Apa Arti Fotosintesis ? Manfaatnya bagi Tumbuhan dan Kehidupan

  • Whatsapp
Fotosintesis


Arti Fotosintesis | Pengertian Fotosintesis | Definisi Fotosintesis | Manfaat Fotosintesis | Manfaat Fotosintesis bagi Tanaman dan Kehidupan

Tanya 1 : Apa Arti Fotosintesis ?

Jawab 1 : Arti Fotosintesis

Arti Fotosintesis menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah pemanfaatan energi cahaya matahari oleh tumbuhan berhijau daun atau bakteri untuk mengubah karbondioksida dan air menjadi karbohidrat.

Fotosintesis merupakan sebuah proses penting yang hanya terjadi pada tumbuhan saja. Tidak hanya penting untuk tumbuhan, fotosintesis juga berperan penting dalam kehidupan manusia dan hewan lainnya. 



Jika hewan perlu bergantung kepada makhluk hidup lainnya untuk mendapatkan sumber makanan tidak demikian dengan tumbuhan. Tumbuhan bisa memproduksi makanannya sendiri.  Tumbuhan bisa “menciptakan” makanan mereka sendiri yang proses produksinya tersebut dinamai fotosintesis. Mengutip laman BBC UK, fotosintesis adalah reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh tumbuhan.  Reaksi ini merupakan hasil dari produksi makanan untuk keberlangsungan hidup tumbuhan. 

Tanya 2 : Apa Manfaat Fotosintesis Bagi Tumbuhan?

Jawab 2 : Manfaat Fotosintesis Bagi Tumbuhan?

Seperti halnya kebanyakan makhluk hidup, tumbuhan juga membutuhkan makanan. Makanan yang dikonsumsi kemudian menghasilkan energi yang dibutuhkan untuk tumbuh dan berkembang biak.

Dikutip dari GridKids.id, proses fotosintesis pada tumbuhan dimulai dari karbon dioksida yang diambil oleh mulut daun pada malam hari.



Tumbuhan juga mengambil air dari dalam tanah dengan menggunakan akarnya.

Air tersebut kemudian dibawa oleh sistem transportasi pada tumbuhan, yakni melalui jaringan xilem dan floem.

Pada saat cahaya matahari muncul, klorofil pada tumbuhan akan menyerap cahaya untuk digunakan sebagai energi utama dalam pembuatan glukosa.



Glukosa yang dihasilkan dari proses fotosintesis tersebut akan menjadi bahan bakar dasar.

Bahan bakar dasar tersebut bakal diolah lagi menjadi berbagai zat makanan bagi tumbuhan, misalnya protein, lemak, dan lain sebagainya.

Tanya 3 : Bagaimana Proses Fotosintesis?

Jawab 3 : Proses Fotosintesis

Proses fotosintesis terjadi pada tumbuhan, tidak hanya yang berwarna hijau saja tetapi semua tumbuhan bisa melakukan proses ini karena memiliki klorofil. Proses ini merubah energi dari cahaya matahari menjadi energi kimia. 

Karbondioksida yang ada di udara masuk melalui stomata yang ada di daun. Akar tumbuhan menyerap air dari dalam tanah, kemudian membawanya ke daun.  Di dalam daun, karbondioksida dan air diproses oleh sinar matahari. Hasil dari proses fotosintesis tersebut berupa glukosa, oksigen, dan air. 

Oksigen yang dihasilkan tumbuhan kemudian dilepaskan melalui stomata. Oksigen tersebut bisa dinikmati oleh makhluk hidup lainnya seperti manusia dan hewan. Sedangkan glukosa akan didistribusikan ke seluruh bagian tumbuhan.

Glukosa yang terseimpan dalam tubuh tumbuhan bisa menjadi sumber bahan makanan untuk makhluk hidup lainnya. Hewan herbivora dan omnivora memanfaatkan tubuh tumbuhan sebagai sumber makanan baik pokok maupun sekunder.

Kemudian hewan herbivora menjadi makanan pokok hewan karnivora dan omnivora. Jika tumbuhan tidak berfotosintesis, maka rantai makanan akan terganggu dan hewan atau makhluk lainnya akan mati karena kekurangan makanan. 

Tanya 4 : Bagaimana Reaksi Fotosintesis ?

Jawab 4 : Reaksi Fotosintesis

Energi cahaya matahari bereaksi dengan enam molekul karbon dioksida (CO2) dan enam molekul air (H2O) untuk menghasilkan satu molekul glukosa (C6H12O6) dan enam molekul oksigen (O2).

Dengan persamaan: 6CO2 + 6H2O + cahaya = C6H12O6 + 6O2

Dari hasil tersebut CO2 dikonversikan menjadi glukosa padat untuk dikonsumsi tumbuhan bersama dengan air. Sedangkan oksigen (O2) dilepaskan ke udara.

Proses fotosintesis fokus pada klorofil yang membutuhkan cahaya matahari untuk membuat glukosa.

Sehingga fotosintesis sering terjadi paad pagi dan siang hari.

Namun, ada juga proses fotosintesis yang tidak menggunakan cahaya.

Reaksi ini terbagi menjadi dua, yaitu:

  • Reaksi terang

Merupakan reaksi fotosintesis yang terjadi pada pagi maupun siang hari karena membutuhkan cahaya matahari secara langsung. Cahaya matahari untuk mengubah molekul air menjadi oksigen dan hidrogen.

  • Reaksi gelap

Meski dalam reaksi gelap tidak membutuhkan cahaya matahari, reaksi ini tidak akan terjadi tanpa adanya reaksi terang terlebih dahulu.

Tujuan dari reaksi gelap adalah untuk mengolah karbon dioksida untuk menjadi glukosa.

Related posts