4 Macam Kebutuhan Manusia, Menurut Intensitas Kebutuhan, Sifatnya, Waktunya, dan Menurut Subjek yang Dibutuhkan

  • Whatsapp
Macam Kebutuhan Manusia, Menurut Intensitas Kebutuhan, Sifatnya, Waktunya, dan Menurut Subjek yang Dibutuhkan

Macam Macam Kebutuhan Manusia | Menurut Intensitas Kebutuhan | Menurut Sifatnya | Menurut Waktunya | Menurut Subjek yang Dibutuhkan |

Pengertian Kebutuhan Manusia

Kebutuhan adalah suatu keinginan manusia atas benda dan jasa yang perlu dipenuhi untuk mempertahankan hidupnya.



Macam Macam Kebutuhan Manusia

Kebutuhan Manusia Menurut Intensitas Kebutuhan

Menurut intensitas kebutuhan dibagi menjadi tiga, yaitu sebagai berikut.

Baca Juga :   Pengurusan Jenazah : Memandikan, Mengkafani, Menyalati dan Menguburkan


Kebutuhan Primer (Kebutuhan Pokok)

Kebutuhan primer adalah kebutuhan yang harus dipenuhi untuk kelangsungan hidup manusia. Contoh kebutuhan primer seperti pangan, sandang, dan papan.

Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang harus dipenuhi setelah memenuhi kebutuhan primer. Contoh ke butuhan sekunder seperti sepeda motor, lemari es, televisi, dan sebagainya.

Kebutuhan Tersier

Kebutuhan tersier adalah kebutuhan akan barang mewah. Contoh kebutuhan tersier seperti mobil, rumah mewah, mesin cuci, perhiasan, dan sebagainya.

Kebutuhan Manusia Menurut Sifatnya

Menurut sifatnya, kebutuhan dibagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut.

Kebutuhan Jasmani

Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang diperlukan oleh fisik manusia untuk kelangsungan hidupnya. Contoh kebutuhan jasmani, seperti makanan yang bergizi, obat obatan, vitamin, minyak wangi, dan sebagainya.

Baca Juga :   Kifarat : Pengertian, Macam dan Hikmah


Kebutuhan Rohani

Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang diperlukan manusia untuk memenuhi kepuasan batin. Contoh kebutuhan rohani seperti beribadah, rekreasi, dan menambah ilmu.

Kebutuhan Manusia Menurut Waktunya

Menurut waktunya, kebutuhan dibagi menjadi tiga, yaitu sebagai berikut.

Kebutuhan Sekarang

Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang harus dipenuhi saat itu juga. Contoh kebutuhan sekarang seperti makan saat lapar, minum saat haus, obat saat sakit, dan sebagainya.

Kebutuhan Masa Depan atau Akan Datang

Kebutuhan masa depan adalah kebutuhan yang diperlu kan di masa akan datang dan penyediaannya dilakukan pada saat ini. Contoh kebutuhan masa depan, seperti menabung untuk hari tua, investasi, menyimpan makanan untuk masa paceklik, dan sebagainya.

Baca Juga :   Hadist Tentang Hidup Jujur dan Adil dalam Perdagangan : Sanad dan Matan, Terjemah, Kualitas, Isi Kandungan, dan Hikmah

Kebutuhan Darurat

Kebutuhan darurat adalah kebutuhan yang dikarenakan sesuatu yang tiba-tiba dan tidak direncanakan. Contoh kebutuhan darurat, seperti ke dokter saat sakit, ke psikiater saat ingin konsultasi, dan sebagainya.

Kebutuhan Manusia Menurut Subjek yang Dibutuhkan

Menurut subjek yang membutuhkan dibagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut.

Kebutuhan Individual

Kebutuhan individu adalah kebutuhan yang harus dipenuhi karena berhubungan dengan keinginan setiap individu yang berbeda. Contoh kebutuhan individual seperti siswa yang membutuhkan seragam, buku, dan peralatan tulis sekolah.

Kebutuhan Kelompok

Kebutuhan kelompok adalah kebutuhan yang berhubung an dengan penggunaan barang dan jasa oleh sekelompok orang. Contoh kebutuhan kelompok seperti jalan raya, tempat ibadah, rumah sakit, dan sebagainya.



Related posts