Hubungan Pancasila dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (Rangkuman Materi Pendidikan Pancasila Kelas 9 SMP Kurikulum Merdeka)

Perkalian dan Pembagian Bilangan Desimal, Contoh dan Cara Menghitungnya (Rangkuman Materi Matematika SD/MI Kelas 4 Bab 16) Kurikulum Merdeka

Hubungan Pancasila dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia | Rangkuman Materi Pendidikan Pancasila Kelas 9 | Bab 1 | SMP | Kurikulum Merdeka | Wislah Indonesia |

Hubungan Pancasila dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Alinea keempat Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 menguraikan tujuan dibentuknya Pemerintahan Indonesia, yang meliputi perlindungan terhadap seluruh Bangsa Indonesia dan tumpah darah Indonesia, kemajuan kesejahteraan umum, pemberdayaan kehidupan bangsa melalui pendidikan, serta partisipasi dalam menciptakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Selanjutnya, disampaikan bahwa Negara Republik Indonesia, yang berkedaulatan rakyat, berlandaskan pada prinsip-prinsip Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, dan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Hubungan antara Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia tercermin dalam alinea keempat UUD NRI Tahun 1945. Pancasila menjadi dasar pembentukan negara, menjadikan pentingnya pemerintahan Indonesia berpegang pada nilai-nilai Pancasila. Pembangunan Indonesia ditekankan harus mengusung semangat Pancasila yang kuat. Dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, Indonesia tumbuh berdasarkan prinsip-prinsip ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan sosial. Nilai-nilai inilah yang menjadi kunci bagi kemajuan Indonesia dan dasar bagi pemerintah dalam melindungi rakyat. Prinsip negara merdeka adalah memberikan perlindungan kepada semua warganya.



Tantangan membangun Indonesia yang sejahtera kompleks, seiring dengan keragaman suku, agama, asal daerah, dan kondisi sosial ekonomi, ditambah dampak pandemi Covid-19 dalam beberapa tahun terakhir. Berbagai sektor seperti ekonomi, budaya, kesehatan, dan pendidikan harus menghadapi masalah ini. Geografi Indonesia yang luas, sektor-sektor pelayanan seringkali menghadapi tantangan dan hambatan, seperti akses transportasi, listrik, dan internet yang tidak merata. Situasi ini menghambat efektivitas pelayanan publik dan menuntut pemerintah untuk mengatasi masalah lebih cepat dan tepat.

Misalnya dalam pendidikan, pandemi Covid-19 menghadirkan tantangan dalam pembelajaran jarak jauh. Masyarakat dengan akses terbatas terhadap listrik dan internet serta dukungan pendampingan mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran. Penduduk di wilayah terpencil menghadapi kendala lebih besar dibandingkan dengan wilayah perkotaan yang lebih terkoneksi. Dalam semangat Pancasila, semua warga negara di Negara Kesatuan Republik Indonesia dijamin mendapatkan perlindungan selama pandemi. Pemerintah berupaya memberikan program bantuan untuk membantu masyarakat yang kesulitan akibat pandemi.

Semangat Pancasila menjadi panduan dalam mengatur kehidupan negara berdasarkan norma-norma yang bertujuan mencapai masyarakat yang adil dan sejahtera, sebagaimana tercermin dalam tujuan pembangunan Indonesia dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945, yaitu memajukan kesejahteraan umum.

Related posts