Capaian Pembelajaran Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Kelas 7, 8, 9 SMP (Fase D) Kurikulum Merdeka

  • Whatsapp
Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Kelas 7, 8, 9 SMP | Capaian Pembelajaran Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Fase D | CP Fase D | Kurikulum Merdeka |

Capaian Pembelajaran Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Kelas 7, 8, 9 SMP Fase D

Capaian pembelajaran secara umum dan menyeluruh dari semua mata pelajaran dalam seluruh jenjang pendidikan di Indonesia, sebenarnya bisa didapat dari “Salinan Lampiran I Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Nomor 008/Kr/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka”.

Namun dengan jumlah halamannya yang sangat banyak (baca: lebih dari seribu), membutuhkan waktu yang lama jika informasi yang butuhkan hanya tentang Capaian Pembelajaran Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Kelas 7, 8, 9 SMP.

Baca Juga :   Capaian Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 11 & 12 SMA / SMK (Fase F) Kurikulum Merdeka

Karenanya pada bagian ini, wislah.com menyajikan Capaian Pembelajaran Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Kelas 7, 8, 9 SMP yang disadur dari salinan lampiran tersebut.



Capaian Pembelajaran Umum

Peserta didik mampu menghargai dan menghayati ajaran Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa sehingga dapat menunjukkan sikap budi pekerti luhur dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam pada jangkauan pergaulan dan keberadaannya. Peserta didik juga mampu memahami dan menggunakan pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural berdasarkan rasa ingin tahu tentang ilmu dan teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata sehingga menumbuhkan rasa syukur atas adanya kekuasaan dan keberadaan Tuhan. Selain itu, peserta didik juga harus mampu mengolah, menyajikan, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan sudut padang yang sama dalam ajaran Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Diakhir fase ini, peserta didik mampu menyimpulkan dan menjelaskan secara nalar pentingnya budi pekerti luhur dalam ajaran Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta menjelaskan bukti-bukti kemahakuasaan Tuhan dalam berbagai kehidupan baik itu lingkungan keluarga, teman, guru, serta sekolah, bahkan di lingkungan berbangsa dan bernegara. Peserta didik juga mampu menunjukkan sikap budi pekerti luhur dalam lingkungan keluarga, sekolah, dan lingkungan sekitarnya serta lingkungan sosial dan alam pada jangkuan pergaulan dan keberadaannya.

Baca Juga :   Capaian Pembelajaran Geografi Kelas 10 SMA / SMK / MA (Fase E) Kurikulum Merdeka



Capaian Pembelajaran Per Elemen

Sejarah

Pada akhir Fase D, peserta didik dapat mengaitkan sejarah keteladanan tokoh –tokoh Kepercayaan terhadap Tuhan YME untuk meningkatkan nilai penghayatan Kepercayaan. Peserta didik mengahayati ajaran Kepercayaan dan mengkontruksi sejarah dan perjuangan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa meliputi keteladanan dan perjuangan pendidikan dan kemanusiaan menjadi nilai yang terkristalisasi dalam lingkup pergaulan global.

Keagungan Tuhan

Pada akhir Fase D, peserta didik dapat menceritakan adanya Tuhan dan Tuhan itu Maha Esa serta sifat-sifat Tuhan. Peserta didik dapat menceritakan kemahakuasaan Tuhan dalam berbagai peristiwa kehidupan. Peserta didik dapat mengakui dan menerima adanya keterbatasan dalam diri manusia.

Budi Pekerti

Pada akhir Fase D, peserta didik dapat Menunjukkan sikap kepedulian dalam berbagai peristiwa kehidupan dengan lingkungan dan masyarakat di sekitarnya serta kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca Juga :   Capaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 5 & 6 SD (Fase C) Kurikulum Merdeka

Martabat Spiritual

Pada akhir Fase D, peserta didik dapat memahami dan menjelaskan perilaku bersyukur atas karunia ciptaan Tuhan dengan memperlihatkan rasa cinta kepada sesama makhluk Tuhan sebagai bukti ciptaan-Nya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta lingkungan yang beragam. Peserta didik juga dapat memperagakan budaya lokal daerah yang bersumber dari kearifan lokal yang dikuasai sebagai wujud rasa bersyukur. Peserta didik juga dapat menjelaskan Fungsi budaya nusantara, manfaat pengembangan budaya ritual, dan Interaksi budaya nusantara dan budaya global.

Larangan dan Kewajiban

Pada akhir Fase D, peserta didik dapat menunjukkan dan menjelaskan perbuatan baik dan perbuatan buruk. Peserta didik dapat menjelaskan pentingnya menunaikan kewajiban dalam Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa




Related posts