9 Pengertian Literasi Keuangan, Komponen dan Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Keuangan

  • Whatsapp
Pengertian Literasi Keuangan, Komponen dan Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Keuangan

Literasi Keuangan Adalah | Pengertian Literasi Keuangan Menurut Para Ahli | Komponen Literasi Keuangan | Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Keuangan |

Pengertian Literasi Keuangan Menurut Para Ahli

Berikut adalah beberapa definisi literasi keuangan menurut para ahli yang kami kutip dari berbagai sumber:



  1. Menurut Manurung, literasi keuangan adalah seperangkat keterampilan dan pengetahuan yang memungkinkan seorang individu untuk membuat keputusan dan efektif dengan semua sumber daya keuangan mereka.
  2. Menurut Chen dan Volpe, literasi keuangan adalah sebagai kemampuan mengelola keuangan agar hidup bisa lebih sejahtera dimasa yang akan datang.
  3. Menurut Kaly, hudson dan Vush, literasi keuangan adalah kemampuan untuk memahami kondisi keuangan serta konsep-konsep keuangan dan untuk merubah pengetahuan itu secara tepatkedalamprilaku.
  4. Menurut Lusardi, literasi keuangan dapat diartikan sebagai pengetahuan keuangan dengan tujuan mencapai kesejahteraan.
  5. Menurut Houston, literasi keuangan terjadi ketika individu memiliki sekumpulan keahlian dan kemampuan yang membuat orang tersebut mampu memanfaatkan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan yang diharapkan.
  6. Menurut Angela A. Hung Andrew M, Literasi keuangan adalah pengetahuan, kemampuan individu dalam mengelola keuangan sumber daya yang efektif untuk mencapai kesejahteraan keuangan.
  7. Menurut Hogarth, literasi keuangan adalah cara bagaimana seseorang dapat mengelola keuangan dalam hal asuransi, tabungan, investasi, dan penganggarannya.
  8. Berdasarkan The Association of Chartered Certified Accountants, konsep literasi keuangan mencakup pengetahuan dan kemampuan komunikasi mengenai konsep keuangan, kemampuan dalam mengelola dan melakukan keputusan keuangan dalam kondisi tertentu.
  9. Menurut Lusardi, literasi keuangan terdiri dari kemampuan dan pengetahuan mengenai keuangan yang dimiliki seseorang untuk mengelola dan menggunakan sejumlah uang untuk meningkatkan taraf hidupnya.
Baca Juga :   Memahami Beban Kerja Dosen (BKD), Menuju Kampus Merdeka

Komponen Literasi Keuangan

Berikut adalah penjelasan tentang komponen dalam literasi keuangan:





Komponen literasi keuangan terdiri dari :

  • Financial Knowledge;
  • Financial Behavior;
  • Financial Attitude.

Untuk mengklasifikasikan komponen literasi keuangan tersebut dikategorikan dalam 4 hal yaitu:

  • Well Literate: mempunyai pemahaman/pengetahuan dan keyakinan terkait dengan lembaga jasa keuangan, produk, dan layanan keuangan, dalam hal ini termasuk fitur, manfaat dan risiko, hak dan kewajiban produk dan jasa/layanan keuangan, serta memiliki keterampilan dalam penggunaan produk dan layanan keuangan.
  • Sufficient Literate: mempunyai pemahaman/pengetahuan dan keyakinan terkait dengan lembaga jasa keuangan serta produk dan jasa/layanan keuangan, termasuk fitur, manfaat dan risiko, hak dan kewajiban terkait produk dan jasa/layanan keuangan.
  • Less Literate: hanya mempunyai pemahaman/pengetahuan tentang lembaga jasa keuangan, produk dan jasa keuangan.
  • Not Literate: tidak mempunyai pemahaman dan keyakinan tentang lembaga jasa keuangan serta produk dan jasa keuangan, serta tidak memiliki keterampilan dalam menggunakan produk dan jasa/layanan keuangan
Baca Juga :   10 Pengertian Bullying, Jenis, Dampak, Ciri Korban dan Pelaku, Serta Faktor Penyebab Terjadi Bullying

Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Keuangan

Berikut adalah penjelasan tentang faktor yang mempengaruhi literasi keuangan:

Faktor yang mempengaruhi literasi keuangan menurut Chiara Monticone:

  • Karakteristik demografi (gender, etnis, pendidikan dan kemampuan kognitif)
  • Latar belakang keluarga, kekayaan serta preferensi waktu.

Angelo Capuano dan Ian Ramsay menjelaskan bahwa faktor personal (intelegensi dan kemampuan kognitif), sosial dan ekonomi dapat mempengaruhi literasi keuangan dan perilaku keuangan seseorang.



Related posts