia untuk mengatasi masalah kelangkaan meliputi:

a. Memproduksi barang dan jasa yang paling dibutuhkan.

b. Menggunakan sumber daya secara efisien.

c. Memilih alternatif dengan biaya kesempatan yang rendah.

d. Memaksimalkan manfaat dari setiap pilihan.

e. Dengan melakukan tindakan-tindakan ini, manusia dapat meminimalkan dampak dari kelangkaan dan

17. Bagaimana kelangkaan dapat mempengaruhi harga barang dan jasa?

Jawaban:

Kelangkaan dapat mempengaruhi harga barang dan jasa karena semakin langka suatu barang atau jasa, semakin tinggi pula harganya. Hal ini disebabkan oleh hukum penawaran dan permintaan di mana jika permintaan tinggi dan penawaran rendah, maka harga barang atau jasa akan naik.

18. Bagaimana tindakan manusia dalam memilih alternatif dapat dipengaruhi oleh prinsip manfaat?

Jawaban:

Prinsip manfaat mengatakan bahwa manusia harus memaksimalkan manfaat dari setiap pilihan yang mereka buat. Dalam memilih alternatif, manusia akan mempertimbangkan manfaat yang akan diperoleh dari setiap alternatif dan memilih alternatif yang memberikan manfaat terbesar.

19. Bagaimana penggunaan sumber daya secara efisien dapat membantu mengatasi masalah kelangkaan?

Jawaban:

Penggunaan sumber daya secara efisien dapat membantu mengatasi masalah kelangkaan karena dengan menghemat penggunaan sumber daya, manusia dapat memproduksi lebih banyak barang dan jasa dengan sumber daya yang sama. Hal ini dapat mengurangi tekanan pada sumber daya alam yang terbatas dan membantu memenuhi kebutuhan manusia dengan lebih baik.

20. Bagaimana tindakan manusia untuk memproduksi barang dan jasa yang paling dibutuhkan dapat membantu mengatasi masalah kelangkaan?

Jawaban:

Tindakan manusia untuk memproduksi barang dan jasa yang paling dibutuhkan dapat membantu mengatasi masalah kelangkaan dengan memastikan bahwa sumber daya yang tersedia digunakan untuk memproduksi barang dan jasa yang paling diperlukan. Dengan memproduksi barang dan jasa yang paling dibutuhkan, manusia dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dengan lebih baik dan mengurangi kelangkaan barang dan jasa yang penting.

21. Bagaimana pertumbuhan populasi manusia dapat memperburuk masalah kelangkaan?

Jawaban:

Pertumbuhan populasi manusia dapat memperburuk masalah kelangkaan karena semakin banyak orang yang membutuhkan sumber daya alam, semakin cepat sumber daya tersebut habis. Jika pertumbuhan populasi manusia terus meningkat tanpa diimbangi dengan pertumbuhan sumber daya alam yang memadai, maka kelangkaan barang dan jasa yang penting akan semakin meningkat dan mengancam kesejahteraan manusia.

Penutup

Dan itulah akhir dari tulisan tentang Soal Essay Kelangkaan dan Kebutuhan Manusia Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi (Beserta Jawaban). Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam mempersiapkan diri menghadapi ujian. Jangan lupa, selain belajar dengan tekun, jangan lupa juga untuk istirahat yang cukup dan melakukan aktivitas yang menyenangkan agar otak tetap segar dan siap menerima informasi baru. Sampai jumpa di tulisan selanjutnya!

Related posts