Contoh Soal Essay Tentang Puasa Beserta Jawabannya

Contoh Soal Essay Tentang Puasa Beserta Jawabannya
Contoh Soal Essay Tentang Puasa Beserta Jawabannya

5. Apa saja hal-hal yang dapat membatalkan puasa menurut ajaran Islam? Berikan penjelasan dan contohnya.

Jawaban:

Hal-hal yang dapat membatalkan puasa menurut ajaran Islam antara lain makan dan minum, hubungan suami istri, muntah dengan sengaja, darah haid atau nifas bagi perempuan, gila atau sakit jiwa, serta keluarnya cairan mani dengan sengaja. Contohnya adalah seseorang yang sengaja makan atau minum saat berpuasa.


6. Apa hikmah dari berpuasa dalam Islam? Jelaskan.

Jawaban:

Hikmah dari berpuasa dalam Islam antara lain meningkatkan iman dan takwa, menumbuhkan rasa solidaritas terhadap sesama, melatih kesabaran, mengendalikan hawa nafsu, mendidik kesediaan untuk bersifat jujur, dan memberikan waktu istirahat bagi organ-organ tubuh.

7. Apa yang dimaksud dengan puasa kifarat dalam Islam? Jelaskan penyebab-penyebab puasa kifarat beserta contohnya.

Jawaban:

Puasa kifarat adalah puasa yang wajib dikerjakan karena melanggar suatu aturan yang telah ditentukan. Penyebab-penyebab puasa kifarat antara lain tidak mampu memenuhi nazar, berkumpul dengan istri pada siang hari di bulan Ramadan, membunuh secara tidak sengaja, melakukan zihar kepada istri, dan sebagainya.

8. Mengapa puasa pada hari raya Idul Fitri dan Idul Adha diharamkan dalam Islam?

Jawaban:


Puasa pada hari raya Idul Fitri dan Idul Adha diharamkan dalam Islam karena hari tersebut adalah hari yang dirayakan sebagai hari raya, bukan sebagai hari berpuasa. Umat Islam diwajibkan untuk merayakannya dengan gembira dan bersyukur atas berkah yang diberikan Allah.

Baca Juga: 10 Contoh Soal Essay Pendapatan Nasional dan Jawabannya, Kelas 11 SMA, Coba Jawab Dulu Sebelum Cek Jawabannya

9. Apa yang dimaksud dengan puasa qada dalam Islam? Jelaskan dengan contoh.

Jawaban:

Puasa qada adalah puasa yang dilakukan untuk mengganti kewajiban sesudah lewat waktunya. Contohnya adalah seseorang yang meninggalkan puasa karena sedang haid, maka ia berkewajiban untuk mengganti puasa tersebut di bulan yang lain.

10. Mengapa puasa pada hari tasyrik (tanggal 11, 12, dan 13 Zulhijjah) diharamkan dalam Islam?

Jawaban:

Puasa pada hari tasyrik diharamkan dalam Islam karena hari tersebut merupakan hari yang dirayakan sebagai bagian dari ibadah haji, bukan sebagai hari berpuasa. Mereka yang menunaikan ibadah haji tidak disunnahkan untuk berpuasa pada hari tersebut, sehingga puasa pada hari tasyrik diharamkan.

Related posts